Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

By On Thursday, May 11th, 2017 Categories : Ciri dan Karakteristik

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina – Kelinci merupakan salah satu hewan yang banyak dipelihara oleh setiap kalangan karena memiliki rupa yang lucu dan tingkahnya menggemaskan.

Selain itu, kelinci juga memiliki bulu yang lembut yang juga membuatnya menjadi hewan yang banyak digemari. Karena kepopulerannya, Anda dapat dengan mudah menemukan hewan yang satu ini hal ini disebabkan karena banyak peternak yang menjual berbagai jenis kelinci hias.

Anda dapat menemukan penjual kelinci hias ini salah satunya di pinggir jalan. Umumnya pencinta kelinci hias ingin membeli hewan tersebut dengan sepasang antara jantan dan betina.

Baca Juga : Cara Mengangkat dan Memegang Kelinci

Namun terkadang, ada beberapa pembeli pemula yang ingin memelihara kelinci namun sulit membedakan antara kelinci yang berjenis kelamin jantan dan betina.

Jika Anda juga termasuk pembeli yang belum tahu perbedaan antara kelinci jantan dan betina, berikut ini informasi yang dapat Anda pelajari untuk mengetahui perbedaannya.

Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina

Sebenarnya untuk membedakan kelinci jantan dan betina cukup mudah untuk dilakukan jika Anda sudah mengetahui ciri-ciri dari masing-masing kelinci jantan dan betina. Untuk lebih jelasnya simak ulasannya berikut ini.

  • Kelinci Jantan

Untuk mengetahui jenis kelamin dari kelinci jantan Anda hanya perlu melihat bagian kelaminnya. Caranya yaitu dengan mengangkat kelinci seperti halnya menggendong bayi, lalu balik tubuh kelinci tersebut untuk melihat bagian bawah ekor kelinci.

Perhatikan bagian bawah dekat ekor tersebut, pada bagian atas anus dari kelinci jantan biasanya terdapat semacam tabung yang berwarna pink dan tertutup bulu. Tabung tersebut merupakan organ penis dari kelinci jantan.

Bukan hanya itu saja, biasanya kelinci jantan yang berusia di atas tiga minggu memiliki bentuk kepala yang cukup unik. Bobot tubuh kelinci jantan juga biasanya lebih kecil dibanding dengan bobot dari kelinci betina meskipun mereka dari spesies yang sama. Keunikan kelinci jantan yang membedakannya dengan kelinci betina juga akan terlihat ketika cuaca panas menerpanya.

Umumnya ketika cuaca panas, kelinci jantan akan memperlihatkan tonjolan testikelnya saat duduk maupun saat sedang tiduran. Tonjolan tesikel yang terdapat pada kelinci jantan biasanya tidak akan terlihat saat musim dingin.

  • Kelinci Betina

Seperti halnya kelinci jantan, untuk mengetahui jenis kelamin pada kelinci betina Anda juga perlu memastikannya dengan cara memegang kelinci tersebut, lalu angkat dan balikkan tubuhnya.

Pada bagian bawah ekor kelinci betina terdapat sebuah gundukan dengan celah, hal itu merupakan ciri utama pada kelinci betina yang perlu Anda ketahui.

Gundukan tersebut berada tepat di atas anus sehingga untuk melihatnya terkadang cukup sulit karena tertutup bulu.

Selain itu, kelinci betina juga memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dibanding kelinci jantan. Sedangkan untuk ukuran kepala, kelinci yang berjenis kelamin betina umumnya memiliki bentuk kepala yang lebih bulat.

Selain itu, pada bagian leher kelinci betina terdapat lipatan kulit dan bulunya. Berbeda dengan kelinci jantan yang lebih ramah dan akrab dengan siapa saja atau hewan lain di sekitarnya, kelinci betina cenederung lebih pendiam.

Meskipun begitu, kelinci dengan jenis kelamin betina juga memiliki sifat yang cukup akrab dan bersahabat dengan lingkungan sekitar namun tidak seperti kelinci jantan.

Itulah beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membedakan kelinci jantan dan betina. Intinya, jika ingin mengetahui perbedaan antara kelinci jantan dan betina Anda harus memeriksa bagian kelamin kelinci.

Setelah itu Anda dapat dengan mudah menentukan jenis kelamin kelinci tersebut dengan melihat bentuk tubuh dan kepala.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Pertumbuhan Bobot Ternak Kelinci

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5