Cara Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Pekarangan Rumah

By On Friday, November 18th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Cara Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Pekarangan Rumah – Pekarangan merupakan sepetak bagian tanah atau sebidang tanah yang terletak disekitar lingkungan rumah, baik yang letaknya di samping, di depan, maupun di belakang bangunan rumah.

Lokasi pekarangan ini tergantung dari seberapa luas sisa tanah yang tersisa setelah dipergunakan untuk bangunan utama.

Tujuan dibuatnya pekarangan rumah adalah sebagai tempat unuk area bermain anak – anak, acara pertemuan keluarga, tempat beristirahat, dan juga ada yang difungsikan sebagai lahan untuk menanam berbagai jenis tanaman.

merusak-rumah

Baca Juga : Hewan Berikut Ini Memiliki Perlindungan Diri Paling Menakjubkan

Tanaman yang ditanam disekitar lingkungan rumah berguna untuk mempercantik pekarangan rumah selain dapat membuat rumah tampak lebih asri dan sejuk.

Namun, terkadang banyak bermunculan masalah karena hewan peliharaan sering masuk ke dalam pekarangan rumah sehingga merusak tanaman yang ada.

Apabila hal ini dibiarkan begitu saja, maka akan membuat suasana disekitar pekarangan rumah menjadi  tidak asri lagi atau tidak indah. Berikut ini akan dijelaskan beberapa tips atau cara agar hewan peliharaan tidak merusak pekarangan rumah.

  1. Mulai dengan menanam tanaman atau tumbuhan yang besar

Tujuan dengan menanam tumbuhan dengan ukuran yang besar agar hewan peliharaan yang ada disekitar pekarangan rumah tidak akan merusak beberapa tanaman di halaman.

Sebagai contoh, dengan menanam tumbuhan besar seperti pohon mahoni atau pohon pinus. Dengan adanya pohon seperti pinus atau mahoni ini maka hewan peliharaan tidak akan mudah merusak pekarangan rumah.

  1. Sediakan pasir

Salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengalihkan perhatian hewan peliharaan agar tidak merusak tanaman yang ada di pekarangan rumah adalah dengan menyediakan pasir didekat halaman rumah. Terlebih lagi jika hewan peliharaan itu seperti kucing, kucing sangat menyukai bermain di pasir.

  1. Manfaatkan kulit jeruk

Kulit jeruk memiliki aroma yang cukup menyengat yang pada umumnya tidak disukai oleh hewan peliharaan. Sehingga salah satu cara yang bisa digunakan agar hewan peliharaan tidak akan merusak halaman rumah yaitu menggunakan kulit jeruk yang dicincang tipis lalu disebarkan secara merata di halaman atau pekarangan rumah.

  1. Menanam tanaman dengan bau menyengat

Tanaman dengan bau yang menyengat mampu membuat hewan peliharaan tidak berani masuk ke pekarangan rumah. Contoh tanaman yang memiliki bau yang menyengat adalah serai.

  1. Menyiram halaman rumah setidaknya dua kali dalam sehari

Tanaman atau tumbuhan yang basah akan membuat hewan peliharaan merasa enggan untuk menginjaknya karena basah atau lembab.

Oleh karena itu, cobalah untuk menyiram tanaman yang ada di pekarangan rumah sebanyak 2x sehari menggunakan selang air sehingga dapat mambasahi seluruh permukaan tanaman.

Selain itu dengan rutinnya dilakukan penyiraman pada tanaman dipekarangan rumah maka juga akan membantu untuk mengurangi debu – debu yang ada di permukaan halaman pekarangan rumah.

  1. Membuat kandang khusus atau rumah bagi hewan peliharaan

Salah satu cara yang bisa dilakukan agar hewan peliharaan tidak meurusak pekarangan rumah adalah dengan membuatkan sebuah rumah khusus atau kandang yang nyaman untuk ditinggali oleh hewan peliharaan.

Usahakan letak kandang hewan peliharaan atau rumah hewan peliharaan ini jauh dari pekarangan rumah yang menjadi sumber fokus utama.

Hal ini bisa dilakukan untuk mencegah hewan peliharaan jika akan berkeliaran diluar kandangnya sehingga tidak merusak pekarangan rumah.

  1. Memberi batas atau pagari tanaman yang ada di pekarangan rumah

Pekarangan rumah yang diberi pagar akan membuat hewan peliharaan tidak akan bisa untuk merusak pekarangan rumah, karena sudah terdapat pemisah.

Baca Juga : Cara Ternak Hewan Angsa Untuk Pemula

Loading...
Loading...
Cara Agar Hewan Peliharaan Tidak Merusak Pekarangan Rumah | ilmuhewan | 4.5