Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Budidaya Ikan Tombro

By On Wednesday, March 29th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Budidaya Ikan Tombro – Tahukah sobat tentang jenis ikan yang bernama Ikan Tombro? Ternyata selain ikan tombro memiliki kandungan protein yang tinggi, ikan ini juga memiliki cita rasa yang nikmat lho sobat.

Disamping itu lagi, ikan ini banyak dibudidayakan juga karena potensi keuntungannya yang sangat besar. Mau tahu bagaimana cara membudidayakan ikan tombro dan cara mengetahui potensi keuntungannya? Simak ulasan berikut ini!

Ikan tombro adalah ikan yang hidup di air tawar dan biasa dibudidayakan di dalam kolam. Ikan tombro tersebut sudah dapat dipanen antara 3-4 bulan dengan mencapai berat sekitar 400-600 gr / ekor.

Baca Juga : Jenis Ikan Cupang Paling Mahal

Berikut ini cara membudidayakan ikan tombro tersebut:

Pemijahan

Langkah pertama adalah pemijahan yakni mengkawinkan antara induk jantan dengan induk betina ikan tombro. Perbandingan jumlah induk jantan dan betina adalah masing-masing 1:3.

Setelah proses perkawinan selesai dan telur ikan tombro telah keluar dan selesai dibuahi, maka langkah berikutnya adalah memindahkan induk dari kolam yang berisi telur-telur tersebut. Kemudian dalam beberapa hari telur-telur itu akan menetas menjadi larva.

Sobat dapat memberi makan larva tersebut dengan pellet dan kuning telur. Lalu setelah larva kurang lebih berumur 5 hari barulah dipindahkan ke dalam kolam pembenihan.

Untuk pemijahan tersebut usahakan ketinggian air sekitar 75-100 cm dengan panjang dan lebar kolam adalah sekitar 4 x 3 m.

Pembenihan dan Pembesaran

Proses berikutnya adalah pembenihan. Setelah larva berumur lebih dari 5 hari, larva sudah siap dipindahkan ke kolam pembenihan dengan jumlah benih antara 100-200 ekor/ meter persegi.

Setelah satu bulan benih tersebut tumbuh, maka sobat harus menyesuaikan postur tubuh ikan dengan luas kolam kembali.

Rata-rata per meter persegi dapat menampung sekitar 50-75 ekor ikan dengan umursekitar 1 bulan. Lalu menginjak usia dua bulan maka jumlah ikan juga disesuaikan menjadi 25-50 ekor per meter persegi.

Dan terakhir menginjak usia ke 3 bulan maka populasi ikan semakin sedikit per meter perseginya yakni sekitar 3-5 ekor saja.

Selama pembenihan dan pembesaran ikan hingga masa panen, sobat dapat memberikan makanan berupa pellet dan dedak halus. Pemberian pakan dapat dilakukan selama 3x sehari yakni pagi, siang dan sore.

Panen dan Pemasaran

Setelah ikan berumur antara 3-4 bulan maka ikan siap untuk dipanen. Ada paling sedikitnya 2 cara untuk memanen ikan tombro tersebut. Yang pertama adalah memanen dengan menggunakan alat tangkap seperti serokan.

Setelah ditangkap hasilnya dapat langsung dijual dalam bentuk ikan segar dengan menggunakan ember atau aquarium untuk mendisplay ikan tersebut.

Sistem pemasaran tersebut juga bagus karena ikan dalam kondisi masih segar dan hidup. Sistem pemasaran yang kedua yakni ikan yang telah ditangkap kemudian dibiarkan dalam kondisi mati lalu dijual.

Cara ini juga bermacam-macam misalnya dijual dalam kondisi yang masih mentah dan diolah menjadi olahan segar atau yang diawetkan.

Cara ini biasa dipakai karena jumlah panen yang besar sehingga ikan harus segera dijual, diolah dan didistribusikan. Hal ini kemungkinan dikarena kolam tersebut akan digunakan sebagai media untuk pembesaran ikan kloter berikutnya.

Sedangkan cara memanen yang terakhir sobat adalah dengan cara membuat kolam ikan tombro sebagai arena memancing. Ini juga salah satu strategi pemasaran dalam menarik minat para konsumen untuk merasakan kesenangan dengan hobi memancing.

Atau bahkan sekarang sudah banyak sekali restoran sea food yang juga memiliki arena sendiri untuk memancing khususnya ikan tombro.

Nah gimana sobat, sudah puas kan dengan penjelasan saya tadi? Ternyata membudidayakan ikan tombro adalah mudah bukan? Selain mudah, cara pemasarannya pun juga sangat beragam sehingga dapat menambah wawasan kita agar mau melihat peluang tentang budidaya ikan tombro ini. Semoga bermanfaat yah..terima kasih..^^

Salam.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Alligator Untuk Pemula

Loading...
Cara Budidaya Ikan Tombro | ilmuhewan | 4.5