Cara Memaster Burung Murai Batu

By On Friday, March 2nd, 2018 Categories : Info Lainnya

Cara Memaster Burung Murai BatuIlmuhewan.com – Bagi pecinta burung pasti sudah tidak asing lagi dengan burung murai. Burung yang di kenal karena memiliki bulu yang cantik ini juga memuliki suara yang merdu.

Sehingga tida heran jika burung murai menjadi salah satu jenis burung yang banyak di ikutsertakan lomba kicau.

Selain itu, jika ingin burung murai peliharaannya memiliki suara yang bagus serta berkualitas maka salah satunya dengan melakukan proses pemasteran atau memperdengarkan suara burung. Dan untuk melakukan proses tersebut harus melakukan beberapa hal.

Pada umumnya cara memaster burung murai sangat berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya. Akan tetapi cara konvensional yang banyak di lakukan dengan menggunakan suara burung lainnya sudah di tinggalkan dan kini lebih banyak dengan menggunakan audio maupun mp3 (modern).

Baca Juga : Jenis dan Macam Burung Murai Batu

Namun apapun caranya untuk memaster burung memiliki kelebihan serta kekurangan. Meskipun demikian banyak sekali orang yang menggunakan cara modern (audio/mp3) karena lebih mudah dan ringkai serta hasilnya pun sama saja dengan cara tradisional.

Untuk memaster burung ada beberaoa hal yang harus di ketahui yakni pertama-tama harus mengenal karakteristis suara dari burung tersebut. Untuk burung murai batu mempunyai jenis suara yang bisa dengan mudah menirukan suara burung lain. Sehingga ketika di perdengarkan oleh suara audio/mp3 burung murai pasti akan mengikutinya pelan-pelan.

Dan bagi pemiliki nya harus pintar dalam memberikan materi sehingga burung pun bisa dengan mudah untuk menirunya dan juga bisa memiliki kicauan yang bervariasi. Oleh sebab itu, usahakan untuk memperdengarkan audio yang berisi 3-4 suara burung yang berbeda-beda dan setelahnya bisa di perdengarkan secara acak.

Proses Pemasteran Burung Murai Batu

Jika sudah mengenali karakteristik suara burung tersebut maka tahao selanjutnya ialah dengan melakukan proses pemasteran dengan persiapan sebagai berikut.

  1. Kondisi lingkungan yang tenang

Supaya burung bisa mendengarkan suara dengan focus maka hal pertama yang harus di perhatikan ialah factor lingkungan sekitarnya. Pastikan bahwa tempat atau lingkungan sekitarnya tenang dan tidak ada campuran suara lainnya.

  1. Waktu

Waktu merupakan factor utama dalam pemasteran burung murai batu. Oleh sebab itu sebagai pemilik harus mengetahui kapan waktu burung tersebut aktif dan istirahat.

Biasanya waktu terbaik untuk pemasteran ialah ketika burung sedang tidak aktif. Karena pada waktu yang sedang aktif biasanya burung tidak mau mendengarkan masternya sehingga burung akan sulit untuk mengikuti suara audio.

Baca Juga : Cara Ternak Burung Murai Batu Black Dragon

  1. Konsisi kesehatan burung

Hal yang harus di perhatikan dalam proses pemasteran burung ialah harus memperharikan kondisi kesehatanya yang perlu di awasi setip hari. Karena jika burung kurang makan dan kesehatannya terganggu maka akan merusak konsentrasinya ketika di perdengarkan audio. Oleh sebab itu, sebelum memulai pemasetaran sebaiknya memperhatikan kondisi kesehatan dan juga makanannya.

Burung juga biasanya melewati masa pergantian bulu, sebaiknya jika sedang mengalami masa itu sebaiknya pemasteran jangan di lakukan karena burung tidak akan merespon dan biasanya burung juga lebih banyak diam untuk menjaga kondisi tubuhnya.

Menurut para ahli dalam pemasteran burung lebih menyarankan kepada waktu-waktu di mana burung tersebut sangat tenang dan stabil. Karena konsidi yang tenang akan memudahkan burung untuk mengikuti proses pemasteran yang di lakukan dengan menggunakan audio dan juga di tempat sepi yang tidak terdapat suara lainnya yang akan mengganggu konsentrasi burung murai batu.

Baca Juga : Mengenal Burung Murai Batu Asal Borneo Kalimantan

Loading...
Loading...
Cara Memaster Burung Murai Batu | ilmuhewan | 4.5