Cara Membedakan Burung Srigunting Betina dan Jantan

By On Thursday, July 27th, 2017 Categories : Tips Dan Trik

Cara Membedakan Burung Srigunting Betina dan Jantan – Burung srigunting merupakan salah satu burung yang cukup eksotis yang dapat ditemukan di dunia kicau.

Burung srigunting (memiliki bahasa latin yaitu Dicrurus macrocercus) adalah salah satu spesies burung dari keluarga Dicruridae, dari genus Dicrurus.

Burung srigunting ini merupakan jenis burung pemakan capung, kumbang, belalang, rayap, kupu-kupu yang mempunyai habitat di pesisir, dataran rendah, tempat terbuka dan tersebar sampai ketinggian 1600 m dpl.

Pada umumnya, burung srigunting ini memiliki bentuk tubuh dengan ukuran sedang (kurang lebih sekitar 29 cm). Tubuhnya berwarna hitam buram dengan paruh yang relatif kecil.

Baca Juga :

Beberapa Ciri Burung Kicauan Jenis Petarung

Jenis-jenis burung yang paling mudah untuk dirawat

Macam atau Jenis Burung Srigunting di Indonesia

Burung ini memiliki ekor sangat panjang dan menggarpu dalam, serta sering membentuk sudut yang cukup menakjubkan.

Mungkin bagi orang awam, burung srigunting masih terdengar asing.

Burung ini bisa disebut sebagai burung eksotis dikarenakan burung ini mempunyai keunikannya tersendiri, baik itu di alam liar maupun saat sudah kalian pelihara di dalam sangkar.

Jika berada di alam liar, burung srigunting ini sangat terkenal agresif dan teritorial. Burung srigunting juga tidak segan untuk mengusir hewan atau burung lain yang memasuki wilayahnya.

Bahkan, sekalipun burung elang yang memasuki wilayahnya, dia sangat berani untuk menyerang. Burung srigunting ini juga kerap kali dapat menirukan suara-suara burung lain, bahkan hingga hewan lain di alam liar.

Burung srigunting ini memang agak sulit untuk memakan voer/sejenis pakan, akan tetapi jika mereka sudah mau untuk dipelihara dalam sangkar, burung ini sangat bisa dijadikan sebagai burung masteran yang sangat handal.

Akan tetapi, untuk mendapatkan seekor burung srigunting yang dapat dijadikan sebagai masteran atau burung kicau, tentunya kalian harus bisa memilih dan membedakan yang mana burung srigunting jantan, dan yang mana burung srigunting betina.

Burung srigunting jantan lebih dikenal memiliki suara yang lebih gacor, lebih cerewet dan tembakan lebih keras.

Burung srigunting jantan dan betina ini sangat memiliki banyak manfaatnya. Bisa untuk menyortir burung kicau dan juga untuk menghindari dari penipuan.

Dengan membedakan yang mana burung srigunting jantan dan burung srigunting betina, akan menjadi suatu hal yang cukup berguna jika kalian ingin mengembangbiakan srigunting sebagai salah satu bentuk pelestarian hewan tersebut agar tidak punah di alam semesta.

Jika kalian ingin mengetahui bagaimana cara membedakan burung srigunting jantan dan betina, berikut informasi beberapa ciri-ciri burung srigunting jantan dan ciri-ciri burung srigunting betina yang dapat dijadikan sebagai patokan untuk membedakan kelaminnya.

Ciri-ciri burung srigunting jantan :

  • Memiliki postur atau bentuk badan yang lebih besar dan lebih panjang
  • Burung ini mempunyai ekor yang lebih panjang jika dibandingkan dengan srigunting betina
  • Memiliki bulu berwarna hitam yang lebih legam dan sedikit mengkilap daripada betina
  • Mempunyai paruh yang lebih tebal dan sangat kokoh
  • Burung srigunting jantan ini memiliki sedikit jambul, tepatnya pada bagian pangkal kepalanya atau ujung kepalanya
  • Burung srigunting jantan lebih dikenal cerewet, dan memilik suara yang lebih keras

Ciri-ciri burung srigunting betina :

  • Memiliki postur atau bentuk badan yang lebih kecil dan lebih pendek daripada srigunting jantan
  • Burung srigunting betina ini memiliki ekor yang lebih pendek daripada srigunting jantan
  • Mempunyai bulu berwarna hitam yang tidak mengkilap
  • Memiliki paruh yang lebih tipis daripada srigunting jantan
  • Burung srigunting jantan tidak memiliki sedikitpun jambul dikepalanya, melainkan kepala burung srigunting betina ini berbentuk bulat
Loading...
Loading...
Cara Membedakan Burung Srigunting Betina dan Jantan | ilmuhewan | 4.5