5 Cara Budidaya Tanaman Aren Untuk Pemula

By On Wednesday, January 15th, 2020 Categories : Biologi

Cara Budidaya Tanaman Aren – Pohon aren salah satu pohon dari family palma yang memiliki banyak manfaatnya. Mulai dari daun, batang bahkan hingga akarnya. Oleh karena itu budidaya aren termasuk dalam peluang yang baik.

Namun dalam cara budidaya aren ada langkah-langkah yang dapat digunakan agar hasil pohon aren dapat bertumbuh dengan optimal.

  1. Memilah benih atau biji aren

Agar tanaman aren dapat tumbuh dengan kualitas yang baik, maka hal pertama yang harus diperhatikan adalah benih atau biji aren yang akan ditanam.

Hal yang harus diperhatikan dalam memilih biji atau benih aren yaitu benih untuk dibudidayakan berasal dari pohon aren yang sehat dan juga berdaun lebat.

Induk pohon aren harus sudah berbuah dengan buah yang matang, ditandai dengan warna buahnya yang kuning kecoklatan dan dengan daging buah yang lunak berukuran besar dan kulih buah yang halus.

  1. Pembibitan

Ada 2 cara dalam melakukan pembibitan, yaitu dengan bantuan alam dan dengan persemaian biji. Cara bantuan alam dibantu oleh musang yang akan memakan buah aren dan juga bijinya. Kotoran musang akan mengeluarkan biji secara utuh.

Kemudian bibit-bibit tersebut akan tumbuh secara acak dan juga berkelompok. Jika sudah tumbuh menjadi tanaman di alam, kemudian dipindahkan ketempat seperti polybag selama kurang lebih 2 minggu. Kemudian cjika cara persemaian benih dapat dilakukan untuk mendapatkan hasil bibit yang berkualitas terbaik.

Prosesnya dapat terbilang berlangsung lama, namun untuk mempercepatnya dapat dilakukan dengan merendamkan biji kedalam larutan HCL dengan konsentrasi 955. Biji tersebut direndam kurang lebih selama 15-25 menit.

Selain menggunakan HCL, dapat juga dengan merendamkan biji dalam air panas dengan suhu 50 derajat celcius selama kurang lebih 3 menit.

Untuk media tanam gunakan polbag dengan ukuran 20 x 25 cm yang telah diberikan pupuk kompos, pasir dan juga tanah dengan perbandingan 3 : 1 : 1 kemudian beri lubang secukupnya agar drainase berjalan lancar.

  1. Proses penanaman

Teknik dalam menanam tanaman aren dapat dilakukan dengan cara menggunakan sistem monokultur dan sistem tumpang sari.

Sistem monokultur adalah teknik menanam dengan melakukan pembersihan lapangan dari hama tanaman terlebih dahulu, kemudian menholah tanah dengan cara dibajak atau bisa juga dicangkul.

Kemudian membuat lubang tanam dengan ukuran kurang lebih 30 x 30 cm dan jarak lubang antar lubang sekitar 5 x 5 cm. Agar cepar tumbuh, campurkan dengan pupuk organik pada lubang kurang lebih 5 hari setelah dibuat lubang. Kemudian bibit ditanam namun lebih baik jika ada naungannya.

Sedangkan sistem tumpang sari adalah teknik menanam dengan cara menanam pada bagian lahan terbuka yaitu diantara 2 tanaman pokok dengan menanam tanaman penutup tanah seperti leguminose atau palawija.

  1. Pemeliharaan tanaman aren

Hindari tanaman aren dari hama dan gulma yang dapat mengganggu pertumbuhan tanaman aren. Hindari tanaman aren dari penyakit-penyakit yang dapat menggagu pertumbuhan tanaman aren agar tanaman aren dapat tumbuh optimal.

  1. Panen tanaman aren

Jika tanaman aren sudah mulai berbuah tunggulah hingga buah menjadi matang. Jika buah telah matang maka buah dari tanaman aren sudah dapat dipanen. Selain buah, daun, batang, dan akar juga dapat dipanen.

Baca Juga : Cara Budidaya Melon

Loading...
Loading...
5 Cara Budidaya Tanaman Aren Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5