Cara Budidaya dan Merawat Hewan Unik Blue Tongued Skink (Kadal Panana)

By On Sunday, November 27th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Ternak Hewan Blue Tongued Skink (Kadal Panana) – Pada masa sekarang ini, makin banyak hewan yang bisa dijadikan peliharaan.

Hal tersebut tidak lepas karena makin tersedianya berbagai variasi hewan untuk dipelihara. Mulai dari Kucing, Anjing bahkan hingga Kadal.

Tentunya untuk jenis Kadal bukannya kadal jenis biasa yang menjadi favorit untuk dijadikan peliharaan.

hewan-unik-di-budidayakan

Dimana salah satu jenis Kadal yang paling menjadi favorit untuk dijadikan peliharaan maupun dibudidayakan adalah jenis Blue Tongued Skink.

Baca Juga : Cara Ternak dan Memelihara Bunglon (Chameleon) Untuk Pemula

Atau ada beberapa pihak yang lebih suka menyebutnya dengan sebutan Kadal Panana. Kadal Panana sendiri memiliki tampilan yang sangat unik.

Bahkan apabila dilihat sekilas maka Kadal Panana menyerupai bentuk seperti ular besar. Sehingga tidak heran apabila banyak pihak yang ingin berbudidaya dan merawat hewan tersebut. Untuk itulah, berikut ini akan dijelaskan cara budidaya dan merawat hewan unik Blue Tongued Skink (Kadal Panana):

  1. Siapkan Kandang yang Nyaman

Hal pertama yang harus diperhatikan untuk merawat Kadal Panana adalah menyiapkan kandang yang nyaman.

Dimana untuk tiap ukuran dari Kadal Panana maka memiliki ukuran kandang yang khusus. Sehingga tidak semua ukuran Kandang bisa untuk semua usia Kadal Panana.

Dimana Kadal Panana yang masih berukuran kecil bisa ditempatkan di kandang dengan ukuran 60x40x30 sedangkan untuk Kadal Panana yang telah memasuki usia dewasa bisa ditempatkan di kandang dengan ukuran 100x60x50.

Dan tentunya yang tidak bisa dilupakan adalah siapkan tempat minum dan makan di dalam kandang. Selain itu usahakan alas dari kandang menggunakan Koran dan tidak menggunakan pasir. Karena biasanya Kadal Panana akan merusak bahkan memakan pasir tersebut.

  1. Siapkan Makanan

Langkah selanjutnya adalah pemberian makan yang secara teratur. Yaitu pemberian dilakukan secara dua kali dalam sehari yaitu pagi dan sore hari.

Dimana Kadal Panana sendiri adalah jenis hewan omnivora atau pemakan segalanya. Sehingga makanan yang bisa diberikan kepada Kadal Panana bisa bervariasi yang artinya tidak satu jenis saja.

  • Sayuran: Wortel dan Kangkung
  • Buah: Pepaya dan Melon
  • Daging: Jangkrik dan daging ayam.
  1. Ganti Kulit

Layaknya reptil lainnya yang mengganti kulit dalam rentang waktu tertentu nyatanya Kadal Panana juga melakukan hal yang sama.

Yaitu pergantian Kulit yang biasanya dilakukan dalam satu bulan sekali. Pergantian kulit sendiri sangat penting bagi Kadal Panana untuk tetap memiliki tubuh dan kulit yang higeinis dan juga terjaga.

Namun ternyata pergantian kulit yang dilakukan oleh Kadal Panana membutuhkan bantuan. Dimana seringkali Kadal Panana gagal dalam melakukan pergantian kulit.

Yang bahkan fatalnya bisa mengakibatkan Kadal Panana kehilangan jarinya ketika pergantian kulit gagal dilakukan.

Untuk itulah ketika Kadal Panana tengah berganti kulit maka kita bisa memberikan bantuan agar proses pergantian kulit tersebut berhasil dan tidak perlu kehilangan jarinya.

  1. Menggunakan Lampu UVB

Binatang reptile biasanya membutuhkan sinar matahari untuk mengeringkan kulit dan memberikan energi yang dibutuhkan.

Biasanya kebutuhan ini bisa terpenuhi dari sinar matahari. Namun tentunya hal ini akan sangat merepotkan apabila kita merawat Kadal Panana di dalam kandang. T

api tenang saja, hal ini bisa disiasati dengan menggunakan Lampu UVB. Dimana lampu UVB ini memiliki fungsi yang hampir sama dengan sinar matahari.

Yaitu memberikan kehangatan dan juga mmeberikan efek vitamin yang dibutuhkan oleh Kadal Panana. Apalagi Lampu UVB ini cukup mudah untuk bisa ditemukan.

Baca Juga : Beberapa Jenis dan Macam Ayam Birma

Loading...
Loading...
Cara Budidaya dan Merawat Hewan Unik Blue Tongued Skink (Kadal Panana) | ilmuhewan | 4.5