Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membedakan ikan gabus jantan dengan ikan gabus betina

By On Tuesday, October 3rd, 2017 Categories : Perikanan

Cara Membedakan ikan gabus jantan dengan ikan gabus betina – Siapa yang tidak kenal ikan gabus?

Ikan yang menjadi salah satu menu makanan ini jelas sudah banyak yang kenal.

Bahkan jenis ikan air tawar ini mulai banyak yang berminta untuk membudidayakan apalagi permintaan pasar semakin banyak.

Namun bagi mereka yang masih pemula alangkah baiknya jika mengetahui terlebih dahulu apa saja perbedaan pada ikan gabus jantan dan betina, dengan begitu akan memudahkan anda dalam proses pembudidayaan.

Baca Juga : Jenis makanan alternatif untuk ternak ikan gabus

Pada umumnya proses pengamatan bisa dilakukan dengan cara melihat jenis kelamin si ikan gabus secara langsung, namun guna lebih meyakinkan perhatikan beberapa perbedaan berikut ini .

Ikan gabus jantan :

  • Kepala ikan gabus jantan berbentuk oval.
  • Warna tubuh ikan gabus jantan berwarna gelap.
  • Lubang merah pada ikan gabus jantan akan mengeluarkan cairan ketika lubang tersebut di urut. Cairan tersebut seperti benih.

Ikan gabus betina :

  • Kepala ikan gabus betina memiliki bentuk yang bulat.
  • Tubuh ikan gabus betina memiliki warna yang terang.
  • Pada bagian perut ikan gabus betina akan mengeluarkan telur ketika di urut.
  • Peru ikan gabus betina akan terasa lembek ketika di sentuh dan memiliki bentuk yang agak besar.

Dari beberapa ciri di atas pastinya akan memudahkan anda untuk bisa mengetahui mana ikan gabus jantan dan mana ikan gabus betina.

Berikut ini klasifikasi ikan gabus yang mana akan memudahkan anda untuk mengenal lebih jauh lagi tentang ikan gabus :

Kingdom Animalia
Filum Chordata
Kelas Actionopterygii
Ordo Percformes
Famili Channidae
Genus Ophiocephalus
Spesies Ophiocephalus satriatus (channa Satria)

Ikan yang dikenal sebagai ikan predator ini terdiri dari 2 spesies, yaitu :

  1. Channa micropeltes
  2. Channa pleuropthalmus

Ikan gabus tersebar di banyak negara, bukan hanya Indonesia saja, melainkan juga India, Sri Langka, Nepal bagian selatan, Tiongkok bagian selatan hingga Pakistan bagian Barat, namun kebanyakan ikan ini menyebar di wilayah Asia Tenggara.

Ikan gabus juga memiliki banyak jenis, seperti Jenis Channa Amphibeus / Borna Snakehead, Channa Asiatica /  Chinesse Snakehead, dan Channa Barca / Barca Snakehead yang tersebar di Asia.

Ada juga yang tersebar di Afrika seperti jenis Parachanna Africana / Niger Snakehead, Parachanna Obscura / African Snakehead dan Parachanna insignis.

Walaupun ikan gabus bisa di ternak, namun ada juga ikan gabus liar yang mana mereka tinggal di daerah perairan seperti awam sungai, danau bahkan saluran – saluran air. Mereka akan memakan berbagai macam hewan air seperti ikan kecil, serangga bahkan kodok.

Anda perlu tahu juga bahwa ikan gabus ini mampu hidup dengan air yang sangat minim, bahkan mereka akan mengubur diri mereka ketika musim kemarau tiba atau ketika tempat yang mereka tinggali kondisinya sedang kering hingga berair lagi.

Mereka juga mampu berjalan di daratan untuk mencari tempat berair khususnya malam hari, hal ini dikarenakan mereka memiliki kemampuan untuk bernafas langsung dari udara yang menggunakan semacam organ labirin primitif jika dibandingkan dengan ikan lele. Kondisi ini berlaku untuk ikan jantan dan betina.

Para ikan jantan dan betina akan bekerja sama ketika musim kawin tiba untuk membuat sarang di tepi air dekat dengan tumbuhan – tumbuhan.

Anak ikan gabus ini akan memiliki ciri warna Jingga dengan garis hitam. Ikan yang masih anakkan ini akan berenang secara berkelompok untuk mencari makan yang mana sang induk menjaganya.

Baca Juga : Cara Ternak dan budidaya ikan gabus channa untuk pemula

Loading...
Cara Membedakan ikan gabus jantan dengan ikan gabus betina | ilmuhewan | 4.5