Cara Membasmi Rayap Dengan Bahan Alami

By On Sunday, February 19th, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Membasmi Rayap Dengan Bahan Alami – Anda pasti sering merasa kesal dengan binatang yang satu ini. Bagaimana tidak, tiang penyangga rumah, kusen jendela, almari, rak buku dan perabot lainnya menjadi keropos karena serangan hewan ini.

Ya, rayap memang menjadi musuh utama dari perabotan rumah yang terbuat dari kayu. Sebenarnya sudah tersedia obat anti rayap untuk membasminya.

Namun, obat-obatan ini mengandung bahan kimia yang tentu saja bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan.

Oleh karena itu, penggunaan bahan alami untuk membasmi rayap lebih disarankan karena selain terbukti ampuh bahan-bahan alami ini juga aman. Berikut cara membasmi rayap dengan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah!

Garam Dapur

Selain mudah di dapat, bahan alami untuk pembasmi rayap yang satu ini juga harganya murah. Caranya cukup yaitu dengan menaburkan garam dapur di sekitar sarang rayap.

Tetapi langkah ini dinilai kurang efektif sebab butiran garam hanya berada dipermukaan sarang saja. Cara selanjutnya yaitu dengan melarutkan garam dalam air kemudian mencampurnya dengan tembakau.

Setelah didiamkan semalaman, Anda dapat menggunakan obat alami ini dengan menyemprotkannya ke sarang-sarang rayap.

Buah Bintaro

Buah ini dikenal juga dengan nama kayu gurita, buta badak, babut dan juga mangga laut. Bagi yang belum familiar dengan buah bintaro, Anda dapat mengenalinya dengan ciri-ciri sebagai berikut, yaitu memiliki bentuk daun bulat telur, warnanya hijau tua dan tersusun berseling.

Bunganya harum dengan mahkota berbentuk terompet dan berwarna merah muda pada bagian pangkal. Sementara buahnya sendiri berbentuk telur dengan panjang sekitar 5-10 cm dan berwarna merah cerah jika dimasak.

Daun dan buahnya yang mengandung bahan glikosida dan sangat beracun ini telah lama dimanfaatkan sebagai pestisida organik, tak terkecuali untuk membasmi rayap.

Caranya, belah buah bintaro kemudian potong kecil-kecil seukuran dadu sebelum dicampur dengan sedikit air dan dihaluskan dengan blender.

Setelah itu saring larutan untuk mendapatkan sarinya. Masukkan dalam semprotan dan pestisida alami dari buah bintaro pun siap digunakan untuk membasmi rayap di rumah Anda.

Puntung Rokok

Cara membasmi rayap dengan bahan alami selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan menggunakan puntung rokok. Kumpulkan sekitar 10 puntung rokok kemudian rendam dalam dua gelas air.

Tambahkan 1/2 sendok garam dalam larutan dan rendam selama semalam. Saring larutan kemudian masukkan ke dalam alat penyemprot. Obat alami pembasmi rayap dari campuran larutan puntung rokok, garam dan air pun siap digunakan.

Air Cucian Beras

Anda sering membuang air cucian beras? Stop kebiasaan ini sekarang juga karena air cucian beras bisa Anda manfaatkan sebagai pembasmi hama.

Gampang saja caranya. Air bekas mencuci beras yang Anda kumpulkan dapat langsung disiramkan ke sekeliling sarang rayap. Lakukan secara rutin dan lihat hasilnya.

Daun Pepaya

Tak hanya diolah menjadi sayuran yang lezat, daun pepaya juga bisa Anda pilih sebagai salah satu cara membasmi rayap dengan bahan alami yang terbukti ampuh. Caranya, siapkan daun pepaya dan daun sirih dengan perbandingan 2:1.

Campur dengan sedikit air kemudian blender hingga halus. Setelah itu saring untuk mendapatkan airnya. Tambahkan alkohol 70% kedalam air hasil saringan dengan perbandingan 2 untuk sari pepaya dan daun sirih dan 3 untuk alkohol. Setelah siap, larutan dapat disemprotkan ke tempat-tempat yang ada rayapnya.

Air Kapur Sirih

Bahan alami yang satu ini mempunyai sifat panas yang sangat berbahaya bagi rayap yang berkulit tipis dan lembut. Tak heran bila air kapur sirih ini bisa menjadi pembasmi alami yang ampuh untuk rayap.

Semprotkan larutan air kapur sirih ke perabot yang terserang rayap atau bisa juga langsung disiramkan ke sarang rayap.

Ternyata bahan-bahan alami disekitar kita bisa dijadikan cara membasmi rayap yang efektif ya. Tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga : Fakta Unik Hewan Sosial, Rayap

Cara Membasmi Rayap Dengan Bahan Alami | ilmuhewan | 4.5