Cara Budidaya belut dengan air bersih ( tanpa lumpur)

By On Tuesday, December 13th, 2016 Categories : Info Lainnya

Cara Budidaya belut dengan air bersih ( tanpa lumpur) – Budidaya belut menggunakan media air bersih merupakan metode ternak belut yang cukup effektif daripada budidaya belut  yang menggunakan lumpur sebagai medianya.

Ada beberapa nilai plus dari budidaya belut menggunakan air bersih yaitu memudahkan dalam mengkontrol kesehatan belut agar tetap sehat dan tidak mudah mati.

Jika belut terserang penyakit maka kita akan tau dengan cepat karena dengan media yang kasat mata.

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Budidaya Belut

Selain itu anda juga lebih praktis dalam membuat media seperti kolam yang proporsional untuk dijadikan tempat budidaya belut yang bagus agar produksi belut terus meningkat dan permintaan pasar bisa terpenuhi dengan baik.

Budidaya belut dengan cara ini sangat bagus dan membuat produktifitas belut menjadi meningkat hingga kurang lebih 30 kali lipat jika dibandingkan dengan media lumpur.

Budidaya belut di air yang bersih bisa memberikan perlindungan pada belut tersebut. Dalam Budidaya belut menggunakan media air bersih bisa diberikan benih belut sekitar 30kg sehingga budidaya belut menggunakan air bersih bisa lebih banyak dan lebih menguntungkan.

Dengan menggunakan air maka bisa mengurangi angka kematian belut.

Budidaya belut pada air bersih lebih menguntungkan bagi para petani belut. Terlebih lagi dengan metode ini bisa lebih mudah untuk diaplikasikan.

Anda bisa menambahkan beberapa media hidup  yaitu pelepah pisang atau pupuk kompos yang mudah untuk difermentasikan.

Metode budidaya belut ini kini menjadi tren masa kini melihat dari permintaan belut yang terus meningkat membuat para petani belut memilih menggunakan metode ini.

Ada banyak kelebihan dari sistem budiaya belut menggunakan media air bersih yaitu pertumbuhan belut bisa tampak dan mudah dikontrol sehingga mereka bisa tumbuh dengan maksimal.

Jumlah belut yang bisa dibudidayakan menggunakan media air bersih ini bisa lebih banyak dibandingkan dengan penggunaan lumpur sebagai media budidaya belut ini.

Anda harus mendesain kolam yang akan digunakan untuk budidaya belut sebaik mungkin. Anda bisa menggunakan terpal jika anda menginginkan harga yang ekonomis. Anda harus memberikan media yang bisa digunakan untuk bersembunyi belut yaitu seperti batu bata yang bisa digunakan belut untuk bersembunyi. Dalam pemilihan air pada budidaya belut ini sangat penting.

Anda bisa memilih air yang bersih sehingga pembesaran belut bisa maksimal. Anda bisa menggunakan pengairan dari sumur anda yang bagus untuk digunakan karena alami dan tidak mengandung bahan berbahaya. Selain itu anda juga bisa lebih menghemat budget anda.

Baca Juga : Klasifikasi dan Anatomi Belut

Loading...
Cara Budidaya belut dengan air bersih ( tanpa lumpur) | ilmuhewan | 4.5