Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar dan Tidak Rusak

By On Tuesday, October 25th, 2016 Categories : Burung

Cara Memanen Sarang Burung Walet – Hal utama yang perlu di perhatikan saat akan memanen sarang burung walet adalah usia atau umur dari sarang burung walet itu sendiri.

Para pemilik usaha sarang burung walet kebanyakan tidak peduli dengan usia sarangnya. Jika ingin memanen, mereka akan langsung memanennya. Jika itu tetap dilakukan yang terjadi adalah adanya kerusakan pada sarangnya.

Selain karena umur, faktor penyebab kerusakan sarang walet pasca panen adalah teknik memanen yang keliru dan tidak sesuai.

cara-memanen-sarang-walet

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Merpati Kipas Dengan Mudah

Untuk mendapatkan sarang burung walet yang bermutu dan berkualitas, ke dua hal tersebut harus  diterapkan.

Jika sarang burung walet yang belum cukup umur sudah dipanen, selain bisa rusak dampak lainnya adalah rumah walet akan di tinggal pergi/ditinggal pindah ke tempat baru oleh burungnya karena burung merasa terganggu.

Disamping itu, untuk memanen sarang walet di perlukan teknik dan juga keahlian khusus dengan memperhatikan waktu yang tepat.

Adapun cara memanen sarang burung walet yang benar dan tidak rusak adalah sebagai berikut :

  1. cara memanen Rampasan

Cara ini dilakukan kondisi sarang burung walet teramat dijangkau oleh tangan. Biasanya dilakukan pada sarang walet yang berada di gua atau langit langit atap rumah yang tinggi dan sulit dijangkau.

  1. Cara memanen dengan pemilahan

Teknik ini dilakukan dengan memilah milah sarang burung yang sudah siap panen.  Biasanya dapat di terapkan di rumah walet yang sarangnya terjangkau dan berada di bangunan.

Waktu yang tepat kala memanen sarang walet adalah saat sarangnya membentuk sempurna dan walet menunjukkan tanda akan bertelur.

Jika sudah demikian harus segera memanen sarangnya maksimal sepuluh hari sebelum burung walet bertelur. Supaya burung walet bisa cepat membuat sarang baru, yang perlu diperhatikan adalah pemberian pakan untuk burung walet.

Sarang burung walet dapat dipanen 6 kali dalamsetahunn. Ciri sarang burung walet yang siap panen adalah ketika warna sarang burung sudah agak putih dan bersih.

Memanen sarang burung walet yang terlalu sering akan berakibat buruk terhadap kesehatan burung walet dan juga kualitas sarang walet sendiri.

Oleh karenanya panenlah sarang walet sesuai waktunya dan juga dengan cara yang benar agar sarang tidak rusak.

Baca Juga : Cara Menjodohkan Burung Kacer Anakan

Loading...
Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar dan Tidak Rusak | ilmuhewan | 4.5