Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan Dan Betina

By On Monday, October 24th, 2016 Categories : Burung

Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan Dan Betina – Burung kicau yang memiliki suara yang khas dan kicauannya yang nyaring, biasanya dimiliki oleh burung kicau yang berjenis kelamin jantan.

Tidak terkecuali burung kepodang yang memiliki kelebihan di postur fisik, keindahan warna, serta keunikan kicauannya.

Namun, burung kepodang merupakan salah satu jenis burung yang tidak mudah dibedakan jenis kelaminnya berdasarkan bentuk fisiknya.

kepodang

Baca Juga : Jenis-jenis burung yang paling mudah untuk dirawat

Ciri umum burung kepodang sendiri berukuran relatif sedang, panjang mulai ujung ekor sampai paruh sekitar 25 cm.

Burung ini juga memiliki warna hitam dan kuning dengan strip hitam yang melewati mata dan tengkuk. Dan sebagian bulu terbangnya berwarna hitam.

Bentuk paruhnya pun meruncing dan sedikit melengkung ke bawah. Biasanya burung kepodang tinggal di hutan terbuka, mangrove, serta hutan pantai.

Bagi kicau mania yang ingin memelihara burung kepodang, apalagi jika ingin memiliki burung kepodang dengan kicauan yang panjang dan beragam, ada baiknya Anda memahami perbedaan kepodang jantan dan betina.

Berikut ini kami sajikan lima tips untuk membedakan kepodang jantan dan betina dilihat dari bagian eksklusif pada tubuh burung kepodang ini.

  1. Dilihat dari postur

Bentuk postur kepodang cukup relatif. Biasanya dilihat dari bentuknya, kepala kepodang jantan akan terlihat lebih besar daripada kepodang betina yang ukurannya relatif kecil.

  1. Dilihat dari topeng

Antara kepodang jantan dan betina masing-masing memiliki topeng yang berwarna hitam diatas kepalanya yang mengelilingi mata.

Untuk kepodang jantan, warnanya lebih tipis. Sedangkan kepodang betina memiliki topeng hitam yang lebih luas dan lebar.

  1. Dilihat dari pangkal ekor

Untuk pangkal ekornya, pada kepodang jantan memiliki warna kuning yang cerah dan jelas di pinggir atau tepi ekornya. Sedangkan kepodang betina memiliki warna kuning yang agak pucat di pangkal ekornya.

  1. Dilihat dari kicauan

Sama halnya burung kicau lainnya, kicauan burung kepodang jantan lebih keras dan lantang. Dan kepodang jantan jelas lebih suka gacor atau yang biasa disebut rajin berkicau.

Berbeda dengan kepodang betina yang terlihat pasif dan monoton. Apalagi bunyi kicauannya pun hanya kadang-kadang.

  1. Dilihat dari sayap

Burung kepodang jantan memiliki goresan kuning pada sayap bagian belakang dengan ukuran lebih besar dan renggang. Lain dengan kepodang betina yang memiliki ukuran yang lebih sempit.

Dari lima tips diatas, bisa dijadikan panduan bagi kicaumania jika ingin membeli burung kepodang. Namun tetap harus diingat bahwa burung kepodang yang sudah bisa berkicau atau suka gacor biasanya dijual dengan harga yang mahal.

Kalau Anda ingin membeli dengan harga yang masih terjangkau, bisa membeli saat masih anakan. Semoga tips diatas membantu Anda untuk mengetahui ciri-ciri kepodang jantan atau betina. Selamat mencoba.

Baca Juga : Tanda Atau Gejala Burung Sedang Sakit dan Bagaimana Cara Mengobatinya?

Loading...
Loading...
Cara Membedakan Burung Kepodang Jantan Dan Betina | ilmuhewan | 4.5