Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Berikut Cara Merawat Poksay Mandarin Jambul dan Mantel Medan 

By On Friday, September 23rd, 2016 Categories : Burung

Cara Merawat Poksay Mandarin Jambul dan Mantel Medan  – Burung poksay adalah salah satu jenis burung yang cukup populer ditahun 90an.

Dan ini merupakan jenis burung yang paling banyak diminati oleh kalangan penggemar burung kicau. Dengan mempunyai bentuk fisik yang cukup unik serta kicauan suara yang terdengar merdu serta gacor.

Hal ini menjadikan si burung poksay tersebut menarik hati sehingga banyak yang memeliharanya dirumah.

burungs

Akan tetapi di beberapa tahun belakangan ini, burung poksay bisa dikatakan masih kalah pamor bila kita bandingkan dengan burung jenis kenari, burung cendet,  dan juga burung jenis murai batu.

Baca Juga : Tahukah Anda Apa Saja Ciri-ciri Burung Sirtu Jantan dan Betina, Cari Tahu Yuk..

Namun, untuk burung poksay ini sendiri masih dapat cukup kita andalkan dalam aspek suara kicauan. Karna sebenarnya, suara kicauan dari burung ini tidak kalah dengan jenis burung yang berbeda.

Jenis burung poksay sendiri mampu mengeluarkan suara kicauan yang agak bervariasi.

Dan ini bisa kita jadikan burung masteran. Bahkan suara kicau dari burung poksay sangatlah menggelegar dan dapat terdengar dengar dengan keras.

Namun burung poksay sendiri memiliki daya pikat tersendiri, tentunya peminat tersebut terdapat beberapa jenis burung poksay yang masih hidup bebas di alam.

Yang populer dari burung ini, tentu saja kemampuanya untuk mengeluarkan suara kicauan yang agak bervariasi.

Untuk jenis kelamin burung yang paling dicari, adalah poksay berjenis kelamin jantan. Maka dari itu, sebelum ingin membeli ataupun memelihara burung ini, kita harus mengerti dan juga tahu betul cara untuk membedakan jenis kelamin dari si poksay jantan dan betina.

Jenis burung poksay yang terdapat di alam sekitar yang paling populer diantaranya:

  • Poksay jambul
  • Poksay Kuda
  • Poksay sumatra
  • Poksay Genting
  • Poksay medan
  • Poksay kepala botak
  • Poksay hongkong
  • Poksay hitam
  • Poksay mandarin

Untuk burung poksay, bisa dibilang saat ini agak sangat langka untuk dapat kita temukan di pasar burung. Hal ini karena kepopuleranya yang sedang merosot hingga menyebabkan burung poksay langka keberadaanya di pasaran.

Namun untuk pemilik burung yang mau memelihara burung poksay terkhusus bagi pemula, alangkah baiknya bila kita menyimak teknik untuk merawat burung poksay yang telah kami susun di bawah ini:

Cara untuk merawat poksay mandarin jambul dan burung mantel medan

Tahap pertama jika kita ingin memelihara burung poksay adalah, memastikan kebersihan dari tubuh burung itu sendiri. Mulai dengan memandikan burung tiap 2 hari sekali.

Untuk teknik memandikan burung poksay, dapat kita lakukan dengan menyemprotkan air. Namun usahakan agar si burung jangan sampai terlalu basah.

Apabila si burung poksay sudah kita mandikan, maka anda sebaiknya bersegera untuk menjemur burung tersebut di bawah terik sinar matahari maupun tempat yang masih terpapar hangatnya matahari pagi. Penjemuran ini dilakukan pada pukul 7 pagi hingga jam 8 atau sekitar satu jam saja.

Durasi sejumlah ini sudah cukup untuk mengeringkan bulu burung. Kemudian, sangkar burung sebaiknya juga kita bersihkan dari kotoranya.

Sesudah dijemur, segeralah tempatkan sangkar burung pada tempat yang teduh dan juga jauh dari keramaian. Karena pada dasarnya, poksay yang belum jinak tidak terlalu menyukai keramaian ataupun suara gaduh.

Sediakanlah selalu pakan disangkar. Jenis makanan yang disukai burung poksay adalah jenis makanan buah buahan seperti pisang dan juga pepaya. Akan tetapi, kita dapat memberi jenis pakan semisal voer untuk dijadikan tambahan asupan gizi.

Untuk menjadikan burung poksay memiliki suara gacor serta rajin berkicau, maka berikanlah jenis pakan serangga semisal jangkrik dan juga kroto. Berikanlah EF jangkrik sebanyak 3 ekor saja tiap 3 hari sekali.

Selain pisang dan pepaya, extra fooding untuk burung juga amat penting bagi kesehatan tubuh si poksay mandarin itu sendiri.

Posisi penempatan sangkar yang tepat juga sangat memengaruhi kualitas suara yang dihasilkan. Tempatkanlah sangkar di tempat yang terbilang aman juga tidak terlalu ramai.

Sesudah itu kita kerjakan, usaha pemasteran burung poksay bisa dilakukan dengan cara menempatkan burung poksay yang sudah bisa gacor, dan dekatkanlah pada poksay yang masih dalam tahap kita latih.

Itulah beberapa langkah untuk merawat poksay mandarin medan agar bisa pandai berkicau setiap hari.

Baca Juga : Cara Mudah Beternak Burung Merpati Potong Untuk Pemula

Loading...
Loading...
Berikut Cara Merawat Poksay Mandarin Jambul dan Mantel Medan  | ilmuhewan | 4.5