BISNIS ONLINE GRATIS HASIL MELIMPAH KLIK DISINI

Biologi Belut Sawah

By On Wednesday, July 13th, 2016 Categories : Invertebrata

Biologi Belut Sawah – Tuhan menciptakan banyak hewan dan makhluk hidup lainnya tentu pasti berguna. Tidak semua hewan bermanfaat untuk manusia, namun beberapa hewan bermanfaat untuk mengatur sistem alam dan rantai makanan.

Nah salah satunya adalah belut, belut memiliki banyak jenis salah satunya belut sawah. Belut, merupakan hewan air dengan bentuk mirip ular namun sisi yang lebih licin.

Banyak yang belum tau apa itu belut sawah dan apa saja ciri nya, berikut akan diulas dalam artikel ini.

pakan

Apa itu belut ?

Belut merupakan jenis ikan darat yang tidak memiliki sisik dan tidak serupa dengan ikan pada umumnya. Hewan ini merupakan ikan darat yang tidak dijumpai di kolam, hewan ini bisa ditemukan di rawa-rawa dan persawahan.

Pada musim kemarau, biasanya hewan belut sering membuat lubang di tanah sehingga belut dapat menurunkan pH dan suhu tubuh belut akan turun.

Belut sawah tersebar di berbagai daerah di Indonesia, ada di Jawa, Madura, NTB, Flores, Sumatera, Kalimantan, sampai Sulawesi.

Ciri Tubuh Belut Sawah

Belut sawah memiliki ukuran panjang tubuh 20 kali dari lebar badan yang dimilikinya. Selain itu belut dapat memiliki 3 lengkung insang.

Sedangkan belut rawa memiliki ukuran lebih banyak yaitu 30 kali, dari lebar badan belut umumnya serta memiliki 4 lengkung insang. Belut sawah bertubuh panjang namun tidak bersisik, kulitnya licin dan berlendir. Matanya hampir tertutup oleh kulit dan kecil.

Selain itu giginya juga kecil dan runcing namun berbentuk kerucut dan bibir berupa lipatan kulit yang lebar di sekelilingnya di mulutnya.

Belut mempunyai sirip punggung, sirip dubur, dan sirip ekor yang sangat kecil sehingga hampir tidak terlihat dengan mata manusia.

Ukuran tubuhnya bervariasi, kebanyakan belut sebenarnya tidak suka berenang dan juga lebih suka bersembunyi di dalam lumpur.

Semua jenis ikan adalah pemangsa, dan biasanya belut memangsa hewan kecil di rawa seperti serangga dan krustasea kecil yang bisa dimakan belut secara langsung.

Ukuran maksimum belut sawah adalah 1 meter. Belut sawah dikatakan dapat bertahan di daerah tropis namun banyak yang meneliti bahwa belut sawah dapat bertahan di suhu rendah atau daerah dingin. Kombinasi masalah ini akan menghasilkan masalah besar jika belut ada pada lingkungan atau habitat lain.

Klasifikasi ikan belut

Berikut klasifikasi ikan belut :

  • Kingdom          : Animalia
  • Kelas                : pisces
  • Subkelas          : Teleostei
  • Ordo                : Synbranchoidae
  • Famili              : Syncbranchidae
  • Genus              : Synbranchus
  • Spesies            : Monopterus albus Zuieuw

Info Belut sawah lainnya

Belut sawah atau moa merupakan belut yang memiliki nilau ekonomi dan juga ekologi. Ekologi dari belut ini adalah belut dapat dijadikan indikator pencemaran lingkungan pada sawah, dengan adanya hewan ini di sawah maka sawah masih dalam keadaan baik, sedangkan sawah yang tidak terdapat belut maka sawah ternyata tercemar dan menandakan bahwa sawah tidak dalam keadaan baik.

belut sawah bersarang di lubang dan meletakan telur pada busa-busanya. Ketika telur menetas maka keluarlah belut muda yang semaunya betina.

Dalam perkembangannya beberapa ekor akan menjadi jantan sehingga belut digolongkan menjadi hewan protogini yang unik dan berbeda dengan yang lain. Belut sawah yang ada di luar negeri dianggap sebagai hewan invasif.

Belut sawah memang bisa dikatakan predator karena hewan ini memakan makanan daging atau disebut karnivora.

Baca juga : Panduan Singkat Budidaya Belut Dalam Tong

Loading...
Biologi Belut Sawah | ilmuhewan | 4.5