Beberapa Keuntungan Usaha Ternak Domba?

By On Wednesday, November 23rd, 2016 Categories : Ternak Hewan

 Keuntungan Usaha Ternak Domba – Pada kesempatan kali ini, kita akan mempelajari beberapa keuntungan dari usaha ternak domba.

Mari tanpa perlu berlama-lama lagi, langsung saja kita bahas apa saja keuntungan dalam usaha ternak domba.

Sejarah Pertenakan Domba

Mempelajari atau mengenal usaha yang sedang atau akan kita lakukan, biasanya akan memperbesar keuntungan dan mengurangi terjadinya kerugian.

usaha-domba

Baca Juga : Jenis-jenis Domba yang Layak untuk Dibudidayakan

Sebab, ongkos pemeliharaan dan resiko yang mengakibatkan terjadinya kerugian dapat diperkirakan atau diperhitungkan sebaik mungkin.

Dari zaman dahulu hingga saat ini, manusia sudah mengenal serta melakukan kegiatan ternak domba yang masih dilakukan hingga sekarang.

Umumnya, kegiatan ternak domba hanya dilakukan untuk mengisi waktu atau sebagai usaha sampingan ataupun digunakan sebagai tabungan jangka panjang saja.

Domba sudah dikenal oleh manusia sejak ratusan tahun silam, dan diperkirakan domba yang masih ada hingga saat ini merupakan hasil pesilangan dari beberapa jenis domba yang dilakukan oleh manusia.

Menurut informasi yang didapatkan dari buku sejarah, domba yang ada saat ini diturunkan dari tiga jenis domba liar.

Ketiga jenis domba liar tersebut antara lain domba mouflon atau ovis musimon yang berasal dari Eropa Selatan, domba argalia atau ovis amon yang berasal dari kawasan Asia Tenggara, dan domba urial atau ovis vignel yang berasal dari wilayah Asia.

Pertenakan Domba Di Indonesia

Di Indonesia, daerah yang dianggap sebagai sentra pertenakan domba berada di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara.

Pada tahun 1993, pertenakan domba yang ada di Aceh membudidayakan sekitar 106.000 ekor dan pertenakan domba yang ada di Sumatra Utara membudidayakan sekitar 95.000 ekor.

Terdapat beberapa jenis domba yang diternakan di Indonesia seperti domba kampong, domba garut, domba ekor tipis, dan domba ekor gemuk.

Keuntungan dan Manfaat Usaha Ternak Domba

Dari melakukan kegiatan usaha ternak domba, kita dapat mengambil atau mendapatkan beberapa keuntungan. Keuntungan tersebut antara lain manfaat daging, bulu, hingga susunya.

Namun ada juga masyarakat Indonesia yang melakukan ternak domba untuk digunakan sebagai domba adu seperti di garut, domba pacu, dan domba wisata yang dimanfaatkan tenaganya.

Sedangkan untuk pemanfaatan bulu dan susunya, di Indonesia masih sangat jarang sebab mayoritas peternak hanya mengambil dagingnya saja untuk diolah.

Keuntungan ternak domba juga dapat kita rasakan ketika kita menjual domba dalam kondisi hidup. Karena jika dijual dalam kondisi hidup, harga jualnya akan lebih tinggi.

Namun, harga jual domba sangat berpengaruh terhadap usia dan berat domba itu sendiri. Selain itu, harga jual domba juga dapat ditentukan oleh besar kecilnya permintaan pasar. Agar domba dapat dijual dengan harga yang tinggi, diperlukan rencan penjuala yang baik dan teratur.

Usahakan menjual domba setelah memasuki usia sekitar 1,5 tahun, tetapi pertimbangkan juga kondisi kesehatan dan berat badan domba.

Penjualan domba juga memerlukan perhitungan berat, usia, dan pemilihan jalur pemasaran yang sesingkat mungkin.

Baca Juga : Waktu Yang Tepat Untuk Menjual Kambing dan Domba

Beberapa Keuntungan Usaha Ternak Domba? | ilmuhewan | 4.5