Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Cara Berkembangbiak Hewan Anjing Laut

By On Saturday, January 7th, 2017 Categories : Ternak Hewan

Cara Berkembangbiak Hewan Anjing Laut – Spesies anjing laut memang sangat jarang dijumpai di kawasan Indonesia. Bahkan, anjing laut memang tidak ada di benua Asia.

Kalau pun ada, mungkin hanya bertempat tinggal di kebun binatang atau rumah konservasi satwa khusus anjing laut.

Dalam bahasa latin, anjing laut juga dikenal dengan sebutan Pinni pedia. Senang hidup berkoloni dan tinggal di daerah perairan lepas atau lautan di seluruh dunia.

Baca Juga : Sistem Pencernaan makanan pada Hewan Menyusui

Uniknya, beberapa spesies juga diketemukan tinggal di sebuah danau, tepatnya di Siberia, yaitu danah Baikal.

Anjing laut termasuk karnivora

Hewan yang sering dijumpai hanya lewat layar kaca atau kanal Discovery Channel ini, merupakan jenis hewan perairan yang memakan daging.

Mengingat kondisi yang berada di dekat lautan, anjing laut berburu ikan-ikan kecil atau mangsa dari lautan. Selain ikan-ikan kecil, anjing laut juga senang dengan jenis kerang-kerangan, cumi-cumi atau satwa laut kecil lain untuk dimangsa.

Anjing laut perenang yang handal

Tubuh anjing laut didesain begitu sempurna untuk berenang dengan kecepatan yang melesat cepat bak sebuah peluru raksasa.

Tubuhnya juga licin dan fleksibel dapat meliuk-liuk untuk melemparkan mangsa-mangsanya ke atas udara dan meremukkan tulang-tulang musuhnya.

Menurut sebuah penelitian, kecepatan berenang anjing laut bahkan mampu mencapai 60 km per jam. Dalam sebuah studi, anjing laut sempat terekam dapat menghindari kejaran paus pembunuh atau Orcinus Orca yang bertubuh raksasa. Kecepatan berenang yang handal inilah yang dapat menjadikan anjing laut salah satu perenang tercepat di lautan.

Selain menghindar dari kejaran musuh, anjing laut juga memiliki tubuh yang mengecil di bagian belakang seperti sirip.

Desain tubuh ini memudahkan anjing laut untuk menukik ke dasar lautan guna menyelam dan mencari mangsa. Tercatat, anjing laut dapat menyelam hingga jarak hampir 1 km ke dasar lautan hanya dalam waktu 30 menit.

Cara Berkembangbiak Hewan Anjing Laut

Sebagai makhluk mamalia, hewan anjing laut berkembang biak dengan cara melahirkan dan menyusui anak-anaknya.

Ketika anjing laut melahirkan, biasanya akan berada di pesisir atau daratan hingga si kecil mampu berdiri sendiri atau setidaknya bisa berjalan  dan berenang di sekitar induknya.

Sang induk anjing laut akan terus berada di sekitar anaknya sampai kira-kira sang anak dirasa mampu untuk bertahan hidup pada usia sekitar 2 tahun.

Sebelumnya, kegiatan musim kawin anjing laut dimulai ketika musim kawin tiba. Dalam kegiatan ini, kawanan anjing laut berkumpul dalam satu pulau dan bergabung dengan koloni yang lain untuk menemukan pasangan dan kawin.

Tidak jarang, anjing laut jantan beradu kekuatan untuk menunjukkan superioritas dan memenangkan sejumlah anjing laut betina.

Siapa yang paling kuat, maka akan lebih mudah berkawin dan berkembang biak. Pertumpahan darah pun tidak terelakkan, karena anjing laut jantan dengan bobot bisa mencapai lebih dari 1 ton saling beradu tubuh dan bertubrukan hingga sang lawan roboh atau mati.

Untuk setiap rata-rata kehamilan anjing laut betina, hanya bisa melahirkan 1 anjing laut. Itu pun terkadang harus siap dengan risiko diburu oleh ikan paus ataupun ikan hiu yang mengincar bayi-bayi anjing laut yang masih muda dan gampang diburu. Masa kehamilan anjing laut betina bisa mencapai 8 bulan hingga 12 bulan.

Fakta-fakta tentang anjing laut

  • Masa menyusui

Selama menyusui anaknya, anjing laut betina melakukan proses mamalia atau menyusui hingga 2 tahun sama seperti manusia.

Tetapi, ada juga yang menyusui anaknya hanya dalam hitungan minggu karena berbagai faktor seperti adanya ancaman predator maupun migrasi.

  • Hidup hingga 36 tahun

Anjing laut ternyata memiliki usia yang relatif berumur panjang hampir separuh manusia. Rekor terpanjang usia anjing laut yang pernah tercatat adalah selama 36 tahun.

Anjing laut yang berjenis kelamin jantan memiliki ukuran tubuh yang lebih besar dari pada anjing laut betina. Sangat mudah untuk membedakan jenis kelamin anjing laut, kan?

  • Anjing laut bisa berbobot 2,2 ton dan panjang 4 meter

Mengingat makanan yang berlemak dan tidak banyak aktivitas, tidak heran jika anjing laut bisa mencapai bobot hingga 2, 2 ton dan berukuran panjang 4 meter.

Baca Juga ; Cara Mengatasi dan Mengobati Penyakit Toxoplasma pada Anjing Peliharaan

Loading...
Cara Berkembangbiak Hewan Anjing Laut | ilmuhewan | 4.5