Cara dan Langkah pemeliharaan indukan ikan nila dengan benar

By On Wednesday, December 14th, 2016 Categories : Perikanan

Cara pemeliharaan indukan ikan nila – Ikan nila salah satuikan tawar yang sangat terkenal dan di gemari di masyarakat.

Ikan ini memiliki cita rasa yang menakjubkan untuk dikonsumsi bersama dengan sambal yang nikmat. Ikan nila ini memiliki manfaat yang banyak dan keuntungan yang tinggi.

Permintaan terhadap ikan jenis ini cukup tinggi. Salah satu hal penting yang harus diperhatikan adalah tempat budidaya ikan yaitu  kolam  dan pemilihan indukan nila yang tepat dan juga berkualitas.

Baca Juga : Cara Membuat Pakan Alternatif Ikan Nila

Kebersihan kolam harus selalu dijaga sehingga anda bisa mengganti air pada kolam tersebut. Anda harus memastikan sirkulasi air tetap lancar agar memudahkan anda mewujudkan air yang bersih. Untuk menghindari penyakit dari kolam maka anda bisa memberikan pestisida.

Anda harus sangat berhati-hati dalam memberikan makanan untuk indukan ikan agar menghasilkan ikan yang berkualitas.

Makanan yang diperlukan indukan ikan nila adalah makanan yang mengandung dedak atau pele. Di dalam makanan harus mengandung gizi yang banyak dan bagus serta nutrisi yang cukup.

Setiap orang khawatir dengan penyakit yang mungkin menyerang maka anda harus mengantisipasi dengan selalu memberikan asupan makanan yang cukup agar indukan ikan nila tidak mudah terjangkit penyakit. Selain itu anda harus menyediakan tempat yang luas untuk ikan agar bisa leluasa

Salah satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah dalamnya kolam yang akan anda gunakan untuk menaruh indukan ikan sehingga mereka bisa tumbuh dengan optimal. Kedalaman kolam bisa anda sesuaikan dengan ukuran dari ikan tersebut.

Ikan juga  membutuhkan oksigen yang tepat agar bisa bernafas dengan bebas sehingga anda bisa menambahkan alat yang bisa ditaruh dikolam untuk memberikan oksigen yang mencukupi untuk indukan ikan nila anda sehingga bisa tumbuh dengan optimal dan bisa berkembang dengan cepat.

Dalam pemilihan indukan ikan nila maka anda harus sangat selektif. Aanda bisa menggunakan indukan yang bisa berproduksi banyak dan juga memiliki kualitas yang bagus.

Hal yang paling penting dalam pemilihan indukan adalah ikan yang sehat dan tidak ada penyakit sedikitpun.

Sebisa mungkin anda menggunakan indukan ikan nila yang sudah berpasangan sehingga siap untuk pemijahan dan bisa memberikan benih yang banyak dan berkualitas.

Dengan cara ini anda akan lebih cepat menghasilkan bibit nila yang banyak dan berkualitas dalam waktu yang singkat. Anda juga bisa lebih menghemat budget dan juga waktu anda agar bisa memproduksi ikan nila yang berkualitas dan banyak.

Baca Juga : Langka dan Cara perawatan larva ( benih) ikan nila setelah penetasan

Loading...
Loading...
Cara dan Langkah pemeliharaan indukan ikan nila dengan benar | ilmuhewan | 4.5