Cara agar marmut cepat hamil  

By On Friday, June 23rd, 2017 Categories : Info Lainnya

Cara agar marmut cepat hamil  – Marmut merupakan sejenis binatang pengerat yang dalam bahasa inggris dikenal sebagai guinea pig walaupun marmot tidak ada hubungannya dengan pig atau babi.

Marmut sering sekali disamakan dengan hamster padahal satu sama lainnya berbeda. Ukuran tubuh marmot cenderung lebih besar ketimbang ukuran tubuh hamster yang paling besar hanya berukuran 5 cm sedangkan marmot bisa 5 kali lipat dari ukuran tubuh hamster.

Hamster memiliki kantung penyimpanan makanan di mulutnya, namun marmot tidak memilikinya. Ada fakta menarik yang tidak banyak diketahui oleh orang-orang mengenai marmot yaitu marmot sangat membutuhkan vitamin c, apabila marmot kekurangan vitamin c akibatnya sangat fatal yaitu kematian.

Baca Juga : Hal Penting Yang Harus diperhatikan Sebelum Memelihara Hewan Marmut

Marmut memiliki kebiasaan untuk menggerogoti kayu untuk menghambat pertumbuhan gigi marmot karena semakin panjang gigi marmot akan menyulitkannya untuk mengunyah makanan.

Di Indonesia, marmot sering sekali dijadikan hewan peliharaan. Tidak hanya dijadikan hewan peliharaan, beberapa orang memanfaatkan marmot sebagai penghasilan yang menjanjikan karena pembudidayaan marmot sangat menjanjikan di Indonesia.

Marmot betina memiliki kemampuan mengandung  hingga 6 ekor anak marmot dengan periode berkisar 58 hingga 73 hari.

Angka kematian bayi marmot saat kehamilan sangat tinggi yaitu sebesar 20 persen hal ini disebabkan karena marmot rentan terkena penyakit toksemia.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar kehamilan marmot berhasil. Berikut ini adalah beberapa tips agar marmot dapat cepat hamil:

  1. Betina yang terlalu gemuk lebih berisiko tinggi terhadap toksemia dimana toksemia dapat menyebabkan kematian pada janin marmot. Oleh karena itu sebaiknya berilah marmot makanan dan minuman yang secukupnya saja jangan sampai berlebihan agar kehamilan marmot berhasil dan tidak terkena toksemia akibat terlalu gemuk. Pada dasarnya, marmot memiliki sifat mudah kawin dan mudah hamil, namun kehamilan marmot pun itu sangat rentan terhadap penyakit.
  2. Marmot jantan bisa matang secara seksual mulai dari umur 3 minggu dan marmot betina dapat matang secara seksual mulai dari umur 4 minggu. Jika umur marmot jantan dan betina sudak cukup matang, dekatkan kandang marmot jantan dan betina agar mereka mengenal satu sama lain. Ketika sudah terlihat tanda-tanda mereka sudah siap kawin, barulah menyatukan marmot jantan dan marmot betina ke dalam satu kandang.
  3. Apabila marmot betina dan jantan sudah cukup umur, satukan marmot jantan dan marmot betina yang akan di kawinkan ke dalam kandang agar marmot jantan kawin dengan marmot betina.
  4. Kandang yang bersih akan mempercepat proses kawin pada marmot. Oleh karena itu, jaga kebersihan kandang marmot dengan melakukan pembersihan kotoran-kotoran yang ada di kandang marmot, membersihkan tempat tidur dan tempat makan marmot, mencuci bersih kandang marmot dan lain sebagainya.
  5. Agar marmot betina cepat hamil, anda perlu memberikan asupan pakan yang baik dan benar kepada marmot misalnya rutin memberikan vitamin c, asupan pakan yang cukup dan memiliki gizi yang baik. Yang perlu diperhatikan jangan memberikan pakan terlalu berlebihan agar marmot tidak obesitas.
  6. Setelah proses kawin pada marmot terjadi, segera pisahkan induk hamster jantan dengan induk hamster betina untuk mencegah marmot jantan mengganggu kehamilan marmot betina.
  7. Jika marmot sudah berhasil melahirkan bayi marmot, segera pisahkan bayi marmot tersebut dari kandang marmot betina untuk mencegah marmot betina memakan bayinya karena pada dasarnya marmot bersifat kanibal sama halnya seperti hamster.

Itulah beberapa informasi mengenai tips-tips agar marmut cepat hamil semoga informasi diatas dapat bermanfaat bagi pembaca.

Baca Juga : Cara Pengendalian Hama dan Penyakit Pada Hewan Marmut

Loading...
Loading...
Cara agar marmut cepat hamil   | ilmuhewan | 4.5