Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina

By On Saturday, May 6th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina – Ikan louhan merupakan salah satu ikan hias yang cukup terkenal dan dipelihara di akuarium.

Hal yang unik dari ikan louhan yaitu warna sisiknya yang hidup dan adanya benjolan di kepala. Bagi sebagian orang, ikan yang banyak diminati oleh para kolektor dan pecinta ikan hias ini sulit untuk dibedakan antara jenis kelamin jantan dan betina.

Dalam membedakan jenis kelamin ikan louhan sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah jika dipahami secara baik-baik, namun bagi mereka yang belum tahu atau awam dengan jenis ikan yang satu ini, tentunya untuk membedakan jenis kelamin betina dan jantan akan terasa sangat sulit sebab sekilas tidak ada perbedaan antara ikan louhan jantan dan betina.

Perbedaan antara ikan louhan berjenis kelamin jantan dan betina dapat dilihat dari ukuran badannya. Ikan louhan jantan memiliki ukuran badan yang lebih besar dibandingkan dengan jenis kelamin ikan louhan betina.

Selain itu, ikan louhan jantan juga memiliki benjolan atau jenong yang sedikit lebih panjang.

Jika dilihat dari garakan ikan tersebut, ikan louhan betina cenderung lemah lembut dan sedikit lebih lamban berbeda dengan ikan louhan jantan yang biasanya bergerak sedikit lebih agresif.

Berikut ini akan dijelaskan cara untuk membedakan ikan louhan. Namun sebelum itu, ada baiknya kenali terlebih dahulu apa saja jenis ikan louhan yang umumnya ada di pasaran.

  • Zenzhu atau Cencu

Jenis ikan louhan yang satu ini juga dikenal dengan nama lain mutiara atau Pearl Louhan. Ikan louhan dengan jenis cencu dibagi lagi menjadi dua tipe, yaitu tipe klasik dan modern.

  • Kamfa/Golden Flower

Jenis ikan louhan yang satu ini memiliki sirip yang kaku, lebar dan selalu berdiri saat sedang beraktifitas.

  • Golden Red/Taitong/Jin Kang

Ciri khas yang membedakan ikan louhan jenis Golden Red dengan jenis lainnya adalah kombinasi warna kuning/orange dengan warna merah pada tubuhnya.

  • Red Texas/Super Red Texas

Ikan louhan jenis ini merupakan ikan asli buatan Thailand.

  • Ranbow King

Berbeda dengan jenis ikan louhan lainnya, ikan lohan dengan jenis Ranbow King memiliki marking horizontal yang terdapat pada tubuhnya. Beberapa jenis ikan ini memiliki tubuh yang berwana merah kuning, dan ada pula yang memiliki warna kebiruan.

  • Super Red Synspillum (SRS)

Seperti halnya Red Texas, ikan louhan jenis SRS ini juga asli buatan Thailand dengan tubuh berwarna merah bata atau kecoklatan dan sedikit warna orange.

  • Storm

Jenis ikan louhan yang satu ini juga berasal dari Thailand, namun saat ini belum begitu populer di Indonesia.

Untuk dapat membedakan jenis kelamin ikan louhan, ada dua cara yang dapat dilakukan, di antaranya sebagai berikut:

Tips Membedakan Jenis Kelamin Ikan Louhan Jantan dan Betina

  1. Melihat lubang kelamin pada ikan louhan

Pada ikan louhan yang berjenis kelamin betina, umumnya memiliki kelamin yang agak lebar dan tonjolan yang tidak terlalu terlihat. Namun apabila ingin bertelur, duburnya akan memanjang beberapa mili. Sedangkan pada ikan louhan jantan, kelaminnya menonjol lancip dengan pangkal kelamin yang menyempit.

  1. Melihat sirip ikan louhan

Cara yang kedua yaitu dengan melihat sirip yang ada pada ikan louhan. Umumnya terdapat spot hitam pada sirip ikan louhan betina, hal ini serupa dengan sirip nenek moyangnya. Namun cara yang satu ini tidak berlaku untuk jenis ikan louhan Chingwa dan Cencu double marking.

Baca Juga : Aneka Jenis Ikan Hias Air tawar

Cara Membedakan Ikan Louhan Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5