BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Cara dan Panduan Budidaya Ikan Dewa Untuk Pemula

By On Saturday, July 30th, 2016 Categories : Perikanan

Budidaya Ikan Dewa – Dalam istilah sehari-hari, ikan dewa disebut juga dengan ikan tambra.

Ikan dewa menjadi primadona tersendiri dalam akuakultur. Budidaya ikan dewa sudah sejak lama dilakukan oleh masyarakat kita, ini dikarenakan jumlah kondumsi ikan dewa tetap stabil bahkan cenderung mengalami peningkatan.

Tidak seperti ikan lainnya, ikan dewa mempunyai daging tebal sehingga lebih banyak digunakan sebagai konsumsi harian.

Untitled

Budidaya dapat dilakukan dengan media apapun. Budidaya ikan dewa juga cukup mudah dilakukan, dari penggunaan kolam alami hingga kolam buatan.

Baca Juga : Varietas – varietas Gurame yang Layak Dibudidayakan

Sekarang ini ikan dewa banyak dibudidayakan dengan kolam buatan atau budidaya secara rumahan. Dalam perkembangannya ikan dewa dapat mencapai puluhan kilogram.

Ikan dewa termasuk jenis ikan air tawar, sehingga habitat asli ikan ini adalah di waduk yang mempunyai karakter air tenang.

Persiapan kolam

Jenis kolam yang baik untuk mencapai perkembangan optimal dari ikan dewa adalah kolam dari tanah. Pilihlah tanah yang berjenis lempung dan tidak berporos supaya dapat menahan air.

Pemilihan lokasi kolam juga harus mmpertimbangkan kemungkinan banjir, maka pilihlah tempat yang sekiranya terbebas dari banjir.

Kolam juga harus dilengkapi dengan saluran irigasi untuk mempermudah proses air keluar dan masuk. Air yang diperlukan dalam budidaya ikan dewa juga harus berkualitas baik dan tidak tercemar dengan bahan lain. Selain di kolam tanah, ikan dewa juga dapa dibudidayakan di rumah atau sawah.

Yang paling penting adalah pengairan dalam kolam harus mendukung. Tingkat keassaman air untuk budidaya adalah 7-8 dan temperature optimal adalah 20-15 derajat celcius.

Pemupukan dasar kolam

Untuk kolam yang terbuat dari tanah, pemupukan dasar kolam harus dilakukan terlebih dahulu. Pemberian pupuk bertujuan untuk menghilangkan hama yang tersisa dari tanah tersebut.

Selain itu, pemberian pupuk juga dimaksudkan untuk menyuburkan tanah sehingga kolam akan ditmbuhi lumut.

Jika diperlukan, pengapuran juga harus dilakukan untuk menjaga sifat keasaman tanah. Lumut merupakan salah satu makanan untuk ikan dewa, karena ikan ini dapat memakan apa saja.

Setelah pemupukan, tanah harus dibiarkan mengering sampai retak baru kemudian diisi air secara bertahap.

Penebaran benih

Benik ikan tombro bisa didapatkan dengan cara alami maupun buatan. Untuk mendapatkan benih ikan dewa, pemijahan indukan harus dilakukan pada tempat yang bersih, terutama akuarium.

Setelah pemijahan dilakukan, ikan dewa akan menghasilkan telur. Telur ikan dewa akan menetas kurang lebih setelah empat hari.

Setelah telur menetas, indukan hendaknya segera dipindahkan karena indukan biasanya akan memangsa anakan yang berupa larva.

Setelah berumur lima hari, larva ikan dewa bisa ditebar dalam kolam. Penebaran dilakukan dengan cara memasukkan mangkok yang berisi air kemudian digoyang-goyang telebih dahulu supaya anakan ikan dewa dapat beradaptasi terlebih dahulu.

Pemberian pakan

Pakan bisa mulai diberikan ketikan anakan ikan dewa sudah dipindahkan dalam kolam pembesaran. Pakan yang diberikan harus mengandung protein yang dibutuhkan seperti vitamin, lemak, karbohidrat dan lainnya.

Sedangkan pemberian pakan untuk larva dapat dilakukan dengan cara memberikan kuning telur rebus yang telah dihancurkan. Pemberian pakan seperti ini dapat dilakukan sekali dam satu hari.

Untuk ikan dewasa, pakan yang diberikan bisa berupa apa saja seperti serangga, cacing, sayuran, dan lainnya. Pemberian pakan kepada ikan dewa sebaiknya dilakukan pada pagi hari.

Pemanenan

Panen ikan dewa dapat sebaiknya dilakukan ketika waktu subuh. Sebelum pemanenan dilakukan, air dalam kolam harus dikurangi secara perlahan untuk mengantisipasi tekanan air yang berubah.

Untuk keperluan pembesaran, ikan dewa dapat dipanen setelah berumur 21 hari. Sedangkan untuk keperluan indukan, ikan dewa bisa dipanen setelah dewasa.

Baca Juga : Ciri-Ciri dan Peranan Pisces (Ikan)

Loading...
Cara dan Panduan Budidaya Ikan Dewa Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5