Cara Budidaya dan Ternak Sugar Glider

By On Wednesday, May 31st, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya dan Ternak Sugar Glider – Semakin hari semakin terkenal saja hewan mungil yang satu ini, Sugar glider, yang mana para peminatnya semakin banyak.

Hal ini adalah salah satu peluang bagi para penyuka hewan ini, selain dapat memeliharanya dan menjadikan hobi, ternyata dapat juga untuk dijadikan bisnis, yaitu berternak Sugar glider.

Berikut ini cara berternak Sugar glider :

Persiapan awal

Persiapan awal yang harus anda lakukan adalah waktu yang anda miliki cukup, apalagi si Sugar glider ini sangat membutuhkan perhatian yang ekstra, jadi adalah salah satu persiapan terpenting yang harus anda sediakan.

Setelah itu, anda perlu menyiapkan kandang dan juga perlengkapan lainnya, seperti tempat tidur, pouch, tempat makan dan minum. Pastikan kandang yang anda pilih adalah kandang yang representatif agar para Sugar glider nantinya merasa nyaman.

Siapkan Sugar glider

Untuk awalan membudidayakan Sugar glider, sebaiknya anda menyiapkan sepasang atau dua pasang Sugar glider terlebih dahulu agar memudahkan anda untuk mengenali bagaimana cara yang terbaik memelihara Sugar glider menurut anda, jadi anggap saja ini seperti tes sebelum anda memutuskan membudidayakan banyak Sugar glider.

Kebanyakan Sugar glider yang dipelihara saat ini adalah Sugar glider yang berasal dari Papua dan mendominasi sekitar 90 % jika dibandingkan dengan Sugar glider dari negara lain, hal ini dikarenakan adanya perlindungan terhadap Sugar glider seperti Australia. Jadi, untuk modal, anda bisa memilihnya dan membelinya dengan harga sekitar 290 – 350 ribu per ekor.

Pastikan anda memilih indukkan yang bagus, sehat, memiliki mata jernih, tidak sayu, tidak cacat, bulu mereka bagus, tanpa bekas luka, nafsu makan mereka baik, lincah, memiliki hidung berwarna Pink bukan pucat, ini berlaku untuk indukan jantan dan betina.

Para Sugar glider ini sudah siap untuk bereproduksi ketika mereka berusia di atas 7 bulan, dalam usia tersebut organ produksi yang dimilikinya sudah matang.

Mengawinkan Sugar glider

Ketika anda memutuskan untuk mengawinkan mereka, maka anda cukup memasukkannya ke dalam kandang dengan kondisi yang nyaman.

Baca Juga : Berikut Beberapa Bahaya Sugar Glider bagi Manusia

Namun, perlu di ingat dan di catat, bahwa jangan pernah anda mengawinkan Sugar glideranakan dengan induknya, karena bisa mengakibatkan Sugar glider yang dilahirkan nantinya cacat dan yang paling parah adalah mati.

Anda bisa juga memasukkan 2 ekor betina Sugar glider pada 1 kandang yang berisi 1 ekor Sugar gliderpejantan.

Jaga kebersihan di dalam kandang

Kebersihan memang penting pada sebuah tempat tinggal dari Sugarglider, karena jika tidak, maka banyak penyakit dan kuman maupun virus akan menyebar di kandang Sugar glider akibatnya mereka akan terserang oleh penyakit.

Memberikan perhatian lebih

Memberikan perhatian lebih memang sangat diperlukan oleh para Sugar glider apalagi oleh mereka yang baru saja lahir, mengingat ukuran para bayi ini seukuran sebesar beras dan kaki serta tangan mereka masih menempel, jadi sangat perlu bantuan anda agar bayi – bayi Sugar glider bisa sampai pada indukan dan tinggal di kantung induknya.

Pemberian makanan

Makanan adalah salah satu hal terpenting dalam pertumbuhan para Sugar glider, untuk itu berilah mereka makanan secara teratur sesuai dengan kebutuhan.

Anda bisa memberikan mereka makanan dari buah, bubur bayi, susu khusus Sugar glider, kalsium hingga tepung jangkrik.

Namun, ketika para anak Sugar glider atau yang disebut dengan Joey sudah berada di dalam kantungnya, maka berilah makanan dengan porsi lebih, karena dikhawatirkan ketika indukan stres akan memakan anaknya.

Loading...
Loading...
Cara Budidaya dan Ternak Sugar Glider | ilmuhewan | 4.5