Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor

By On Tuesday, November 8th, 2016 Categories : Burung

Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor – Sebenarnya sudah banyak sekali artikel yang membahas tentang cara-cara merawat burung yang baik dan benar.

Kali ini artikel yang kami sajikan akan membahas secara khusus cara untuk melatih Burung Jalak Hongkong agar rajin gacor.

Pemilik burung pasti bangga dan senang jika burung peliharaannya bisa tampil gagah dan gacor saat beradu di ajang perlombaan burung kicauan. Berbagai upaya dilakukan supaya mencapai tujuan tersebut.

agar-gacor

Baca Juga : Cara menghilangkan Hama Kutu Pada Bulu Burung

Salah satunya adalah dengan melatihnya habis-habisan. Tidak hanya Jalak Hongkong yang bisa dilatih agar rajin gajor, tapi jenis jalak lainnya seperti jalak kerbau, jalak nias, jalak suren atau jenis jalak juga dapat dilatih dengan baik.

Kecerdasan dan kemampuan burung jalak tergantung pada pola perawatan yang dilakukan.  Jika perawatan dilakukan secara tepat dan teratur, burung akan jadi rajin berbunyi dan mau meniru suara-suara yang diperdengarkan. Tapi jika dirawat asal-asalan, burung akan menjadi liar dan hanya mengeluarkan suara lengkingan saja.

Cara untuk melatih burung Jalak Hongkong sebenarnya sangat mudah karena hampir sama dengan cara perawatannya.

Yang perlu menjadi perhatian utama adalah pemilihan jenis kelamin burung tersebut.  Jenis kelamin yang harus dipilih adalah yang berjenis kelamin jantan. Karena burung jantan memiliki kualitas suara yang bagus dibanding dengan burung betina.

Berikut ini adalah cara-cara melatih burung jalak agar rajin gacor.

  1. Proses Pemandian

Burung Jalak Hongkong perlu dimandikan setiap pagi  antara jam 7 hingga jam 8 dengan cara semprot memakai spray.

Pemandian juga bisa dilakukan dengan cara memberikan bak mandi sendiri supaya burung lebih leluasa mandi. Tempat mandi bisa dibuat dari wadah ukuran 20-25 cm dengan tinggi volume air  8-10 cm.

  1. Penjemuran

Lakukan penjemuran kurang lebih 1 jam jika matahari bersinar cerah atau lebih lama lagi jika matahari tidak begitu cerah.

  1. Upaya pemasteran

Pemasteran Jalak Hongkong bisa dilakukan dengan suara burung secara langsung atau menggunakan suara burung dalam bentuk MP3/suara HP.

Suara burung yang dijadikan pemasteran bisa menggunakan burung jalak lain atau bisa juga menggunakan suara burung jenis lain.

Suara tersebut dimasterkan dengan cara mendekatkan suara burung diatas/didekat sangkar burung jalak Hongkong.

Burung Jalak Hongkong adalah jenis burung yang pintar dan sangat mudah meniru kicauan suara burung lain walaupun dari jenis yang berbeda.

Agar proses pemasteran bisa lebih cepat, usahakan agar jalak hongkong tidak melihat langsung burung masterannya. Gunakan pembatas / sekat pada bagian sisi sangkarnya.

  1. Asupan makanan

Agar burung jalak hongkong makin rajin gacor, burung harus diberi pakan yang memiliki kandungan nutrisi lengkap. Sediakan makanan yang cukup dan bergizi seperti, buah-buahan dan juga voer yang berkualitas.

Extra Fooding juga penting untuk diberikan. Bisa berupa jangkrik, kroto atau ulat Hongkong. Jangkrik/kroto diberikan setiap pagi 3 – 5 ekor dan sore 2-3 ekor, untuk ulat hongkong cukup diberikan satu sendok makan untuk 2-3 hari.

  1. Penempatan sangkar

Burung Jalak Hongkong adalah termasuk burung yang aktif bergerak. Ukuran tubuhnya juga relatif lebih besar, oleh karenanya sangkar yang dibuat juga harus lebih besar agar burung tidak mudah stres dan malas bunyi.

Sangkar Burung jalak hongkong juga harus kokoh dan terdapat tenggeran didalamnya. Gantung sarangnya di tempat yang ramai agar burung jalak Hongkong lebih mudah gacor menirukan suara-suara disekitarnya.

Baca Juga : Ciri Ciri Burung Kecial Kombo Jantan dan Betina

Cara Melatih Burung Jalak Hongkong Agar Rajin Gacor | ilmuhewan | 4.5