Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Budidaya Dan Pemijahan Ikan Nila

By On Tuesday, November 29th, 2016 Categories : Perikanan

Cara Budidaya Dan Pemijahan Ikan Nila – Untuk bisa menambah pemasukan dalam keseharian tentunya berbagai usaha bisa dilakukan. Salah satunya adalah melakukan pembudidayaan Ikan.

Banyak sekali yang memandang sebelah mata terhadap usaha ini. Karena dianggap menyusahkan dan tidak mendatangkan keuntungan ekonomi yang secara signifikan.

Padahal apabila ditekuni dan juga dilakukan dengan cara yang benar  maka membuka usaha budidaya Ikan adalah salah satu alternatif bahkan juga bisa menjadi pilihan utama untuk mendapatkan pundi-pundi uang.

pemijahan-nila

Baca Juga : Teknik dan Cara Budidaya Ikan Nila

Apalagi apabila ikan yang dibudidaya adalah Ikan Jenis Ikan Nila. Dimana seperti yang diketahui, Ikan Nila adalah salah satu jenis ikan yang cukup dicari karena rasanya yang lezat ketika diolah menjadi makanan.

Sehingga tidak heran apabila banyak pihak yang tertarik untuk membudidayakan Ikan Nila. Untuk itulah berikut ini akan dijabarkan cara budidaya dan pemijahan Ikan Nila:

  1. Cara Budidaya Ikan Nila

Tentu dalam melakukan budidaya Ikan Nila maka harus beberapa trik dan juga langkah-langkah yang diketahui. Hal ini untuk membuat nantinya budidaya dari Ikan Nila tidak mengalami kesalahan.

  • Persiapkan Lokasi Yang Sesuai

Hal pertama yang harus diperhatikan akan melakukan budidaya Ikan Nila adalah mempersiapkan lokasi yang sesuai. Dimana lokasi ini nantinya akan sangat berpengaruh terhadap perkembang biakan Ikan Nila tentunya.

Sehingga pemilihan lokasi tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Dimana lokasi yang paling cocok untuk melakukan budidaya terhadap Ikan Nila adalah pada ketinggian sekitar 150 hingga 1.000 meter.

Selain itu suhu dari lokasi tersebut juga haruslah diperhatikan. Yaitu berada diantara kisaran 18 hingga 28 derajat. Dimana pada ketinggian dan suhu tersebut, Ikan Nila bisa tumbuh dengan baik.

  • Air Kolam Haruslah Mengalir

Ikan Nila ternyata tidak bisa hidup dalam kondisi sembarangan kolam. Untuk itulah, kolam dari Ikan Nila haruslah diperhatikan dengan benar-benar.

Salah satunya air dari kolam tersebut haruslah mengalir. Hal ini bisa diakali dengan membuat Kolam buatan disekitar tempat tersebut.

  • Pengeringan Kolam

Ternyata sebelum kolam bisa dipakai oleh Ikan Nila maka kolam harus mengalami pengeringan terlebih dahulu.

Yaitu dengan menguras kolam secara keseluruhan setelah itu melakukan penaburan kapir sebanyak 50 kg. Hal ini ternyata berguna untuk membunuh bakteri maupun pantogen yang ada disekitar kolam.

Agar nantinya bakteri maupun pantogen tersebut tidak menganggu pertumbuhan dari Ikan Nila nantinya.

  • Tunggu Hingga 3 Hari

Setelah kolam dikeringkan dan dibersihkan maka langkah selanjutnya adalah mengisi kolam tersebut dengan air secukupnya.

Namun pada langkah ini, kolam masih belum siap untuk dimasuki bibit Ikan Nila. Hal ini berguna untuk mengatur suhu dari seluruh sisi kolam agar sama.

Tunggulah sekitar tiga hari dan barulah setelah kolam tersebut siap untuk dimasuki oleh Ikan Nila yang telah dipersiapkan.

  1. Pemijahan Ikan Nila

Proses pemijahan tentunya menjadi proses yang tidak bisa dipisahkan ketika melakukan budidaya terhadap Ikan Nila. Karena pemijahanlah yang nantinya menentukan perkembangbiakan dari Ikan Nila nantinya.

Sedangkan untuk proses pemijahan sendiri bisa dilakukan dengan cara masukan Ikan nila Jantan yang telah dewasa dan dua ikan Nila Betina yang juga telah dewasa kedalam kolam yang sama. Dimana cara menentukan Ikan Nila yang telah dewasa bisa ditentukan dengan berbagai cara.

Untuk Ikan Betina bisa dilihat dari bobotnya yang gemuk, geraknya lebih lambat dan memiliki warna tubuh yang kelabu.

Sedangkan untuk Ikan Nila jenis jantan bisa dilihat dari bagian kelaminnya yang telah bisa mengeluarkan cairan putih apabila diurut.

Baca Juga : Panduan dan Cara Pembenihan Ikan Nila

Loading...
Cara Budidaya Dan Pemijahan Ikan Nila | ilmuhewan | 4.5