Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Tips Budidaya dan Merawat Ikan Arapaima

By On Monday, August 28th, 2017 Categories : Perikanan

Budidaya dan Merawat Ikan Arapaima – Apakah Anda hobi memelihara ikan? Ada jenis ikan yang tengah gandrung dipelihara oleh para pembudidaya ikan, yaitu ikan Arapaima.

Ikan Arapaima, yang disebut juga sebagai ikan Piracucu, Arapaima gigas, merupakan ikan yang berasal dari America Selatan, dan Sungai Amazon.

Ikan Arapaima bisa mencapai ukuran 3 meter panjangnya. Ikan Arapaima masih satu family dengan ikan Arwana yang lebih dulu banyak yang menggandrungi.

Di Amazon sendiri, ikan Arapaima dikonsumsi oleh warga sekitar, dan hampir punah karena terlalu banyak dipancing dan kondisi habitat yang mulai memburuk.

Kata piracucu berasal dari “pira” yang artinya ikan dan “urucum” yang artinya merah, sesuai dengan kondisi beberapa jenis ikan Arapaima yang berwarna kemerahan.

Arapaima sendiri terkenal sebagai ikan raksasa karena ukurannya yang bisa membesar, dan hewan-hewan yang ada di daerah Amazon memang terkenal karena ukuran, bentuk dan karakteristik yang sedikit berbeda dibandingkan binatang pada umumnya.

Ikan Arapaima berbentuk seperti ikan lele, pipih memanjang, seperti torpedo, atau ular, dengan warna yang berbeda-beda. Ada yang berwarna abu-abu, ada yang berwarna agak hijau dengan corak merah.

Struktur tubuhnya sendiri terdiri dari kulit luar yang dimodifikasi sehingga kulitnya cukup keras, serta insang yang memiliki swim bladder, membantu Arapaima untuk bernafas.

Arapaima sering melompat keluar dari permukaan air jika merassa terancam, dan Arapaima pun sering muncul di permukaan air untuk bernafas dan mencari mangsa.

Makanan Arapaima adalah berbagai jenis udang-udangan, ataupun jenis binatang yang darat yang kebetulan melintas di habitat aslinya.

Pada 2015, menurut Liputan6.com, ditemukan seekor Arapaima dengan panjang 2 meter, dan berat 100 kilogram, di Sungai Ciliwung. Menurut penelitian, banjir dan hujan besar memang menjadi bagian dari siklus reporoduksi Arapaima.

Tingkat pertumbuhan ikan Arapaima juga sangat cepat, sehingga kita bisa melihat progressnya dalam 2 sampai 3 tahun.

Di Brazil sendiri ikan Arapaima mulai dilindungi, karena semakin langka dan sering diburu oleh manusia. Ikan Arapaima yang sudah besar, bisa laku sampai dengan lebih dari 8 juta rupiah per pasangnya.

Lalu bagaimana tips merawat ikan Arapaima? Berikut tips merawat ikan Arapaima.

  1. Ikan Arapaima sangat cocok dengan kondisi perairan seperti sungai dan air tawar. Media yang dibutuhkan untuk Arapaima adalah kolam atau akuariaum yang luas, karena habitat asli Arapaima adalah sungai. Suhu air mencapai 24 derajat sampai 30 derajat celcius.
  2. Ikan Arapaima termasuk ikan karnivora, jadi bisa memberi makan jenis daging ataupun serangga seperti jangkrik, anak kodok dan udang-udangan.
  3. Akuarium atau kolam tempat memelihara Arapaima harus bersih, sering dikuras, beri filter dan tempelkan background panorama di dinding kolah atau akuarium.
  4. Ikan Arapaima mudah panik, karena itu sebaiknya kolam diberi penutup, atau akuarium juga diberi penutup agar Arapaima tidak mudah meloncat keluar kolam atau akuarium. Berik jenis koral dan tumbuhan-tumbuhan air seperti ganggang.
  5. Ikan Arapaima termasuk ikan pelahap, bisa melahap apapun termasuk ikan lainnya, namun bisa dipelihara dengan jenis ikan lainnya asal ukurannya tidak kurang dari 1/3 tubuhnya. Ikan Arapaima termasuk ikan yang pasif/tidak terlalu sering menyerang.
  6. Ikan Arapaima termasuk ikan yang bertelur pada musim-musim tertentu, dan keitka sudah bertelur, semua anaknya akan sering dilindungi di dalam mulutnya.

Itu tadi serba-serbi ikan raksasa Piracucu atau Arapaima dan tips merawat ikan Arapaima

Loading...
Tips Budidaya dan Merawat Ikan Arapaima | ilmuhewan | 4.5