Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan

By On Friday, July 14th, 2017 Categories : Jenis dan Macam

Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan – Burung kacer adalah salah satu burung yang banyak di buru oleh pencinta burung di tanah air, selain karena suara yang merdu dan dapat menirukan suara burung yang ada disekitarnya, ternyata burung ini juga memiliki keunggulan pada tampilannya yang cantik.

Mereka memiliki tubuh yang gempal dengan sekor yang panjang. Ekor tersebut akan terangkat ketika mereka sedang mencari makanan di tanah.

Burung yang dominasi berwarna hitam dan putih ini banyak dijumpai di kawasan Asia Tenggara dan Asia Selatan yang pada umumnya tinggal di daerah yang tingginya tidak lebih dari 1.000 meter di atas permukaan laut.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kacer Anakan

Sekarang ini kebanyakan masyarkat mencari burung kacer yang memiliki kelamin jantan dari pada betina.

Hal ini dikarenakan burung kacer jantan memiliki suara yang lebih gacor atau suara mereka lebih lantang jika dibandingkan dengan burung kacer betina.

Bahkan si burung jantan ini akan mengoceh degan gacoran yang bervariasi ketika mereka sudah handal, namun sedangkan suara si kacer betina suara suaranya lebih lembut atau pelan dan juga monoton, sehingga terasa kurang variatif, jadi sangat heran ketika anda membeli burung kacer jantan harganya bisa lebih mahal dibandingkan dengan burung kacer betina.

Berikut ini ada beberapa cara membedakan antara burung kacer jantan dan betina agar anda tidak salah pilih ketika baru memutuskan membeli burung kacer untuk peliharaan.

  1. Perhatikan bentuk tubuh

Cara pertama untuk membedakan burung kacer adalah dengan membedakan bentuk tubuh dari si burung kacer. Jika dia betina maka di akan memiliki bentuk badan yang bulat atau terlihat membundar, sedangkan burung kacer jantan, dia akan terlihat lebih ramping bentuk badannya jika dibandingkan dengan kacer betina.

  1. Perhatikan bentuk dada

Beda kelamin maka beda bentuk pada dada. Untuk burung kacer betina bentuk dadanya akan terlihat lebih menonjol kedepan jika dibandingkan dengan bentuk dada pada burung kacer jantan, karena bentuk dadanya terlihat lebih tegap.

  1. Perhatikan cara berdiri

Pada burung kacer cara berdiri antara burung betina dan jantan berbeda, untuk si jantan dia akan berdiri atau terlihat lebih tegap dibandingkan burung kacer betina, sedangkan betina jelas tidak setegap jantan.

  1. Perhatikan kepalanya

Pada burung kacer betina, kepalanya memiliki bentuk yang lonjong sedangkan burung kacer jantan memiliki bentuk kepala persegi dengan sisi atasnya merata.

  1. Perhatikan paruh

Paruh, biasa yang mereka gunakan untuk makan ternyata memiliki bentuk yang berbeda, yang mana pada burung kacer betina memiliki bentuk paruh yang relatif lebih panjang jika dibandingkan dengan paruh pada burung kacer jantan yang mana bentuk paruhnya lebih cenderung berukuran pendek yang warnanya hitam baik pada bagian atas dan bawah.

Pada burung kacer jantan terdapat juga 1 –  2 bintik hitam di lidahnya.

  1. Perhatikan warna bulu

Ketika anda perhatikan, pasti anda akan menemukan warna yang berbeda di antara burung kacer betina dan jantan, yang mana mereka para burung kacer betina memiliki warna punggung dan juga sayap hitam keabu – abuan, sedangkan pada burung kacer jantan, warna punggung dan sayapnya hitam legam.

Dari cara di atas, cara paling mudah untuk membedakan burung kacer betina dan jantan adalah ketika mereka sudah berumur dewasa dibandingkan ketika mereka masih anakan atau totol.

Baca Juga : Ciri Dan Karakteristik Burung Kacer

Loading...
Cara Membedakan Burung Kacer Betina dengan Jantan | ilmuhewan | 4.5