Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Biologi Ikan Gabus

By On Friday, July 22nd, 2016 Categories : Perikanan

Biologi Ikan Gabus – Begitu banyak jenis ikan yang dikonsumsi manusia, baik ikan air laut, air payau, maupun air tawar. Semuanya memiliki manfaat dan kandungan yang berguna bagi tubuh.

Walaupun berbeda-beda dan ada beberapa ikan yang tidak dapat dimakan, namun kebanyakan jenis ikan bisa dimakan dan diolah menjadi panganan lezat.

Salah satunya adalah ikan gabus yang ada di Indonesia. Ikan ini eksis karena salah satu jenis ikan yang bisa dibudidaya untuk dijual dan dikonsumsi.

Untitled

Dengan begitu ikan gabus memiliki nilai ekonomi dan ekologi, serta dapat menjadi sumber pangan. Nah, berikut ulasan biologi mengenai ikan gabus.

Baca Juga ; Pengertian dan budidaya kolam tadah hujan

Apa itu ikan gabus ?

Ikan gabus terkenal sebagai ikan yang menjadi salah satu kumpulan predator, atau pemangsa sesama jenis ikan. Ikan ini hidup di air tawar saja.

Sebenarnya ikan ini hanya memiliki batasan hidup, mungkin anda pernah mendengar bahwa budidaya ikan gabus sangat sulit atau mahal.

Begitu juga ketika ikan gabus dijual sebagai ikan konsumsi, ikan ini termasuk ikan dengan harga jual cukup mahal. Namun tetap menjadi favorit keluarga masyarakat Indonesia.

Ikan gabus menyebar ke seluruh Indonesia, terutama pada daerah sungai atau daerah berair tawar. Selain di Indonesia, ikan gabus bisa ditemukan di India, Nepal, Pakistan barat dan juga darah sekitarnya. Hanya di Asia ikan gabus berenang bebas dan dapat ditangkap dengan mudahnya.

Klasifikasi Ikan Gabus

Adapun klasifikasi ikan gabus sebagai berikut :

Kerajaan: Animalia
Filum: Chordata
Kelas: Actinopterygii
Ordo: Perciformes
Famili: Channidae
Genus: Channa
Spesies: C. striata

 

Morfologi ikan gabus

Setelah klasifikasi, ada morfologi ikan gabus yang dapat anda ketahui. Ikan gabus memiliki panjang tubuh hingga 1 meter, atau tubuh ikan ini dapat berkembang hingga 1 meter.

Seukuran ikan air tawar ikan ini cukup besar dan juga menakutkan, terutama karena ikan ini predator. Dengan kepala serupa dengan ular dan sisik yang mirip menjadikan ciri ini sebagai perlindungan untuk menakuti musuhnya.

Umumnya warna tubuhnya sering menyerupai warna dari air sungai tersebut, sedikit gelap dan juga agak kabur. Mulutnya cukup besar dan giginya tajam seperti ikan bawal.

Hal ini karena ikan gabus sendiri merupakan karnivora. Untuk anak ikan gabus berwarna jingga dengan garis hitam. Ikan gabus sering berenang berkelompok dan mencari makan. Sementara induknya menjaga di belakang kelompok atau kerumunan ikan kecil tersebut.

Lingkungan hidup ikan gabus

Ikan gabus merupakan ikan air tawar sehingga ikan ini tinggal di air tawar bukan air asin. Selain itu, biasa ditemukan di sungai, danau, rawa dan saluran hingga ke sawah.

Terkadang anak gabus terbawa aliran air hingga kesawah. Ikan ini memakan sesama ikan yang ukurannya jauh lebih kecil ataupun serangga, sehingga ikan gabus termasuk karnivora.

Bisa saja hewan kodok atau berudu menjadi tangkapan ikan tersebut. jika tempat atau kolam air mengering hewan ini biasa berpindah ke aliran yang berisi air, atau kolam lain atau merendam diri mereka kedalam lumpur dan kembali berenang seperti biasa jika air di kolam sudah terisi.

Maka mungkin terkadang anda melihat ikan gabus berjalan di darat. Kemampuan ini hampir sama seperti ikan lele atau betok.

Manfaat ikan gabus

Manfaat ikan gabus sangat berguna untuk tubuh manusia. Ikan gabus sendiri mengandung protein tinggi sehingga sangat bagus untuk penyembuhan luka atau sariawan.

Ikan ini juga berguna untuk penderita penyakit berat karena mengandung Albumin, yaitu salah satu jenis protein yang diproduksi oleh hati. Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi sehingga membantu tubuh anda menjadi lebih baik.

Baca Juga : Panduan Sederhana Ternak Ikan Gabus Di Kolam Terpal

Loading...
Biologi Ikan Gabus | ilmuhewan | 4.5