Berikut Daftar Kebutuhan Vitamin yang dibutuhkan Oleh Ayam

By On Thursday, November 17th, 2016 Categories : Pakan Hewan

Kebutuhan Vitamin yang dibutuhkan Oleh Ayam – Ayam adalah salah satu jenis hewan ternak yang paling banyak dikembangbiakan.

Dengan pemberian makanan yang cukup serta ditambahkannya berupa suplemen atau vitamin untuk pakan ayam sehingga nantinya saat panen ayam maka hasilnya akan sesuai dengan yang diharapkan.

Vitamin yang akan di berikan pada hewan ternak seperti ayam akan memberikan pengaruh yang sangat besar untuk perkembangan ayam.

vit-ayam

Baca Juga : Jenis dan Macam Ayam Buras

Pemberian vitamin biasanya diberikan setiap hari saat ayam berada dalam kondisi yang normal. Hal ini bertujuan untuk mencegah timbulnya gejala defisiensi atau kekurangan vitamin yang disebabkan terjadinya kerusakan vitamin pada saat proses pengolahan dan penyimpanan pakan di waktu yang tidak tepat.

Vitamin dapat diberikan saat ayam mengalami stress. Salah satu faktor yang dapat membuat ayam menjadi stress adalah faktor cuaca seperti keadaan suhu dan kelembaban.

Kemudian selain itu akibat sistem manajemen pemeliharaan ayam yang kurang baik misalnya adanya perlakuan yang kasar juga bisa memicu terjadinya stres pada ayam.

Ketika ayam mengalami stress maka ayam banyak mengeluarkan CO2 saat respirasi dan akan mengalami kehilangan ion tubuh melalui fesesnya.

Vitamin adalah senyawa organik yang hanya dibutuhkan dalam jumlah sedikit, akan tetapi memberikan dampak yang sangat berpengaruh terhadap metabolisme yang terjadi didalam tubuh. Oleh karena itu vitamin tergolong ke dalam zat gizi mikro.

Menurut sifat kelarutannya vitamin terbagi atas 2 kelompok, yaitu vitamin yang larut lemak seperti vitamin A, D, E, dan K dan vitamin yang larut air contohnya vitamin B kompleks/B1 sampai B12 dan vitamin C.

Vitamin A

Fungsi Vitamin A yaitu untuk menjaga kestabilitasan jaringan epitel yang ada pada membran mukosa di saluran pencernaan, saluran pernapasan, dan sistem reproduksi juga dalam mengoptimalkan fungsi indera penglihatan.

Vitamin B kompleks

Vitamin B kompleks bermanfaat untuk membantu meningkatkan proses metabolisme di dalam tubuh akibatnya pemanfaatan nutrisi yang ada menjadi lebih optimal dan berlangsung efisien.

Sehingga, akan cepat timbul rasa lapar dan membuat nafsu makan ayam menjadi meningkat. Dengan adanya sumber nutrisi ini akan membuat penyuplaian  pertumbuhan dan produksi telur pun juga terus meningkat.

Selain itu manfaat lain dari vitamin B adalah untuk tetap menjaga fungsi dari sistem saraf dan juga berperan dalam membantu produksi sel darah merah.

Vitamin C

Manfaat Vitamin C adalah sebagai anti stres yang cukup baik karena fungsinya yang mampu menghambat produksi dari hormon cortisol.

Hormon ini adalah hormon yang dapat memicu turunnya sistem kekebalan saat ayam mengalami gejala stres.

Selain itu fungsi vitamin C yang lainnya yaitu untuk membantu meningkatkan sistem kekebalan atau daya tahan tubuh dan juga sebagai antioksidan yang dapat menetralkan racun serta menangkal radikal bebas di dalam tubuh.

Vitamin D

Ayam juga membutuhkan vitamin D karena fungsi vitamin D adalah untuk meningkatkan kemampuan absorpsi atau proses penyerapan Ca atau kalsium dan fosfor di saluran pencernaan juga berperan penting dalam proses pembentukan tulang, bentuk paruh, kuku serta kerabang telur.

Vitamin E

Fungsi vitamin E yaitu sebagai antioksidan, juga untuk meningkatkan sistem kekebalan, mengurangi gejala kelelahan, dan membantu mencegah penyakit muscular dystrophy atau penyakit kelainan otot.

Selain itu vitamin E juga berguna untuk meningkatkan daya fertilitas atau kesuburan dan daya tetas dari telur, serta dapat membantu menurunkan tingkat kematian embrio.

Vitamin K

Peran vitamin K adalah membantu proses terjadinya pembekuan darah disaat terjadi luka, selain itu juga mencegah perdarahan, dan dapat membantu mengikat Ca atau kalsium.

Baca Juga : Teknik dan Cara Ternak Ayam Kampung yang Benar

Berikut Daftar Kebutuhan Vitamin yang dibutuhkan Oleh Ayam | ilmuhewan | 4.5