Cara Budidaya Melon Terbukti Penghasilan

By On Friday, December 27th, 2019 Categories : Biologi

Cara Budidaya Melon – Bagi Anda pecinta buah-buahan, pasti tidak asing dengan yang namanya melon. Buah bulan bisa dinikmati secara langsung atau diolah terlebih dahulu.

Umumnya buah melon bisa diolah menjadi jus atau es buah yang segar. Melon merupakan tanaman buah-buahan yang termasuk dalam keluarga Cucurbitaceae atau labu-labuan. Buah dengan nama latin Cucumis melo ini adalah tanaman semusim.

Buah melon bisa Anda temukan dengan mudah ketika musim panen melon tiba. Akan tetapi buah dengan harga yang relatif mahal ini tidak jarang yang mempunyai kualitas yang jelek. Baik itu dalam segi rasa maupun tampilan buah melon yang buruk.

Solusi yang bisa anda gunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan menanam buah melon sendiri. Jika Anda khawatir dengan masalah lahan. Anda bisa menggunakan metode hidroponik yang bisa Anda lakukan dimana saja.

Cara Budidaya Melon Hidroponik

Tahapan pertama yang harus Anda lakukan untuk budidaya melon adalah membeli benih melon itu sendiri. Setelah Anda mendapatkan benih melon. Lakukan persemaian benih dengan menggunakan media persemaian seperti rockwool, tissu basah, arang sekam ataupun cocopeat. Sebelum melakukan penyemaian. Rendam terlebih dahulu benih melon dalam air hangat.

Perendaman ini juga ditujukan untuk melakukan sortasi benih yang berkualitas. Setelah benih mulai berkecambah, letakkan benih pada tempat yang di sinari oleh matahari dan jemur selama 3-5 jam. Baru kemudian sebarkan benih pada media persemaian yang Anda inginkan dan rawat sampai bibit sudah mempunyai daun.

Setelah bibit melon mempunyai 4-5 helai daun, baru gunakan media tanam hidroponik yang sudah Anda siapkan. Jangan lupa untuk memberi pupuk cair pada media tanam tersebut. Anda bisa menggunakan media hidroponik dengan menggunakan wadah besar dengan menggunakan media tanam substrat kering seperti batu apung, hydroton dan semacamnya ysng sudah terhubung dengan saluran pengairan. Siapkan juga lanjaran untuk tempat rambatan tanaman melon. Kemudian ikat tanaman melon pada lanjaran.

Perawatan tanaman melon cukup mudah. Anda hanya perlu memberikan nutrisi berupa pupuk cair. Dosis yang harus Anda berikan berbeda-beda tergantung fase pertumbuhan melon.

Secara umum dosis yang harus Anda berika akan meningkat setiap fase pertumbuhan. Selain pemupukan ada juga pemangkasan. Lakukan pemotongan pada beberapa bagian tunas. Ketika buah sudah mulai terlihat lakukan toping dan sisakan 30 helai daun saja.

ketika buah melon sudah sebesar telur, pangkas daun yang tumbuh pada tunas dan sisakan 2 helai daun saja. ketika buah melon sudah mulai berjaring atau berumur sekitar 50 lebih, buah melon sudah siap untuk dipanen.

Baca juga : Klasifikasi Tanaman Jambu Air

Loading...
Loading...
Cara Budidaya Melon Terbukti Penghasilan | ilmuhewan | 4.5