Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dengan Ikan Koi Betina

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dengan Ikan Koi Betina – Bagi sebagian masyarakat tentunya tidaklah asing jika mendengar salah satu jenis ikan hias yang cukup populer, yaitu ikan koi.

Siapa yang tidak tergoda dengan keindahan ikan koi. Ikan koi sendiri ini memang memiliki rupa yang indah. Sisik yang dimilikinya juga berwarna – warni dan memiliki bentuk tubuh yang menggemaskan, sehingga membuat ikan ini banyak dicari masyarakat.

Ikan koi sendiri merupakan jenis ikan hias yang termasuk dalam ikan mas (Cyprinus carpio) yang memiliki corak yang sangat indah pada bagian tubuhnya.

Baca Juga : Cara Mudah Budidaya Ikan Mas Untuk Pemula

Ikan ini berasal dari negara Jepang yang pada awalnya ikan ini digunakan sebagai ikan konsumsi, akan tetapi sekarang ikan koi digunakan sebagai ikan hias karena ikan ini memiliki warna dan corak yang indah dan sangat beragam.

Ikan koi ini berkerabat dekat dengan ikan mas sehingga banyak masyarakat indonesia menyebut ikan koi dengan nama ikan mas koi.

Sama halnya seperti manusia, ikan koi pun berjenis kelamin laki-laki (jantan) dan perempuan (betina). Kita sebagai masyarakat awam tentunya cukup sulit dalam membedakan yang mana ikan koi jantan dan betina.

Mungkin jika dilihat secara kasat mata tidaklah terlalu jelas bagaimana perbedaan antara jantan dan betinanya.

Nah, bagi kalian yang penasaran gimana caranya, yuk simak langsung tips membedakan ikan koi jantan dengan ikan koi betina!

Bentuk Siripnya

Cara membedakan ikan koi jantan dan ikan koi betina yang pertama yaitu bisa dengan cara memperhatikan bentuk sirip dada pada ikan koi.

Ikan koi betina mempunyai sirip dada dengan ujung yang sedikit membulat sementara untuk sirip ikan koi jantan cenderung lebih meruncing.

Perbedaan lainnya yaitu terletak pada sirip koi betina yang cenderung lebih transparan, sementara jika dibandingkan dengan sirip ikan koi betina, sirip ikan koi jantan sendiri memiliki warna putih.

Bentuk Tubuh

Selanjutnya, kita bisa melihat perbedaan ikan koi jantan dan betina dari bentuk tubuhnya. Ikan koi jantan dan ikan koi betina mempunyai tampilan bentuk tubuh yang tentunya berbeda.

Tubuh ikan koi jantan cenderung memanjang  serta lebih kurus, sementara ikan koi betina cenderung lebih bulat serta padat terutama pada bagian perutnya.

Bentuk tubuh ikan koi dapat kita jadikan indikator awal saat ingin mengetahui jenis kelamin ikan koi dikarenakan hal tersebut cukup terlihat jelas secara kasat mata.

Bentuk & Warna Lubang Ekskresi

Jenis kelamin ikan koi dapat kita diketahui juga dari bentuk fisik dan warna lubang ekskresinya. Bentuk lubang ekskresi pada ikan koi betina sedikit menonjol atau cembung serta berwarna pink/merah muda pucat.

Sementara lubang ekskresi pada ikan koi jantan tampak lebih cekung kedalam dan memiliki warna putih.

Kekasaran Permukaan Pipi

Selain itu, kekasaran permukaan pipi pada ikan koi bisa kita jadikan indikator lain guna mengidentifikasi perbedaan jenis kelamin pada ikan koi.

Biasanya, ikan koi jantan memiliki permukaan pipi yang kasar sedangkan pada ikan koi betina mempunyai pipi yang halus. Walaupun begitu, tidak semua ikan koi dengan pipi halus adalah betina.

Ada juga beberapa ikan koi jantan muda yang memiliki permukaan pipi yang halus sama seperti ikan koi betina.

Namun apabila permukaan pipi ikan koi yang dimiliki mempunyai permukaan yang cukup kasar, besar kemungkinan ikan koi tersebut merupakan ikan koi jantan.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Koi Dengan Mudah

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Ikan Koi Jantan dengan Ikan Koi Betina | ilmuhewan | 4.5