Cara Melatih Mental Bertanding Ikan Cupang

By On Sunday, July 9th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Melatih Mental Bertanding Ikan Cupang – Bagi para penghobi ikan cupang, melatih mental ikan cupang merupakan suatu hal yang terpenting.

Mental ikan cupang adalah suatu hal utama agar kalian bisa menikmati keindahan dari sirip-sirip ikan cupang tersebut. Jika mental yang dimiliki oleh ikan cupang masih kurang kuat dan kurang berani, maka biasanya ikan cupang tidak akan membukakan siripnya secara penuh, dalam arti lain ikan cupang masih ragu-ragu dalam membuka siripnya.

Lebih parahnya lagi, ikan cupang bisa saja menjadi ciut ketika sedang ditandingkan dan tidak mau melebarkan sirip dan insangnya.

Baca Juga : Daftar Harga Ikan Cupang terbaru

Di dalam dunia perlombaan cupang hias atau cupang adu, mental ikan cupang sendiri juga masuk ke dalam salah satu kriteria penilaian.

Jika ikan cupang kalian terlihat ciut saat sedang bertanding, maka ikan cupang kalian akan langsung didiskualifikasi. Selain mental yang dijadikan penilaian, daya tahan ikan cupang pada saat melebarkan sirip dan insangnya juga sangat berpengaruh.

Jika ikan cupang pandai dalam melebarkan sirip dan insangnya, maka kalian bisa lebih lama menikmati keindahan ikan cupang tersendiri.

Nah, untuk melatih mental bertandingnya ikan cupang agar tahan lama dan berani, maka perlu diterapkan beberapa perawatan dan pelatihan yang cukup rutin dan disiplin.

Hal ini juga berlaku bagi ikan plakat, aduan, giant, halfmoon, double tail dan yang lainnya. Melatih mental ikan cupang juga dapat bermanfaat untuk mengembalikan mental ikan cupang agar terlihat lebih berani.

Bagi kalian yang tidak mengetahui caranya, berikut ini ada beberapa cara agar mental ikan cupang kita menjadi kuat, yaitu :

  1. Kalian dapat menempatkan ikan cupang kalian di tempat yang cukup sepi, gelap dan usahakan ikan cupang ini tidak bertemu dengan ikan yang lainnya. Cukup biarkan agar ikan cupang itu sendiri dulu dan jangan diberi kaca.
  2. Selain itu, kalian dapat memberikan daun ketapang yang cukup banyak dan tambahkan sedikit garam (disarankan garam kasar/garam ikan, karena lebih baik). Penambahan garam jangan terlalu banyak, cukup sedikit saja.
  3. Jangan lupa untuk memberikan asupan makanan yang bergizi bagi si ikan cupang, seperti kutu air atau jentik nyamuk dengan dosis cukup 2 kali sehari, yaitu pagi dan sore dengan porsi yang pas, tidak terlalu banyak dan tidak terlalu kurang. Jika ikan cupang kalian berukuran dibawah S, maka cukup beri 5 jentik setiap pagi dan sore. Jika ikan cupang kalian sudah berukuran M keatas, maka biasanya diberi 7 jentik setiap pagi dan sore.
  4. Lakukan hal tersebut sampai 3 hari, atau bahkan 1 minggu.
  5. Setelah perawatan rutin tersebut, kalian dapat mengganti air yang ada dalam wadah ikan. Gunakan air yang sudah cukup tua (dalam arti yang sudah diendapan selama kurang lebih 1-2 hari). Jangan lupa gunakan air tanah agar lebih baik, lebih bagus juga air mineral. Berikan juga sedikit garam dan dibiarkan sebentar agar dapat beradaptasi (kurang lebih 1-2 jam), lalu coba satukan/pertemukan kembali dengan ikan yang lainnya, apakah ikannya sudah terlihat berani atau belum.
  6. Untuk melatih daya tahan dari ikan cupang tersebut, kalian dapat melatih ikan cupang untuk melebarkan sirip dan insangnya dengan cara mempertemukan dengan ikan lain selama kurang lebih 10 menit di pagi hari, dan 10 menit di sore hari. Tingkatkan terus waktunya, jika ikan cupang kuat sampai tahan lama. Jika rutin dilatih, maka sirip ikan cupang tersebut biasanya terus melebar dan jadi akan semakin indah.

Baca Juga : Perbedaan Ikan Cupang Jantang dan Betina

Cara Melatih Mental Bertanding Ikan Cupang | ilmuhewan | 4.5