Bisnis Online Gratis Hasil Melimpah Klik DISINI

Biologi Ikan Betok

By On Saturday, July 16th, 2016 Categories : Perikanan

Biologi Ikan Betok – Ada banyak macam-macamnya makhluk hidup yang ada di bumi ini salah satunya adalah hewan.

Pengelompokan hewan juga kembali dibagi seperti hewan berdasarkan habitatnya, hewan berdasarkan makanan nya atau bahkan pengelompokan yang lebih kecil lagi.

sehingga pada saat tersebutlah klasifikasi digunakan agar semua hal mendasar dan terperinci menjadi jelas, dan makhluk hidup seperti hewan yang sangat banyak jenisnya dapat tergolong dengan mudah.

Untitled

Salah satunya adalah ikan. Ikan merupakan makhluk hidup yaitu hewan yang hidup di dalam air dan bernafas menggunakan insang.

Selain itu ikan merupakan hewan dengan berbagai macam tipe, baik predator, pemangsa, pengurai dan menjadi makanan bagi hewan lainnya. Ikan betok merupakan salah satu jenisnya.

Baca Juga : Panduan dan Cara Terbaik dalam Budidaya Udang

Ikan ini cukup unik terdengar dari namanya saja. Mungkin anda belum tahu apa itu ikan betok. Berikut akan diulas dalam artikel ini.

Ikan Betok ?

Ikan betok disebut juga ikan betik oleh beberapa wilayah. Hewan ini sangat spesial dengan tampilan yang agak mencolok. Ikan betok termasuk kedalam genus ikan Anabas dengan spesies testudineus.

Ikan ni disebut ikan puyu atau pepuyu oleh masyarakat melayu dan memiliki nama internasional yaitu climbing gouramy fish.

Hal ini karena ikan betok yang dapat memanjat ke tempat daratan atau selain air. Hal ini agak jarang dimiliki oleh ikan-ikan lainnya. Ikan betok sangat jarang menjadi ikan peliharaan.

Ikan ini berasal dari dunia yang cukup banyak, mulai dari india, philipina, cina bagian selatan dan juga papua nugini.

Sebenarnya ikan ini banyak tersebar di daerah indo-australia. Untuk di indonesia persebarannya bisa dikatakan merata karena ada di setiap pulau.

Ciri fisik ikan betok

Adapun ciri fisik yang dapat dilihat adalah sisi bagian atas tubuh berwarna gelap baik kehitaman atau kecoklatan.

Ikan betok juga terkadang berwarna hijau, dengan sisi-sisi kekuningan terutama garis yang melintang samar dan tak terlihat atau beraturan.

Terdapat dimulai dari ujung insang. Ukuran tubuhnya kira-kira hanya sebesar telapak tangan orang dewasa dengan kulit yang samar.

Terakhir yang perlu diingat bahwa ikan ini memiliki warna belang di samping atau disisi-sisi tubuhnya. Selain tubuh, Sisi belakang tutup insang ikan ini sangatlah tajam layaknya duri, sehingga sebaiknya anda hati-hati jika tak ingin terluka

Klasifikasi ikan betok

  • Kelas : pisces
  • Subkelas : teleostei
  • Ordo    : labyrinthici
  • Subordo : Anabantoidei
  • Famili : Anabantidae
  • Genus : anabas
  • Spesies : Anabas testudineus.

Habitat dan makanan

Habitat ikan betok merupakan sungai kecil, sungai yang berumput, kolam, parit atau irigasi, rawa banjiran dan juga perairan lainnya.

Karena ikan ini termasuk ikan yang tahan akan bandelnya atau miskinnya air, maka bukan masalah jika air tersebut defisit dan kekurangan oksigen.

Ikan ini dapat meninggalkan air dan lompat ke daratan untuk beberapa waktu. Jika berbicara makanan, ikan betok merupakan ikan karnivora atau pemakan daging.

Biasanya hewan yang dimangsa oleh ikan ini adalah hewan air berukuran kecil, serangga dan juga beberapa hewan yang jauh berbeda tubuhnya lebih kecil dibanding ikan ini.

Fase hidup

Fase hidup dari hewan ini adalah, ikan betok memangsa protozoa ketika ikan masi pada masa larva. Kemudian memakan kutu air.

Ketika sudah tahap juvenil, ikan batok akan memakan nyamuk dan serangga kecil lainnya. Terakhir jika sudah dewasa maka ikan betok akan memangsa ikan kecil lain dan memakannya untuk bertahan hidup.

Baca Juga : Pengertian dan budidaya kolam tadah hujan

Loading...
Biologi Ikan Betok | ilmuhewan | 4.5