Cara Budidaya dan Merawat Ikan Arwana Super Red Untuk Pemula

By On Saturday, December 3rd, 2016 Categories : Uncategorized

Cara Budidaya Ikan Arwana Super Red  – Bagi sebagian orang, Ikan Arwana bukanlah Jenis ikan yang biasa-biasa saja.

Bukan hanya karena Ikan Arwana memiliki corak kulit yang indah sehingga cocok untuk menjadi Ikan Hias namun juga karena adanya kepercayaan lain yang menyertainya.

Kepercayaan lain tersebut adalah Ikan Arwana dipercayai mampu membawa banyak hoki bagi siapapun yang merawatnya dengan baik. Sehingga tidak heran apabila banyak orang berbondong-bondong untuk mulai membudidaya maupun merawat Ikan Arwana.

budidaya-ikan-arwana-merah

Apalagi sekarang ini, Ikan Arwana mulai bermunculan banyak jenis yang beragam. Sehingga semakin banyak opsi untuk dipelihara.

Salah satu jenis Ikan Arwana yang tengah popular saat ini adalah Ikan Arwana Super Red. Namun bagi pemula yang banyak yang ragu untuk membudidaya maupun merawat ikan jenis ini. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara budidaya dan merawat Ikan Arwana Super Red untuk pemula:

  1. Persiapkan Akuarium Maupun Kolam

Hal pertama yang harus diperhatikan maupun dipersiapkan ketika akan membudidaya dan merawat Ikan Arwana Super Red adalah persiapkan Akuarium maupun Kolam.

Dimana apabila hanya ingin merawat Ikan Super Red dalam jumlah terbatas maka menggunakan kolam adalah pilihan terbaiknya.

Tapi apabila ingin membudidaya Ikan Super Red yang tentunya dalam jumlah banyak maka sangat disarankan untuk menggunakan Kolam.

Sedangkan untuk Kolam maupun Akuarium memiliki karakteristik yang hampir sama yaitu ph air antara 6 hingga 7 sedangkan suhu berada diantara kisaran 26 hingga 30 derajat. Hal ini harus sangat diperhatikan untuk membuat Ikan Arwana Super Red menjadi betah dan nyaman.

  1. Siapkan Indukan Arwana

Hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mempersiapkan Indukan Arwana yang terbaik. Yang patut diperhatikan adalah ketika memutuskan untuk merawat maupun budidaya Ikan Arwana Super Red adalah harga yang tidak murah. Namun tentunya hal ini sebanding dengan hasil panennya nanti.

Setelah itu, persiapkan Induk dengan memisahkannya dengan Ikan Arwana lainnya. Hal ini untuk tidak menganggu pertumbuhan dan pengembangbiakan nantinya.

  1. Waktunya Pengembangbiakkan

Pengembangbiakan sudah bisa dilakukan ketika Ikan Arwana Betina telah menemukan pasangannya yaitu Ikan Arwana Jantan.

Disaat seperti inilah, pasangan Ikan Arwana tersebut sudah bisa dimasukan ke dalam kolam khusus. Namun yang harus diperhatikan adalah Ikan Arwana yang sudah bisa dipisahkan dan dikembangbiakan adalah Ikan Arwana yang sudah berpasangan.

Sedangkan untuk memastikan bahwa Ikan Arwana sudah berpasangan adalah dengan melihat gerak-geriknya. Yaitu Ikan Arwana betina dan Ikan Arwana Jantan yang terlihat selalu berenang berdampingan dan terlihat tidak bisa dipisahkan.

Maka sudah dipastikan Ikan Arwana tersebut telah menjadi pasangan. Sehingga sudah siap untuk dimasukan ke dalam kolam khusus.

  1. Pembesaran Benih

Biasanya Ikan Arwana betina dan Ikan Arwana Jantan yang telah dimasukan ke dalam sebuah kolam khusus maka akan kawin dan segera menghasilkan telur.

Dimana telur yang telah dikeluarkan akan segera dimasukan ke dalam mulut Ikan Arwana jantan. Bukan untuk dimakan namun untuk dijaga hingga menetas nantinya. Setelah benih menetas maka tunggu hingga Ikan Arwana tersebut berukuran hingga 12 cm.

Sedangkan untuk Ikan Arwana yang masih belum mencapai ukuran tersebut bisa dibantu dengan memberikan makanan pembantu seperti cacing pita. Setelah Ikan Arwana berukuran 12 cm maka segera pindahkan ke kolam khusus.

Karena apabila ini tidak segera dilakukan maka Ikan Arwana ini ditakutkan akan menjadi makanan dari Ikan Arwana besar lainnya. Hal ini tidak lepas karena Ikan Arwana adalah jenis Ikan pemakan segalanya tidak terkecuali dari jenisnya sendiri.

Baca Juga : Cara Budidaya Ikan Gabus

Loading...
Loading...
Cara Budidaya dan Merawat Ikan Arwana Super Red Untuk Pemula | ilmuhewan | 4.5