Cara Membuat dan Merawat Aquascape Air Tawar

By On Tuesday, December 13th, 2016 Categories : Info Lainnya

Cara Membuat dan Merawat Aquascape Air Tawar – Tentu tiap orang memiliki hobi unik masing-masing. Dimana hobi tersebut bisa berbentuk berbagai rupa.

Salah satu bentuknya adalah membuat Aquascape. Bagi kalangan awam tentunya kata Aquascape masih terdengar asing.

Aquascape sendiri adalah seni menghias kolam akuarium dengan memfokuskan pada tumbuhan air yang tumbuh di dalam sana.

Baca Juga : Cara Membuat Mesin Penetas Telur Mudah dan Sederhana

Sehingga Aquascape tidak berfokus pada merawat maupun membesarkan hewan ikan yang ada di dalam kolam seperti udang maupun ikan kecil.

Bahkan bisa dibilang hewan air yang ada di dalam hanya berguna sebagai figuran untuk semakin menguatkan seni Aquascape itu sendiri. Untuk itu, berikut ini akan dijelaskan cara membuat dan merawat Aquascape Air tawar:

  1. Cara Membuat Aquascape Air Tawar

Pembuatan Aquascape sebenarnya tak ubahnya pembuatan akuarium seperti biasanya. Namun tentunya kali ini, dengan fokus yang lebih banyak dan juga bahan yang harus dipersiapkan.

Berikut ini akan dijelaskan langkah-langkah dalam pembuatan Aquascape Air Tawar:

  • Siapkan Aquarium kosong sekaligus bersih
  • Masukan pasir yang bersih ke dalam aquarium bersih tadi
  • Tambahkan hiasan kayu di dalam aquarium
  • Perindah aquarium tersebut dengan hiasan batu yang berwarna-warni
  • Masukan Tumbuhan Air agar semakin terlihat alami
  • Ikan, udang maupun lumut bisa jadi penambah
  1. Cara Merawat Aquascape Air Tawar

Setelah Aquascape air tawar berhasil dibuat maka langkah selanjutnya yang tidak boleh terlewatkan tentunya adalah untuk merawatnya.

Karena cara perawatan yang benar akan menjaga kebersihan sekaligus keindahan dari Aquascape Air tawar itu sendiri. Untuk itulah berikut ini dijelaskan cara merawat Aquascape Air Tawar:

  • Mengganti Air yang Menguap

Dalam Aquascape air tawar biasanya terjadi penguapan air.  Penguapan air ini apabila dibiarkan akan menjadi polutan dalam air.

Sehingga membuat hewan hidup di dalamnya tidak bisa bertahan hidup. Untuk itulah penguapan air ini harus segera dihentikan.

Salah satu cara termudahnya adalah penggantian air secara rutin. Mulai dari setiap hari hingga setiap minggu.

  • Bersihkan Kaca Akuarium

Pergerakan air yang terus menerus nyatanya bisa membuat terjadinya lumut yang menempel pada kaca akuarium.

Selain itu terciptanya lumut juga bisa terjadi karena pencahayaan pada akuarium yang terjadi terus menerus. Apabila lumut ini terus dibiarkan maka akan sangat menganggu keindahan dari akuarium tersebut.

Sehingga tentu sebaiknya untuk segera dibersihkan. Salah satu caranya adalah dengan memasukan hewan air pemakan lumut kedalam akuarium tersebut.

Ataupun bisa menggunakan obat pembersih lumut yang banyak tersedia di pasaran yang tentunya dengan dosis yang tidak berlebihan. Karena apabila dosis terlalu berlebihan malah akan menjadi bumerang karena akan merusak tanaman lainnya yang ada di dalam sana.

  • Pembersihan Filter Secara Rutin

Seperti yang diketahui fungsi dari filter adalah untuk memproses maupun memfilter air agar kualitas air selalu terjaga.

Namun tentunya mesin filter tidak bisa dibiarkan tanpa perawatan. Karena filter yang terus menyala tanpa perawatan maupun pembersihan bisa mengalami kondisi mampat. Tentunya hal ini nantinya akan mempengaruhi kualitas air di dalam akuarium.

  • Perawatan Tanaman

Tanaman yang berada di dalam akuarium tentunya akan mengalami pertumbuhan. Hal ini apabila dibiarkan maka akan membuat keindahan dan kerapihan dari tanaman akan menjadi terganggu.

Sehingga diperlukan untuk tiap tanaman yang berada di dalam akuarium. Salah satunya adalah pemotongan bagian tanaman yang dianggap telah menganggu. Hal ini berguna untuk tetap menjaga keindahan dari aquascape air tawar itu sendiri.

Baca Juga : Sistem Eksresi Pada Hewan

Loading...
Loading...
Cara Membuat dan Merawat Aquascape Air Tawar | ilmuhewan | 4.5