Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Budidaya Ikan Sapu-sapu Untuk Pemula

By On Monday, October 9th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak dan Budidaya Ikan Sapu-sapuIlmuhewan.com – Jika sebagian orang banyak membudidayakan ikan hias nan cantik, beda dengan yang satu ini.

Ya, sekilas memang tidak lah menarik untuk dikembangkan. Ikan sapu – sapu yang memiliki tampilan kehitaman dengan fisik yang tidak menarik ini kurang menarik peminat untuk membudidayakannya.

Tapi jangan salah lho, ternyata banyak sekali manfaat yang dimiliki oleh ikan sapu – sapu ini. Jadi jangan anggap remeh hewan satu ini ya.

Memelihara ikan – ikan hias di aquarium menjadi sesuatu yang menyenangkan.

Namun, jika aquarium dipenuhi lumut disana sini dan kamu tidak punya waktu untuk membersihkannya, maka solusi yang tepat adalah dengan memasukkan ikan sapu – sapu ke dalamnya.

Cara ini pun telah dilakukan oleh hampir semua pecinta ikan hias.

Dengan penampilan yang agak datar di bagian bawah menambah ikan sapu – sapu ini unik. Meskipun begitu ternyata hewan ini mempunyai tempat tersendiri di hati pecinta ikan hias.

Oleh karena itu, mengembangkannya dengan jumlah yang banyak bisa menguntungkan kamu lho. Jadi, ikuti beberapa langkah berikut ini agar kamu bisa membudidayakannya secara benar dan tepat.

Induk yang Berkualitas

Terkadang ikan sapu – sapu menjadi hewan yang diremehkan. Posisinya yang mungkin hanya sebagai alat untuk membersihkan lumut di bagian dalam aquarium.

Ditambah lagi untuk menemukan ikan berasal dari air tawar di Amerika tropis ini sangatlah mudah.

Ikan bernama plecostomus ini bisa kamu temukan di sungai kotor yang penuh dengan limbah. Jadi penting bagi kamu untuk memilih induk yang berkualitas, karena induk yang jempolan bisa menghasilkan bibit yang berkelas juga.

Nah, untuk itu pilihlah induk yang telah matang gonad. Jangan khawatir membedakannya, pleco jantan ternyata memiliki banyak detail di bagian kepala, sedangkan untuk si betina tidak, karena bagian kepala pleco betina berbentuk bulat serta minim detail seperti si jantan.

Pilih Tempat Budidaya yang Tepat

Pilihlah ukuran aquarium yang tepat jika ingin membudidayakan ikan sapu – sapu ini. Kamu bisa menyesuaikannya dengan ukuran si ikan ini langsung agar sapu – sapu bisa leluasa bermain dan bersembunyi.

Pasalnya memelihara ikan sapu – sapu tidaklah mudah, kamu harus memiliki filtrasi (penyaringan) dan aerasi dimana dengan menambahkan saluran udara / oksigen dalam air yang membawa air dan udara ke dalam kontak yang dekat, yaitu dengan cara menyemprotkan air ke udara yang baik.

Pakan

Tidak seperti ikan hias pada umumnya yang berusaha untuk membuat onar ke ikan hias lainnya. Ikan sapu – sapu lebih ke tipe santai dan tenang jika disandingkan dengan ikan jenis lain dalam satu tempat.

Nah, untuk bagian pakan sendiri sapu – sapu bisa memakan ikan mati, sisa pakan ikan, lumut, mentimun, kutu air infusoria, pelet, cacing sutra dan daging udang yang telah dicacah halus.

Namun, jika kamu berikan cacing sutra yang masih hidup pada sapu – sapu maka akan berakibat kembung. Jadi, perhatikan baik – baik jenis pakan yang akan diberikan.

Masa Panen

Kamu harus mengetahui usia dewasa si pleco atau sapu – sapu ketika sudah panen. Bila waktu berbudidaya kamu telah menginjak usia 1,5 hingga 2 bulan, maka hewan ini sudah siap panen.

Dari umur itu lah sapu – sapu sudah memperlihatkan tampilan aslinya yang cukup unik. Jadi, kamu bisa menjualnya pada konsumen agar kamu bisa menghasilkan keuntungan.

Lagipula selama pecinta ikan hias masih merajalela, maka sapu – sapu masih sangat dibutuhkan agar dapat membantu mereka dalam membersihkan dalam aquarium.

Baca Juga : Fakta unik ikan sapu-sapu, si pembersih akuarium

Loading...
Cara Budidaya Ikan Sapu-sapu Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5