Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membuat Anjing Berhenti Menggonggong Terus Menerus

By On Saturday, October 28th, 2017 Categories : Tips Dan Trik

Cara Membuat Anjing Berhenti Menggonggong Terus Menerus – Anjing merupakan salah satu pilihan hewan peliharaan bagi manusia. Sifatnya yang penyayang, setia pada pemiliknya dan juga pintar.

Alasan utama manusia memilih anjing sebagai peliharaan ialah sebagai penjaga rumah mereka.

Anjing dikenal mudah menerapkan apa yang telah ia lihat dan pelajari dari manusia, seperti mengenal yang mana tuannya dan mana yang bukan serta mengenali orang-orang yang hendak bertindak jahat pada yang mereka jaga.

Namun, pernahkah Anda mendengar atau melihat anjing yang terus-menerus menggonggong tanpa sebab? Sangat mengganggu bukan?

Baca Juga : Ciri-Ciri Kucing dan Anjing Siap Kawin

Ternyata, ada beberapa alasan dibalik perilaku anjing yang terus-menerus menggonggong ini. Artikel ini akan membahas seputar penyebab dari perilaku anjing yang menggoggong terus-menerus serta beberapa cara untuk membuat anjing berhenti menggonggong.

Alasan Anjing Menggonggong Terus-Menerus

  • Peringatan

Anjing dikenal memiliki kepekaan yang tinggi terhadap sekitar. Hewan mamalia yang satu ini memiliki radar atau sonar aktif yang dapat menangkap berbagai resonansi dari sekitarnya.

Biasanya, anjing akan menggonggong apabila merasa dirinya atau sekitarnya terancam. Hal ini juga berlaku apabila seekor anjing mendapati ada kendaraan lewat di sekitarnya.

Gonggongan peringatan ini seperti pernyataan kekuasaan dari hewan peliharaan Anda terhadap seseorang atau sesuatu yang mengancamnya.

Biasanya, suara gonggongan peringatan akan terdengar keras, tajam dan otoriter.

Cobalah untuk mengasah insting dari hewan peliharaan Anda dengan sebuah latihan yang nantinya akan berguna untuk membantu melindungi bagi Anda dan keluarga.

  • Rasa Cemas

Anjing yang menggonggong terus-menerus juga dapat menandakan kecemasan dalam diri mereka dan juga sebagai aksi untuk menenangkan diri mereka dari kecemasan tersebut.

Gonggongan kecemasan ini biasanya diiringi dengan nada yang tinggi dan disertai whining atau mengaing. Jenis gonggongan tersebut juga berlaku bagi anjing yang mengalami sindrom separation anxiety.

  • Ungkapan Semangat dan Rasa Senang saat Bermain

Gonggongan seperti ini biasanya dilakukan oleh anjing yang masih berusia muda atau pada anak anjing.

Mayoritas anak anjing akan menggonggong terus-menerus saat bermain dengan orang ataupun anjing yang lain. Suara gonggongan nya cenderung terdengar ceria dan bernada.

  • Untuk Menarik Perhatian

Kesibukan manusia terkadang mengesampingkan waktu bermain dengan peliharaan.

Gonggongan untuk menarik perhatian sangat mudah untuk dikenali. Beberapa anjing akan menggonggong sekaligus melolong untuk menarik perhatian.

  • Merasa Bosan

Anjing yang merasa bosan akan menggonggong dengan tujuan untuk melepas energi yang berlebihan pada tubuh mereka ataupun untuk menghilangkan rasa sepi di sekitarnya.

Bunyi gonggongan bosan akan terdengar mengganggu dan biasanya anjing tersebut menggonggong untuk mendengarkan suaranya sendiri.

Cobalah untuk memberi aktifitas pada anjing Anda seperti memberinya mainan atau menambah teman bagi anjing Anda.

  • Menanggapi Anjing Lain

Anjing yang menggonggong terus-menerus mungkin dikarenkan adanya gonggongan dari anjing lain dan kemudian anjing Anda berusaha untuk menanggapi dengan gonggongan pula.

Setelah mengetahui faktor-faktor penyebab anjing yang menggonggong terus-menerus diatas, yuk kita pelajari bagaimana cara mengatasinya!

  1. Cara Megatasi Anjing Menggonggong Terus-Menerus
  2. Memberi Latihan pada Anjing

Yang dimaksud memberi latihan disini ialah melakukan pengajaran perintah kepada anjing Anda agar dapat mengurangi frekuensi dari menggonggong yang mengganggu dari peliharaan Anda.

Latihan ini dapat diterapkan dalam setiap jenis gonggongan dari anjing Anda seperti merasa bosan, saat waspada atau saat mencari perhatian.

Setiap kali anjing Anda mulai menggonggong dalam waktu yang lama, tunjukkan cemilan yang disukai anjing Anda agar perhatiannya dapat teralihkan dari orang ataupun sesuatu yang disalahartikan sebagai pengganggu yang harus diwaspadai.

Kemudian setelah anjing Anda mulai berhenti menggonggong, ucapkan ‘Diam!’ atau ‘Stop!’ dan berikan cemilannya. Hal ini dapat dilakukan terus-menerus secara berkala; coba perpanjang durasi ‘Diam! Atau ‘Stop!’ kepada anjing Anda sebelum ia mendapat cemilannya. Dengan latihan yang rutin, niscaya frekuensi menggonggong pada anjing Anda akan berkurang.

  1. Selain latihan diatas, Anda juga harus memastikan apakah peliharaan Anda telah mendapat latihan fisik atau aktifitas yang cukup sehingga energi yang berlebih pada tubuhnya dapat tersalurkan dengan baik.
  2. Usahakan jangan meninggalkan anjing dalam waktu yang lama untuk menghindari rasa cemas nantinya.
  3. Jangan memeluk ataupun memberi makanan ke anjing selama ia masih menggonggong kepada Anda saat mencari perhatian atau menghilangkan rasa bosan. Hal ini akan berdampak panjang karena anjing Anda merasa kalau menggonggong merupakan cara terbaik untuk mendapat perhatian dan makanan dari Anda.
  4. Jangan menanggapi gonggongan mengganggu dari anjing Anda dengan berteriak karena semakin tinggi nada Anda berteriak, semakin sering dan tinggi pula frekuensi menggonggong pada anjing Anda.
  5. Usahakan menciptakan lingkungan yang nyaman dan aman untuk anjing Anda dalam menghindari rasa stress dan cemas yang akan dirasakan oleh peliharaan Anda nantinya.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai faktor-fakor penyebab menggonggong yang mengganggu dari anjing Anda dan bagaimana cara mengatasinya. Semoga dapat memberi manfaat bagi pembaca sekalian, ya!

Baca Juga : Tips Mengurai Bau Kucing dan Anjing Di Rumah

Loading...
Cara Membuat Anjing Berhenti Menggonggong Terus Menerus | ilmuhewan | 4.5