Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membedakan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis

By On Thursday, November 3rd, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis – Siri-siri adalah salah satu jenis burung yang suaranya sering digunakan untuk master isian dari burung murai batu, burung kacer, pentet, lovebird dan berbagai burung kicauan lainnya.

Banyak orang yang merasa kecewa sekaligus kecele saat membeli burung siri-siri yang kualitas suaranya pas-pasan karena tidak sesuai dengan yang dibayangkan.

Padahal sebenarnya mereka dibohongi oleh penjualnya yang mengatakan  menjual burung siri-siri, padahal yang sebenarnya adalah burung cucak rawis.

burung-siri

Baca Juga : 6 Ciri-ciri Unik Bedakan Burung Samyong Jantan dan Betina

Burung cucak rawis atau yang di berbagai daerah di sebut dengan burung cucak wilis adalah burung yang bentuk tubuhnya mungil dan memiliki suara kicauan yang sangat menarik.

Suara kicauannya sangat khas dan hampir mirip dengan suara burung siri-siri.

Beberapa penggemar burung kicauan banyak yang menyebutkan kalau burung cucak rawis sama dengan burung siri siri. Padahal sebenarnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat jelas.

Agar tidak tertipu, cara membedakan burung siri siri dengan burung cucak rawis adalah sebagai berikut :

  1. Makanannya

Jenis makanan yang dimakan oleh burung siri siri adalah buah-buahan dan juga serangga kecil.

Sedangkan makanan cucak rawis adalah buah buahan seperti pisang dan sebagainya akan tetapi kita bisa memberikan makanan tambahan seperti Voer.

  1. Suara kicauan

Suara ocehan/kicauan dari burung siri-siri lebih rapat dan panjang daripada suara burung cucak rawis. Suara kicauan yang di keluarkan oleh burung siri siri  mirip dengan suara burung branjangan sedangkan suara kicauan dari burung cucak rawis mirip dengan burung trucukan

  1. Klasifikasi ilmiah

Burung Siri-siri  atau yang juga di sebut dengan Brinji bergaris, bahasa ilmiahnya di sebut dengan Streaked Bul-bul atau nama latinnya Ixos Malaccensis.

Sedang Burung Cucak rawis di sebut dengan Brinji gunung, yang dalam bahasa ilmiah di sebut dengan Sunda Bul-bul dan nama latinnya disebut Ixos Virescent.

  1. Ciri fisik

Burung siri siri mempunyai warna punggung yang gelap, sedangkan  burung cucak rawis warnanya hijau muda kehijauan untuk ras jawa dan zaitun cokelat untuk ras sumatra.

Bagian dada burung siri siri berwarna putih dengan bercak abu abu sedangkan bagian dada dari burung cucak rawis berwarna abu abu kehijauan.

Warna bagian perut burung siri siri adalah putih sedangkan untuk cucak rawis warna perutnya sama dengan warna dadanya.

Bentuk badan burung siri-siri lebih besar di bandingkan dengan burung cucak rawis. Burung siri-siri memiliki panjang tubuh sekitar 22 cm, sedangkan burung cucak rawa panjang tubuhnya hanya sekitar 20 cm.

Nah itulah cara membedakan burung siri siri dengan burung cucak rawis. Semoga bisa bermanfaat.

Baca Juga : 4 Trik Jitu Jinakkan Burung Gereja yang Gesit

Loading...
Cara Membedakan Burung Siri Siri dan Cucak Rawis | ilmuhewan | 4.5