Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah

By On Wednesday, September 28th, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah – Membedakan jenis kelamin dari burung branjangan (Mirafra javanica) memanglah agak relatif sulit.

Jenis pejantan dan jenis betina dari burung yang termasuk ke dalam keluarga Alaudidae dari genus Mirafra memiliki penampilan yang lumayan hampir mirip.

Tidak seperti kerabatnya yang berasal dari genus Melanocorypha yang bisa di“sexing” berdasarkan penampilan fisik luar.

burung-brangjangan

Baca Juga : Cara Gampang Dalam Mengatasi Burung Kutilang Dewasa Miyik

Kini, tidak sedikit jumlahpenggemar burung branjangan yang mulai perlahan merintis usaha penangkaran burung yang agak suka hoovering saat berkicau ini. Kebangkitan burung branjangan juga tampak dari semakin banyaknya lomba khusus kelas branjangan.

Membedakan jenis kelamin dari burung Branjangan

Baik urung pejantan maupun betina dari genus mirafra ini bisa dibilang sama-sama mempunyai kemampuan untuk berkicau meskipun untuk suara kicauan dari burung jantan agak lebih bervariasi.

Ini sedikit berbeda dengan genus melanocorypha semisal burung pailing (Melanocorypha mongolica), dikarenakan hanya burung berjenis kelamin jantan dari genus ini yang dapat berkicau.

Seperti yang disebutkan oleh Om Yogi di grup Himpunan Pelestari Branjangan Indonesia, untuk membedakan jenis kelamin si burung branjangan bisa kita lakukan dengan cara memperhatikan beberapa kondisi seperti berikut :

  1. Melihat penampilan dari anakan

Bentuk kepala dari burung anakan betina agak cenderung lebih kecil dari bentuk kepala pejantan. Selain itu anakan dari burung pejantan punya warna bulu yang sedikit lebih tajam dan juga tegas dibandingkan anakan burung betina. Bahkan dari suaranya saja terdapat perbedaan.

  1. Melihat bagian kepala burung

Burung pejantan mempunyai mata yang pandanganya cukup tajam dan jika anda perhatikan lebih seksama ada semacam bulu warna hitam halus yang terdapat pada bagian depan mata burung dekat dengan paruh sebelah atas.

Selain itu jika anda cermati di bagian paruh dan juga bawah kupingnya, akan terlihat bulu yang sedikit berwarna putih yang tampak mekar.

  1. Melihat ukuran tubuh burung

Secara umum burung pejantan mempunyai ukuran tubuh yang agak lebih besar dari branjangan betina. Namun ini tentu akan berbeda tergantung dari asal daerahnya.

Misal, burung branjangan betina yang berasal dari daerah Jawa tentu akan memiliki tubuh yang agak lebih besar dari burung yang asalnya dari daerah NTB atau daerah lainnya.

  1. Melihat warna bulu dada

Umumnya pula burung jantan branjangan memiliki bulu-bulu halus dan juga tegas pada bagian dadanya. Bentuk dari bulu ini mulai terlihat sejak ketika burung masih dalam usia trotolan.

  1. Mendengar suara si burung

Pada burung yang usianya masih muda, burung betina akan cenderung jarang atau malas untuk berbunyi dibanding burung jantan muda yang sedikit lebih sering ngeriwik.

Ketika branjangan sudah berusia dewasa, burung betina akan mempunyai kemampuan bersuara lebih keras namun sedikit variasi.

Dengan kata lain, suara kicauanya monoton (diulang-ulang). Sedangkan si burung jantan akan bersuara yang cukup lantang dengan suara kicauan yang bervariasi.

  1. Melihat bentuk ekor burung

Bagian ekor merupakan bagian yang dapat menjadi salah satu aspek yang dapat anda jadikan perhatian ketika hendak memilih burung terutama branjangan yang berjenis kelamin jantan.

Burung branjangan jantan, biasanya mempunyai bentuk ekor yang terlihat selalu terbuka / mengembang, Sedangkan untuk bentuk ekor si burung betina akan cenderung berekor tipis dan sering menutup.

Setelah anda mendapat burung yang sesuai dengan kondisi di atas, maka proses perawatan selanjutnya pun nantinya akan cenderung akan lebih mudah.

Karena bagaimanapun juga, burung jantan pasti akan lebih sering berkicau, dan cepat atau lambatnya dari proses kicauan si burung tersebut tentu akan tergantung dari bagaimana bentuk perawatan yang anda terapkan.

Baca Juga : Jenis-jenis Burung Candet Dan Tips Membedakan Kelain Jantan atau Betina

Cara Membedakan Si Burung Branjangan Jantan dan Betina Dengan Mudah | ilmuhewan | 4.5