Cara Lapor SPT Pajak Online

By On Wednesday, February 12th, 2020 Categories : Blogger

Cara Lapor SPT Pajak OnlineTahukah anda bahwa ada beberapa cara bagi kita yang wajib pajak melaporkan SPT Tahunan.

Untuk cara melaporkan SPT tahunan diantaranya adalah dengan melapor SPT Tahunan via E-Filing. Sejauh ini Ditjen Pajak atau Direktorat Jenderal Pajak Kementrian Keuangan sudah menyediakan beberapa pilihan bagi wajib pajak yang akan melaporkan SPT Tahunan kepada lembaga resmi pajak.

Anda bisa mendatangi langsung kantor pelayanan pajak atau KPP, dikirim melalui pos ke KPP, bisa melewati jasa ekspedisi di KPP yang terdaftar, atau menggunakan E-Filing yang telah disediakan oleh Ditjen Pajak. Yang berarti pelaporan pajak anda dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja, asal anda tidak melaporkannya lebih disaat tenggat waktu yang sudah ditentukan.

Walaupun begitu, jarang masyarakat mengetahui bagaimana panduan pelaporan pajak yang bisa dilakukan melalui e-filling. Serta bagaimana tahapan yang harus dilakukan juga lumayan banyak.

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO pada Website WordPress

Untuk itu, saya akan menjelaskan beberapa cara panduan pelaporan pajak melalui e-filling yang bisa anda lakukan dengan mudah.

  1. Siapkan email dan nomor ponsel yang aktif. Jika anda belum memilikinya, maka harus dibuat terlebih dahulu. Sebab wajib pajak harus memiliki kedua hal tersebut.
  2. Minta aktivasi Electronic Filling Identification atau EFIN yang umumnya dipakai untuk mengaktivasi akun e-filling. Anda bisa mendapatkan EFIN dengan mendatangi KPP tersebut.
  3. Lalu kunjungi website resmi djponline pajak.go.id dan buka email anda yang sudah terdaftar untuk mengaktivasi email. Kemudian masukan nomor NPWP dan password yang sudah anda buat.
  4. Sesudah anda berhasil masuk, klik menu e-filling dan pilih tab SPT. Kemudian pilih jawaban dan isi beberapa formulir dengan jujur dan sebenarnya.
  5. Setelah anda mengisi formulir dengan lengkap, klik kursor pada persetujuan dan lihat kode verifikasi yang dikirim melalui email ataupun sms.
  6. Anda bisa mengambil kode verifikasi yang telah dikirim dan mencantumkannya pada kolom kode pengiriman. Lalu klik tab yang bertuliskan ‘Kirim SPT’.
  7. Sesudah itu, buka email anda untuk menyakinkan bahwa anda sudah menerima tanda terima elektronik SPT Tahunan. Cetak lalu simpan.
  8. Ingat untuk menyimpan NPWP, nomor EFIN, alamat email dan password serta password DJP Online anda yang nantinya akan dipakai untuk melapor SPT tahun berikutnya.

Baca Juga : Pengertian Dan Manfaat Dedicated Server

Loading...
Loading...
Cara Lapor SPT Pajak Online | ilmuhewan | 4.5