Burung yang tidak bisa terbang

By On Friday, August 25th, 2017 Categories : Burung

Burung yang tidak bisa terbang – Burung. Kita semua pasti tahu jenis binatang yang satu ini. Dan beberapa dari kita mungkin senang memelihara atau sekedar gemar melihat burung.

Ada kesenangan tersendiri ketika melihat burung, yaitu burung bisa terbang bebas dan tinggi. Burung juga bisa dilihat dari kicauannya yang merdu.

Tak heran jika banyak kontes yang menjadikan burung sebagai bagian dari perlombaan dengan bebagai kriteria tertentu, seperti bulu yang indah, kemampuan terbang dan suara kicauan yang merdu.

Burung sendiri merupakan jenis hewan bertulang belakang, yang memiliki paruh, sayap, bulu, cakar, yang berkembang biak dengan cara bertelur.

Burung sendiri bermacam-macam ukurannya, mulai dari burung kolibri yang besarnya hanya 5 cm, sampai burung unta yang bisa mencapai hampir 3m.

Burung sendiri banyak spesies dan kelasnya, mencapai 10.000 spesies yang semakin hari semakin terancam punah karena banyak hal, sebagian besar karena aktivitas manusia yang mengancam keberadaan dan habitat burung.

Diperkirakan ratusan jenis burung sudah punah spesiesnya.

Burung sendiri diperkirakan merupakan jenis spesies yang dilengkapi dengan sayap, sehingga memudahkan burung untuk terbang.

Sistem aeordinamika sayap yang digunakan oleh barang, kemudian ditiru oleh manusia untuk menciptakan alat transportasi udara. Alangkah senangnya melihat burung dapat terbang bebas.

Tapi tahukah kamu ada burung tertentu yang tidak bisa terbang? Burung yang dikenal sebagai flightless bird ini kehilangan kemampuan untuk terbang karena evolusi.

Burung apa sajakah itu? Berikut daftar burung yang tidak bisa terbang.

  1. Dodo

Pernah menonton film Up? Film keluaran Pixar tentang petualangan Russel dan Carl Frederiksen ini, bercerita tentang petualangan seorang Carl dengan naka muda yang bernama Russel, kembali ke kota tempat mereka berasal, setelah sebelumnya mereka berjalan-jalan dengan rumah yang terbang dengan ribuan balon.

Pasti tahu karakter Kevin, burung berwarna-warni yang memiliki anak.

Nah, burung Dodo kurang lebih seperti Kevin, namun lebih cebol dan tambun. Tingginya hanya mencapai 1 meter, dengan berat maksimal 17 kilogram. Burung ini berada di kepulauan Mauritius.

Keberadaan Dodo juga masih diragukan sebenarnya, namun karena penemuan fosil, burung ini diperkirakan pernah ada dan spesiesnya punah.

Burung ini tidak dapat terbang. Burung ini memakan kacang-kacangn, akar dan benih. Burung Dodo ini diperkirakan tidak dapat terbang karena habitat di pulau Mauritius tidak ada predatornya, sehingga burung Dodo lebih nyaman mencari makanan di daratan.

Burung Dodo juga diperkiran tidak memiliki rasa takut terhadap manusia, oleh pengamatan para pelaut di abad ke 16 yang mendarat di tempat habititat Dodo.

  1. Penguin

Pernah menonton film Madagaskar? Pasti dibuat tertawa oleh karakter Penguin, yang diceritakan sebagai agen mata-mata. Atau film Surfs? Penguin sendiri merupakan jenis burung akuatik, yang tidak dapat terbang.

Ketidakmampuan penguin untuk terbang ini disebabkan oleh desain sayap dan cakar yang lebih cocok untuk berenang. Burung penguin ada di sekitar Kutub Selatan, daerah Australia Selatan dan Amerika Selatan.

Penguin sendiri merupakan burung yang hanya bisa hidup di daerah yang dingin.

Burung ini ditutupi dengan bulu yang lebat. Bulu lebat ini dipercaya tumbuh untuk membantu Penguin menyesuaikan diri dengan lingkungan yang dingin. Penguin bisa berenang di air yang dingin.

Cukup aneh bukan, dimana jenis burung seharusnya terbang, penguin justru berenang. Makanan penguin adalah jenis ikan dan spesies yang hidup di laut. Burung penguin memiliki cara jalan yang lucu, dan hewan yang sering bergerombol.

Bagaimana? Itu tadi daftar burung yang tidak bisa terbang.

Loading...
Loading...
Burung yang tidak bisa terbang | ilmuhewan | 4.5