Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Berikut ciri atau tanda sapi akan melahirkan

By On Saturday, February 4th, 2017 Categories : Produksi

Ciri dan tanda sapi akan melahirkan – Sapi adalah salah satu hewan yang sering ditemui untuk dipelihara oleh manusia untuk di ternak ataupun untuk diambil dagingnya.

Bahkan ada sebagian masyarakat memilih berternak sapi mengingat permintaan daging sapi banyak dan harganya cukup mahal.

Mengetahui ciri sapi akan melahirkan memang memudahkan para pemilik sapi terutama mereka yang memilih menjadi peternak hewan yang satu ini.

Baca Juga : Cara Mengatasi Gangguan Reproduksi Pada Hewan Sapi

Pada umumnya memang sapi mengandung selama 9 bulan lamanya, dan pastinya hal ini bisa digunakan sebagai acuan bahwa sapi akan melahirkan jika mengetahui tanggal inseminasi diketahui.

Namun, jika tidak mengetahuinya dan sapi baru pertama kali hamil sungguh sulit untuk diketahui jika tidak diperhatikan secara seksama, terutama bagi mereka yang baru berternak sapi.

Berikut ini ciri atau tanda bahwa sapi akan melahirkan :

  1. Ambing mengembang

Mengamati ambing sapi saat hamil akan membantu anda mengetahui kapan sapi itu akan melahirkan.

Namun, tergantung juga dengan si sapi betinanya, jika pertama kali hamil dan akan melahirkan maka ambing tersebut akan mengembang pada 2 bulan sebelum lahir, namun bagi sapi yang sudah pernah melahirkan ambing baru akan mengembang pada 2 minggu sebelum hari kelahiran.

Anda juga akan melihat puting yang terisi dan juga akan menetes susu dari putingnya tak lama sebelum proses kelahiran terjadi.

  1. Vulva akan membengkak

Vulva atau kemaluan sapi akan membengkak 2 minggu sebelum kelahiran, akan muncul benda berlendir tebal pada vulva sapi yang merupakan pluh serviks untuk menyegel leher rahim.

Plug serviks akan menghilang beberapa Minggu sebelum terjadi kelahiran dan hal ini dialami oleh beberapa hewan.

  1. Gelisah

Bagi sapi yang baru pertama kali melahirkan mereka akan merasa gelisah dan mereka tidak mau makan. Mereka akan menyendiri , menjauh dari kawanan , bahkan mereka akan menyudut dan tenang.

Kemungkinan mereka sedang gelisah, menunjukkannya dengan menjadi pendiam, kadang mereka akan berbaring lebih sering dari pada berdiri karena bisa jadi mereka akan berdiri hanya sekitar 1 menit.

  1. Pecahnya air ketuban

Ketika air ketuban sudah mulai pecah itu tandanya sapi sudah mau melahirkan. Jika sapi itu sudah pernah melahirkan mereka membutuhkan waktu 30 menit bahkan uang dari 30 menit untuk proses melahirkan.

Sedangkan sapi yang baru pertama kali melahirkan mereka akan baru bisa mengalami melahirkan setelah 2 jam, bisa jadi anda harus memanggil seorang dokter hewan untuk membantunya melahirkan.

Ketika sapi akan melahirkan maka tulang pelvisnya dan kedua tulang pada punggung sapi yang menonjol tersebut akan semakin cekung.

Dan jangan lupa siapkan jerami ataupun alas , obat merah atau yodium tinctur serta kain atau handuk kering.

Ketika sapi sudah dilahirkan maka segera bersihkan sapi tersebut menggunakan kain atau handuk misalnya. Jangan lupa mengoleskan yodium pada pusarnya sapi muda atau pendet guna membunuh kuman pada pusar.

Kemungkinan pendet memakan kolostrum ibunya selama 12 jam dari proses melahirkan , pastikan kolostrum tersebut keluar dalam waktu 12 jam dan jika masih belum keluar segera hubungi dokter karena bisa membunuh si pendet.

Setelah 15 menit kelahiran pendet akan berdiri dan mencari puting induknya, jika tidak menemukannya dekatkan pendet dengan induk sapi untuk disusui, namun jika tidak mau maka peras susu induk sapi.

Baca Juga : Cara Mengatasi Penyakit Cascado Pada Sapi Karena Infeksi Cacing

Loading...
Berikut ciri atau tanda sapi akan melahirkan | ilmuhewan | 4.5