Cara Beternak Burung Walet Agar Sarangnya Banyak

By On Thursday, December 1st, 2016 Categories : Uncategorized

Cara Beternak Burung Walet – Sebelum memulai usaha peternakan burung walet dan dapat menghasilkan sarang burung walet yang bermutu tinggi, langkah pertama yang mesti dilakukan adalah membuat tempat tinggal bagi burung walet yang akan dijadikan tempat bersarang.

Secara teori pembuatan tempat tinggal bagi burung walet memang terihat mudah,  tapi bagi para peternak yang baru memulai usaha pasti merasa membingungkan.

Akan tetapi harga sarang burung walet yang sangat tinggi tentu menjadi daya pikat tersendiri, sehingga para pemula harus giat berusaha dalam memulai usaha pengembang biakan sarang burung walet.

sarang-waleet

Dalam memulai usaha peternakan walet, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan  agar burung walet sarangnya banyak. Hal-hal tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Proses pembuatan tempat tinggal burung walet

Seperti yang dijelaskan sebelumnya pembuatan tempat tinggal adalah hal utama yang harus dipersiapkan sebelum memulai usaha peternakan burung walet.

Kondisi tempat tinggal burung walet yang mumpuni akan memancing burung walet untuk membuat sarang didalamnya.

Yang patut diketahui dan dicermati adalah tempat tinggal yang disukai oleh Burung walet  sebenarnya sama dengan tempat tinggal yang di sukai oleh burung sriti.

Oleh karenanya, langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tempat tinggal bagi burung sriti terlebih dahulu.

Tempat tinggal bagi burung sriti bisa  dibuat dengan menggunakan batu bata yang disusun dan dicor mirip dengan bangunan rumah, tetapi suhu ruangan didalamnya harus dibuat lembab.

Jika sarang burung sriti sudah jadi, tanda keberhasilan akan bisa mulai terlihat apabila ada beberapa burung sriti yang tertarik dan hinggap di bangunan tersebut. Burung Sriti ini akan tinggal menetap disana, membuat sarang dan akhirnya bertelur.

Setelah Burung Sriti bertelur, tugas peternak selanjutnya adalah mengganti telur burung sriti dengan telur burung walet.

Tujuannya adalah jika burung sriti mengerami telurnya,  telur yang sudah diganti itu akan menetas jadi anakan burung walet.  Apabila anakan burung walet itu sudah besar maka dapat dipastikan dia akan membuat sarangnya disana.

  1. Pembibitan burung walet anakan dari telur

Telur burung walet bisa didapatkan/dibeli dari pasar burung atau dapat juga dibeli secara online. Harga telur burung walet bervariasi, tergantung harga jual di masing-masing tempat.  Untuk 30 buah telur walet, biasanya di hargai sekitar 200 ribu rupiah namun ini tidak mutlak.

Dalam meletakkan telur harus dilakukan dengan hati hati dengan mengggunakan tangan yang dilaburi kotoran agar burungnya tidak menyadari keberadaan bau tangan manusia.

Setelah telur burung walet diletakkan dalam sarang Sriti, langkah selanjutnya adalah memodifikasi tempat burung tersebut.

Caranya bisa dengan memberikan plat alumunium yang diletakkan di sudut atap. Hal ini dilakukan karena burung walet biasanya menyukai plat alumunium untuk membuat sarangnya.

  1. Pengembangan dan Perawatan tempat tinggal walet

Pengembangan dan perawatan rumah walet dapat dilakukan dengan membersihkan kotoran burung setiap 3 minggu sekali dengan sekop atau alat kebersihan lainnya sampai bersih.

Jangan sering-sering dilihat agar burung walet kerasan dan mau mengajak teman-temannya membuat sarang disana.

Baca Juga : Cara Memanen Sarang Burung Walet Yang Benar dan Tidak Rusak

Cara Beternak Burung Walet Agar Sarangnya Banyak | ilmuhewan | 4.5