Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Dengan Mudah

By On Wednesday, November 9th, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Dengan Mudah – Burung Kolibri adalah salah satu nama burung kicauan yang makanannya nektar tanaman dan juga madu.

Burung ini sendiri ada berbagai jenis, diantaranya yang terkenal adalah burung kolibri ninja, Kolibri wulung, Kolibri Jawa dan Kolibri Sepah Raja.

Penamaan jenis-jenis Kolibri ini kadang disesuaikan dengan asal usul burungnya dan kadang juga disesuaikan dengan bentuk tubuh dan juga prilakunya.

sumber

Baca Juga : Ciri Ciri Burung Kecial Kombo Jantan dan Betina

Seperti burung kicauan pada umumnya, burung Kolibri berjenis Jantan paling banyak dicari oleh para penggemar burung karena kicauannya yang lebih nyaring dan variatif daripada Kolibri betina.

Namun tak sedikit pula yang mencari Kolibri betina dengan maksud menjodohkannya dengan pejantan untuk memperbanyak populasi burung Kolibri yang dipunyainya.

Cara untuk membedakan burung kolibri jantan dan betina sangatlah mudah. Apalagi jika burung tersebut sudah berusia lebih dari sebulan atau sudah dewasa, ciri-ciri tubuhnya sangat mudah dikenali, diantara yang jantan dan yang betina.

Berikut ini adalah cara-cara mudah membedakan burung Kolibri jantan dan betina :

  1. Lihat Warna Bulu

Bagian bulu burung kolibri jantan berwarna lebih terang dan mengkilap dibandingkan bulu burung betina.  Akan tetapi untuk burung kolibri yang masih anakan/muda terkadang sulit untuk membedakannya karena memiliki kesamaan warna. Oleh karenanya harus benar-benar teliti jika bermaksud membelinya.

Burung kolibri jantan bulunya didominasi warna hitam mulai dari bagian pangkal paruh, leher, sayap hingga bagian punggung serta ekor. Bagian dada dan perutnya berwarna merah. Sedangkan bagian kepala terdapat warna pelangi.

Sebaliknya burung kolibri betina bulunya memiliki warna dominan abu-abu dan kuning pastel. Warna abu-abu ada di bagian kepala hingga dada yang juga bertransisi ke warna putih. Sedangkan bagian perut hingga ke ekor, warnanya kuning pastel.

  1. Perhatikan Paruhnya

Burung kolibri yang sudah dewasa memang sangat mudah dibedakan dari warna bulunya, namun yang anakan sedikit sulit.

Oleh karenanya cara membedakan burung Kolibri jantan dan betina yang anakan adalah dengan melihat ujung paruhnya.

Perhatikan paruh dari Burung Kolibri, burung Kolibri jantan walaupun masih muda paruhnya berwarna oranye terang. Sedangkan paruh burung kolibri betina berwarna orange yang agak memudar.

  1. Telapak kaki

Telapak kaki burung kolibri jantan berwarna  lebih menyala dibanding dengan telapak kaki burung Kolibri betina.

Dengan bertambahnya usia, kaki burung kolibri betina akan memudar jadi abu-abu sedangkan telapak kaki burung Kolibri  jantan tetap berwarna oranye.

  1. Keaktifan gerak dan suara

Burung Kolibri Jantan lebih aktif bergerak dan bersuara dibandingkan dengan burung Kolibri betina.

  1. Warna Sayap

Warna sayap dari burung Kolibri jantan hitam legam dan mengkilat daripada burung betina yang terlihat lebih terang. Warna sayap kolibri betina lebih kearah warna coklat atau keabu-abuan.

Baca Juga : Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor

Loading...
Cara Membedakan Burung Kolibri Jantan dan Betina Dengan Mudah | ilmuhewan | 4.5