Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium

By On Thursday, July 6th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium – Lobster air tawar atau yang biasa dikenal sebagai Freshwater Crayfish merupakan salah satu hewan air yang terbilang mudah untuk dibudidayakan.

Harga daripada udang lobster air tawar  ini cukup tinggi, yaitu berkisar antara 150 hingga 250 ribu rupiah per kg membuat budidaya lobster air tawar ini tentunya sangat menjanjikan keuntungan apabila dilakukan dengan teknik  dan cara yang benar.  Habitat asli daripada lobster air tawar ini ialah di sungai dan juga di rawa-rawa serta danau.

Nah, untuk media budidaya lobster air tawar ini sendiri ternyata sangat bervariasi. Secara umum, lobster air tawar ini dibudidayakan secara ekstensif di dalam kolam tanah.

Baca Juga : Jenis dan Daftar Harga Udang Terbaru

Untuk budidaya yang secara ekstensif, petani cukup menaruh indukan udang air tawar dan ditempatkan pada kolam tersebut. Kemudian, kolam tersebut dikeringkan dalam masa berkala dan udang air tawar yang telah memenuhi ukuran komersial akan dijual dan juga sisanya akan dikembalikan ke dalam kolam tanah tersebut.

Untuk budidaya secara intensif, petani harus mulai memberi pakan ke dalam kolam dengan berbagai macam makanan seperti sayur-sayuran, termasuk juga pakan komersil.

Budidaya secara intensif ini ternyata cukup memberikan hasil yang lebih baik jika dibandingkan secara budidaya ekstensif.  Kemudian, media lain yang sering digunakan yaitu kolam semen dan bisa juga kolam fiber (tank). Kolam fiber dan kolam semen tersebut juga banyak digunakan agar dapat membesarkan burayak hingga mencapai berat sekitar 5 cm.

Setelah dilakukan pembenihan, lalu pindahkan benih tersebut ke dalam aquarium yang ukurannya agak besar.

Di Indonesia sendiri, budidaya udang air tawar tersebut ternyata banyak dilakukan didalam skala perumahan, terutama pada saat dilakukannya pembenihan.

Budidaya udang air tawar ini sangat cepat dan juga mudah untuk dilakukan, lain halnya seperti udang galah ataupun udang windu yang cenderung relatif lebih sedikit dan juga rumit.

Udang atau lobster air tawar ini tidak mudah stres dan juga tidak mudah terserang penyakit. Udang air tawar ini dapat tumbuh dan berkembang biak dengan cepat jika kualitas air, kebutuhan pakan serta kebutuhan oksigen si udang terpenuhi dengan baik.

Syarat Hidup Udang Air Tawar

Pada umumnya, udang air tawar ini mampu hidup pada selang parameter air yang cukup lebar. Akan tetapi, agar dapat bertumbuh dan berkembang dengan baik tentunya tidak akan dapat dilakukan di dalam kondisi yang demikian.

Nah agar dapat tumbuh serta berkembang dengan baik, kalian memerlukan kadar oksigen terlarut yang kadarnya lebih dari 4 ppm.

Temperatur/Suhu

Udang air tawar ini juga toleran terhadap suhu yang sangat dingin mendekati beku, hingga mencapai suhu diatas 35°C. Walaupun demikian, bagi udang air tawar yang habitatnya daerah tropis, sebaiknya udang tersebut dipelihara pada selang suhu sekitar 24-30°C. Pertumbuhan optimum terhadap udang air tawar akan dapat dicapai jika udang air tawar dipelihara di suhu 25-29°C.

pH dan Kesadahan

Udang air tawar ini hidup pada perairan dengan kisaran pH sedikit alkali, yaitu antara 7-9. Udang air tawar juga jarang dijumpai yang berada diperairan dengan pH kurang dari 7.

Sementara itu, untuk kesadahan (kandungan kapur) air yang diperlukan udang yaitu sedang hingga tinggi. Hal tersebut tentu diperlukan agar dapat menjaga kandungan kalsium terlarut yang cukup tinggi untuk menjamin pembentukan cangkang udang air tawar tersebut dengan baik.

Baca Juga : Jenis-Jenis Udang Yang Bisa Dibudidayakan

Loading...
Loading...
Cara Budidaya Udang Air Tawar di Aquarium | ilmuhewan | 4.5