Beberapa Jenis dan Macam Ayam Birma

By On Friday, November 25th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Jenis dan Macam Ayam Birma – Ayam Burma atau ayam Birma adalah salah satu jenis ayam yang ada di Indonesia yang berasal dari Negara Myanmar.

Pada Negara asalnya, ayam jenis ini kebanyakan dipelihara oleh masyarakat-masyarakat Myanmar di pedesaan dan digunakan sebagai ayam peliharaan.

Sedangkan di Indonesia, ayam ini banyak digunakan sebagai ayam aduan untuk menjadi symbol kekuasaan.

ayam-birma

Dahulu, sekitar 10 tahun kebelakang. Populasi ayam Burma tidak sebanyak saat ini, karena masih jarangnya peminat.

Baca Juga : Cara Menjaga dan Merawat Ayam Ketawa

Akan tetapi, saat ini banyak ayam Burma yang secara langsung didatangkan dari Negara Myanmar ke Indonesia untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Meningkatnya kebutuhan tersebut, dikarenakan harga jual-beli ayam Burma yang stabil dan menjanjikan.

Sehingga, membuat masyarakat Indonesia mulai memelihara dan mengawinkan silang antara ayam Burma dengan ayam jenis lokal. Dengan adanya kawin silang, menghasilkan beberapa jenis ayam Burma campuran.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas dan sesuai dengan topik pembelajaran kali ini, kita akan mempelajari beberapa jenis dan macam ayam Burma yang ada di Indonesia baik yang murni atau sudah mengalami kawin silang. Berikut beberapa jenis dan macam ayam Burma.

  • Ayam Burma Myanmar (Original) – Ciri utama ayam Burma Myanmar atau Original adalah memiliki bentuk tubuh yang kecil, tulang relatif tipis, memiliki bulu yang lebar, dan memiliki warna wido atau dominasi jalak serta berbintik kecoklatan. Bentuk kakinya mirip seperti kaki burung pemakan ikan, sangat keras, dan kukunya memiliki warna hijau kecoklatan.
  • Ayam Burma Gostan – Ayam ini dapat disebut sebagai generasi terbaru dari ayam Burma Original, memiliki gaya bertarung yang khas yaitu berjalan mundur dan bergerak seperti menghindar, hingga melepakan pukulan kearah kepala atau mata lawannya.
  • Ayam Burma Rambong – Sama seperti Gostan, ayam Burma Rambong juga generasi terbaru dari ayam Burma original. Ciri utamanya adalah memiliki gaya bertarung yang unik dan sangat lincah seperti sedang menari, ketika bertarung ayam ini dapat melepaskan pukulan kearah kepala dan mata musuhnya serta saat jatuhpun masih dapat melancarkan serangan.
  • Ayam Burma Brasilian – Ayam jenis ini merupakan hasil kawin silang antara Burma original dengan ayam Brasil, dengan genetik yang dimiliki adalah 85 % ayam Burma dan sisanya adalah ayam Brasil. Karena sebagian genetiknya adalah ayam Burma, maka gaya bertarungnya sangat mirip Ayam Burma Original. Namun yang membedakan hanyalah gaya bertahannya saja, sebab sangat tahan terhadap pukulan dan tidak mudah tumbang. Selain itu pukulannya diyakini lebih mematikan, tetapi kecepatannya jauh lebih lambat dari ayam Burma original.
  • Ayam Burma Mabil – Ayam jenis ini adalah generasi terbaru dari ayam Burma original dan memiliki gaya bertarung yang khas. Sebab, ketika berkelahi ayam ini melancarkan serangan sambil melompat seperti kuda terbang.
  • Ayam Pama – Ayam jenis ini adalah ayam hasil kawin silang antara ayam Burma dengan ayam petarung yang ada di Indonesia yaitu ayam Burma dengan ayam siam dan ayam Burma dengan ayam Saigon. Meski sudah banyak mengalami kawin silang, ayam Pama masih memiliki sekitar separuh genetik dari ayam Burma Original.

Baca Juga : Fakta Unik Tentang Ayam Serama

Loading...
Beberapa Jenis dan Macam Ayam Birma | ilmuhewan | 4.5