Cara Alami Untuk Mengusir Tikus di Rumah

By On Thursday, January 26th, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara Alami Untuk Mengusir Tikus di Rumah – Siapa yang tidak tahu tikus? Salah satu hewan berbulu yang sering tinggal pada daerah kumuh atau kotor seperti tempat pembuangan air atau got.

Namun ada sebagian tikus yang tinggal di rumah – rumah dan mengganggu ketentraman pemilik rumah apalagi selain mengganggu tikus ini dapat juga menyebarkan penyakit pes.

Baca Juga : Pengertian dan Cara Mengobati Penyakit Zoonosis Pada Hewan Peliharaan

Untuk itu perlu dilakukan pembasmian terhadap para tikus, caranya bisa secara alami ataupun secara kimiawi. Kali ini saya akan berbagi beberapa cara untuk mengusir tikus secara alami :

  1. Memelihara kucing

Salah satu musuh tikus adalah kucing, seperti pada film kartun Tom and Jerry, maka anda bisa memelihara kucing baik betina maupun jantan.

Karena ketika para tikus mendengan suara kucing merka akan merasa ketakutan dan pergi, apalagi ketika kucing bertemu dengan tikus bisa – bisa mereka dimangsa.

  1. Memelihara jangkrik

Salah satu cara mengusir tikus secara alami adalah dengan memelihara jangkrik dan pilihlah jenis jangkrik yang untuk aduan dan jangkrik yang memiliki suara tidak terlalu nyaring.

Walaupun suara tak terlalu nyaring itu dapat mengganggu pendengaran si tikus dan tikus akan pergi, karena tikus – tikus ini  tak menyukai area yang ramai penuh dengan kebisingan. Tempatkanlah jangkrik pada area dimana tikus sering lewat atau tinggal.

  1. Menggunakan kapur barus

Seringkan mendengar kapur barus? Biasanya yang ditempatkan di lemari – lemari pakaian untuk menghilangkan bau pengap misalnya.

Kali ini kapur barus dapat dimanfaatkan untuk mengusir para tikus dari rumah, dengan memanfaatkan bau wangi yang dimilikinya, apalagi si tikus tak menyukai bau yang wangi. Tempatkan kapur barus pada tempat – tempat yang sering didatangi tikus.

  1. Menggunakan buah mengkudu

Salah satu buah yang dapat dimanfaatkan untuk mengusir tikus adalah buah mengkudu, caranya adalah dengan cara menumbuk atau menghancurkan hingga halus dan mencampurkan menggunakna air, baru kemudian disiramkan pada tempat yang kerap kali di lalui tikus atau tempat sarang tikus. Cara ini sangatlah cocok untuk diterapkan pada area gudang maupum sawah.

  1. Menggunakan kulit durian

Ketika musim durian tiba, sering kali anda mengkonsumsinya bukan? Terutama bagi para pecinta durian. Sebelum anda membuang kulitnya ke tempat sampah saat mengkonsumsi durian, ternyata anda bisa memanfaatkannya untuk mengusir tikus, apalagi si tkus tidak suka dengan aroma kas durian yang menyengat ini. Jadi siapkan irisan kulit durian dan tempatkan pada daerah yang sering di lalui oleh tikus.

  1. Daun mint

Memang benar daun mint memiliki manfaat untuk kesehatan, tapi ternyata daun mint juga memiliki manfaat untuk mengusir tikus karena aroma yang dimilikinya. Lagi – lagi tikus tak menyukai aroma daun mint, jadi sangat disarankan untuk menggunakan daun mint.

Caranya dengan menyiapkan 1 atau 2 ikat daun mint dan ambillah sarinya kemudian campur dengan air. Setelah itu anda bisa menyemprotkan larutan tersebut pada area yang sering dilewati maupun didatangi oleh tikus. Jika anda tidak memiliki pohonnya, anda bisa membeli dan menanamnya disekitar rumah.

  1. Saus cabai, detergen pakaian dan air

Anda bisa memanfaatkan saus cabai , detergen pakaian yang di campur dengan air untuk emngusir tikus. Caranya dengan mencampurnya dalam botol spray misalnya kemudian anda bisa menyemprotkan ke tikus saat lewat dan tikus akan merasa panas.

Sebaiknya anda berhati – hati ketika menggunakan cara ini karena sangat berbahaya terutama bagi mata anda.

Baca Juga : Pengertian dan Definisi Hewan Nokturnal

Cara Alami Untuk Mengusir Tikus di Rumah | ilmuhewan | 4.5