Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Budidaya dan Ternak Kecoa Madagaskar untuk Pemula

By On Wednesday, June 21st, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Budidaya dan Ternak Kecoa Madagaskar – Kecoak madagaskar merupakan salah satu jenis kecoak yang berasal dari Pulau Madagaskar. Kecoak jenis yang satu ini adalah hewan endemik daripada pulau tersebut.

Di Amerika, mereka menyebut dengan kecoak madagaskar mendesis (Madagascar Hissing Cockroaches) dan juga dikenal dengan nama ilmiah Gromphadorhina portentosa.

Kecoa madagaskar ditambah dengan kata “mendesis“ dikarenakan keunikan mereka yang dapat mengeluarkan suara mendesis terutama ketika mereka disentuh dan diganggu.

Kecoak madagaskar merupakan salah satu serangga yang menarik. Hal tersebut karena kemampuan yang dimilikinya yang tidak biasa dalam menghasilkan suara.

Selain itu, penampilan daripada kecoa tersebut yang tidak biasa serta perilaku yang rumit menjadikan daya tarik lainnya dari kecoak jenis yang satu ini.

Ditambah lagi, dengan kandungan protein yang terdapat di dalam kecoak ini ternyata lebih tinggi daripada jangkrik serta disukai oleh predator seperti burung dan kadal, akan membuatnya mampu menjadi hewan populer baru.

Sebenarnya, untuk membudidayakan kecoa madagaskar ini sangatlah mudah dikarenakan kecoa madagaskar mampu bertahan hidup mulai dari 1,5 hingga 2 tahun lamanya. Nah, untuk persiapan dalam membudidayakan kecoa madagaskar yang kalian perlukan yaitu :

  1. Kontainer Plastik

Jika kalian membudidayakan dalam skala, kalian dapat menggunakan kontainer plastik yang berukuran besar, kurang lebih 90 liter dikarenakan perkembangbiakan daripada kecoa madagaskar cukup cepat. Dalam sekali beranak, kecoa madagaskar mampu beranak hingga 20 sampai dengan 40 nymph (anak kecoa yang baru lahir).

  1. Tatakan Telur

Agar dapat memperluas wilayah daripada kandang, kalian dapat menggunakan tatakan telur dikarenakan kecoa madagaskar jantan bersifat sangat agresif jika ada kecoa madagaskar jantan lain yang memasuki wilayah teritorial mereka.

Hal tersebut juga bisa menyebabkan perkelahian meskipun hal itu tidak menyebabkan kematian.

  1. Makanan & Minuman

Makanan khusus untuk kecoa madagaskar sangat bervariasi. Pada umumnya,  kalian dapat menggunakan buah-buahan, sayuran segar, pelet ayam dan lain lain.

Sedangkan untuk minumannya, kalian cukup berikan sebuah wadah yang diisi dengan kapas biasa atau bisa juga gunkan kapas filter aquarium agar nymph kecoa madagaskar tidak “berenang-renang” pada saat mereka ingin minum.

Nah, untuk mengembangbiakkan kecoa madagaskar ini juga cukup mudah. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  1. Buat kandang yang terbuat dari terrarium atau akuarium, atau dapat juga dengan menggunakan kontainer plastik. Kontainer plastik yang digunakan khusus untuk 8 ekor betina serta 2 ekor jantan (kurang lebih berukuran 45 cm)
  2. Selanjutnya, kalian dapat mengisi dasar container dengan berbagai macam media seperti serbuk kayu, pasir, atau sekam. Lalu, masukan egg tray yang terbuat dari kardus sebagai tempat persembunyiannya.
  3. Kecoa ini akan mulai produktif pada saat mereka berusia enam hingga delapan bulan. Kecoa madagaskar cepat berkembang biak. Sekali beranak, mereka mampu menghasilkan 20 hingga 40 ekor.

Kecoa madagaskar dapat hidup dengan baik dalam suhu ruangan dan kelembapan indoor. Dengan syarat, tempat mereka jangan sampai berjamur.

Kecoa madagaskar sendiri merupakan jenis omnivora atau pemakan segala. Akan tetapi, kalian cukup memberikan sayur-sayuran, buah-buahan dan pelet. Ada baiknya, kalian memisahkan antara kecoa muda, kecoa produktif dan kecoa tua.

Membedakan antara kecoa madagaskar jantan dengan betina sangatlah mudah. Kecoa jantan madagaskar sendiri mempunyai ukuran tubuh yang lebih besar daripada betina.

Selain itu, kecoa jantan juga mempunyai tanduk kecil disertai dengan rambut-rambut halus yang ada di dekat kepalanya.

Dalam waktu 3 bulan, kalian sudah mendapatkan anakan yang banyak sehingga kalian harus memisahkan indukannya ke kontainer yang baru terpisah dari anakannya.

Loading...
Cara Budidaya dan Ternak Kecoa Madagaskar untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5