Cara Budidaya Ikan Badut untuk Pemula

By On Thursday, March 30th, 2017 Categories : Perikanan

Cara Budidaya Ikan Badut untuk Pemula – Apa kabar sobat? Semoga dalam keadaan baik selalu yah.

Sobat pasti sudah sering mendengar ikan badut bukan? Yah benar ikan tersebut sempat populer di film-film yang berjudul Finding Nemo.

Apa jadinya jika ternyata ikan yang imut-imut, cantik dan lucu itu mampu sobat budidayakan sendiri di rumah. Pasti menyenangkan bukan?

Mari simak ulasan dari saya ini tentang bagaimana membudidayakan ikan badut khusunya bagi sobat yang baru belajar atau sebagai pemula.

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Nemo aatau Clownfish

Ikan badut atau juga disebut dengan ikan Clownfish merupakan jenis ikan yang hidup di laut. Ikan ini memiliki sekitar 20 lebih jenis dan dapat mencapai harga di atas 1 juta rupiah untuk satu ekor ikan badut dengan kualitas yang terbaik.

Warnanya yang cenderung cerah serta ukurannya yang mungil menjadikan ikan ini semakin disukai dan layak untuk mencoba dibudidayakan. Adapaun cara pembudidayaannya adalah sebagai berikut:

Pemijahan

Pemijahan dilakukan dengan memasukkan induk jantan dan induk betina yang sudah berusia kira-kira 5-6 bulan. Beberapa induk jantan dan betina kurang lebih 6 ekor induk dimasukkan ke dalam aquarium dengan debit air 100 liter.

Agar pemijahan berjalan dengan baik maka sauasana di dalam aquarium ditambahkan tumbuh-tumbuhan atau anemone laut yang di buat seindah dan senyaman mungkin, kalau perlu dibuat seolah-olah seperti habitat aslinya di laut, agar proses pemijahan dapat berjalan dengan baik.

Selama proses pemijahan, sobat harus memberinya makanan yang mereka sukai yakni seperti pelet, udang kecil dan artemia atau plankton.

Setelah ikan badut menemukan pasangan yang mereka sukai maka proses perkawinan akan terjadi. Saat ikan badut sudah mulai siap bertelur, maka si induk jantan maupun betina memberishkan substrat yang ada pada anemon tadi untuk dipakai meletakkan telur-telur tersebut.

Telur-telur tersebut akan ditempatkan secara rapih oleh si induk betina pada anemone-anemon tersebut. Setelah kira-kira 10 hari maka telur-telur tersebut akan menetas dan siap untuk memanen larva. Larva yang menetas tersebut dapat mencapai hingga 300 ekor larva.

Pemeliharaan dan Pembesaran Larva

Setelah larva menetas, maka larva harus segera disendirikan atau dipisahkan dari sang induk. Larva dapat ditempatkan secara bersama dengan jumlah sekitar 300-500 ekor per 100 liter air.

Pemindahan harus dengan menggunakan serok yang halus. Selama menjadi larva, sobat harus member makan berupa plankton yang sesuai dengan ukuran mulut sang ikan.

Makanan tersebut seperti branchionus, kopepoda, nauplii, artemia, diaphanosoma, dan pelet. Saat larva sudah menjadi ikan dewasa maka sobat harus melatihnya member makan pelet.

Hal ini dikarenakan nutrisi yang diperlukan oleh ikan saat dewasa cenderung sedikit jika dibandingkan pada saat menjadi larva. Perbandingan dalam memberikan pelet dibandingkan dengan makanan hidup (plankton dll) adalah 75%:25%.

Perawatan ketika Dewasa

Saat ikan sudah mulai dewasa, maka sobat sudah dapat merasakan pemandangan yang indah di aquarium milik sobat yang dipenuhi dengan ikan-ikan mungil berwarna warni. Namun ada hal-hal yang perlu sobat lakukan agar ikan-ikan tersebut dapat hidup dengan senang dan sehat.

Yang pertama yakni tentang air aquarium. Sobat harus rutin mengganti air kolam tersebut minimal sehari sekali dengan membuang kira-kira 20% dari debit air tersebut dengan air yang baru. Yang kedua adalah rutin memberikan makanan yakni 3 kali sehari atau jika diperlukan dapat lebih tergantung kebutuhan sang ikan.

Semakin sering memberikan pakan maka hal ini akan berkaitan juga semakin sering sobat harus membersihkan air kolam. Kemudian yang terakhir adalah memberikan tanaman-tanaman atau karang-karang laut sebagai tempat ikan-ikan badut itu bermain agar pertumbuhan dan kesehatannya selalu terjaga dan seolah-olah mereka hidup di habitat aslinya.

Tidak dapat dipungkiri bahwa merawat ikan jenis ini adalah tergolong mahal. Namun demikian hal tersebut masih sebanding dengan apa yang sobat dapatkan jika memeliharanya dan apalagi membudidayakannya, yakni sebuah kesenangan dan keindahan yang tak ternilai di aquarium sobat bersama ikan badut.

Sekian sobat artikel ini yah, semoga menambah wawasan bagi kita semua. Sampai jumpa di ulasan-ulasan saya berikutnya. Selalu simak dan jangan sampai ketinggalan. Terima kasih..^^

Salam.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Tombro

Loading...
Loading...
Cara Budidaya Ikan Badut untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5