Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina

By On Saturday, June 24th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina – Burung perkutut merupakan salah satu jenis burung yang banyak digemari oleh masyarakat Indonesia.

Salah satu penyebabnya adalah karena burung perkutut memiliki suara yang khas.

Bagi penggemar burung pemula, mungkin akan cukup sulit untuk membedakan antara burung perkutut betina dengan burung perkutut jantan.

Oleh karena itu, berikut ini akan dipaparkan bagaimana cara untuk membedakan antara burung perkutut berjenis kelamin jantan dan betina.

Baca Juga : Mengenal Burung Perkutut Asli Majapahit dan Ciri-Cirinya

Akan tetapi sebelum dipaparkan menganai cara membedakannya, ada baiknya untuk mengenali terlebih dahulu ciri-ciri dari masing-masing jenis kelamin burung perkutut.

Ciri-ciri Burung Perkutut Jantan dan Betina

Ciri-ciri yang paling mendasar dari burung perkutut jantan yaitu raut mukanya yang terkesan garang.

Hal ini dikarenakan adanya kulit yang mengelilingi mata terlihat bulat dan tebal sehingga membuat sorot mata burung perkutut jantan terlihat tajam.

Ciri-ciri burung perkutut jantan lainnya yaitu bisa dilihat dari perilaku seksualnya. Ketika berdekatan dengan burung perkutut betina, burung perkutut jantan akan menunjukkan perilaku seksual yang khas yaitu berbunyi sambil menganggukkan kepalanya di dekat burung perkutut betina.

Sementara itu, ciri-ciri burung perkutut betina dapat dilihat dari raut wajahnya yang sayup dan kulit yang mengelilingi mata terlihat tipis. Burung perkutut betina memiliki tubuh yang lebih kecil daripada perkutut jantan.

Trik Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina

Memang agak sulit untuk membedakan burung perkutut jantan dan betina bagi pemula. Namun jika diperhatikan secara teliti, seekor burung perkutut jantan dapat dibedakan dengan mudah dari perkutut betina.

Nah, berikut ini trik dan cara membedakan burung perkutut jantan dan betina.

  • Perhatikan warna putih di atas paruh

Cara pertama untuk membedakan burung perkutut jantan dan betina adalah dengan melihat warna putih yang ada di atas paruh perkutut. Warna putih yang ada di atas paruh perkutut jantan umumnya mencapai pelipis.

Namun tidak demikian dengan burung perkutut betina. Selain itu, warna buku pada kepala perkutut jantan terlihat lebih terang dibandingkan dengan warna buku pada kepala perkutut betina.

  • Meraba supit udang

Membedakan perkutut jantan dan betina juga dapat dilakukan dengan merapa supit udang yang ada pada burung perkutut tersebut. Jika terasa lunak saat disentuh atau diraba, maka kemungkinan besar burung tersebut berjenis kelamin betina.

Supit burung perkutut dapat dikatakan sempurna jika memiliki panjang yang sama dan letaknya sejajar. Namun tidak menutup kemungkinan adanya burung perkutut jantan yang memiliki supit panjang sebelah.

Akan tetapi meski memiliki suara yang bagus, burung perkutut dengan supit demikian umumnya kurang disukai penggemar.

  • Postur Tubuh

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, burung perkutut dapat dibedakan melalui postur tubuhnya. Umumnya, burung perkutut betina memiliki postur tubuh yang lebih kecil dibandingkan dengan burung perkutut jantan. Selain itu, akan sangat sulit membedakan antara perkutut jantan dan betina jika burung terus dalam situasi piyik.

  • Nada

Burung perkutut memang terkenal dengan suaranya yang khas. Nah, untuk membedakannya juga dapat diamati dari segi nada atau suara yang dimiliki oleh burung perkutut tersebut.

Biasanya burung perkutut dengan jenis kelamin betina memiliki suara dengan volume kecil.

  • Paruh dan Ekor

Burung perkutut jantan juga dapat dibedakan dengan melihat paruh dan ekornya. Burung perkutut jantan memiliki paruh yang panjang, melengkung dan tebal.

Sedangkan perkutut bentina memiliki paruh yang lurus. Selain itu, perkutut betina juga memiliki ekor yang pendek dan kepala yang kecil.

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Burung Perkutut Bagi Pemula

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Burung Perkutut Jantan dan Betina | ilmuhewan | 4.5