Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Beberapa bahan dan alat untuk membuat kolam terpal

By On Friday, July 22nd, 2016 Categories : Perikanan

Beberapa bahan dan alat untuk membuat kolam terpal – Budidaya ikan merupakan salah satu kegiatan yang memang banyak digandrungi oleh para masyarakat Indonesia.

Selain hobi atau hanya melestarikan ikan, namun budidaya ikan bisa menjadi bisnis yang cukup menjanjikan. salah satunya adalah kolam terpal.

Kolam terpal merupakan kolam yang memang banyak dilakukan dan dimanfaatkan oleh para pembudidaya.

Untitled

Nah, anda mungkin salah satu pembudidaya yang tertarik akan kolam terpal untuk mendukung majunya budidaya anda dengan menggunakan kolam terpal.

Baca Juga : Biologi Ikan Gabus

Apa yang dimaksud kolam terpal ?

Kolam terpal adalah kolam yang dibuat dengan menggunakan terpal sebagai alas di kolam tersebut. Menggunakan terpal sebagai alas berfungsi untuk mengganti material kolam seperti semen atau kolam tanah diganti menjadi terpal dengan kelebihan dan kekurangan tertentu. Kolam terpal ini banyak digandrungi oleh para pembudidaya ikan.

Kelebihan Kolam Terpal

Kolam terpal dipilih karena menjadi primadona sekarang ini. Nah, sekarang kelebihan-kelebihan dari kolam terpal adalah pertama karena air yang ditampung akan lebih jernih dan bersih, karena lumpur atau endapan yang ada pada tanah atau lumpur tidak ada dan tidak tertumpuk pada dasar kolam.

Selain itu kolam terpal memiliki kelebihan daya tampung yang tinggi dan juga debit air yang bagus. kelebihan lainnya kolam terpal lebih meminimalisir adanya hama atau penyakit yang menyampur pada kolam dan akan menyakiti ikan. Tentu akan ada kelebihan seperti tingginya daya atau presentase hidup ikan yang ada di kolam terpal tersebut.

Bahan dan Alat

Adapun bahan dan alat yang dapat digunakan dan disiapkan yaitu :

  1. rangka yang disiapkan merupakan bahan pertama yang harus ada untuk membuat kolam terpal. Bambu atau kayu merupakan bahan pertama yang ada. Lebih baik bambu saja karena lebih pasti dan lebih duduk. nah, silahkan anda cari bambu khusus untuk rangka. Terutama yang besar untuk kolam.
  2. Setelah bambu atau kayu siapkan bambu anyaman. Bambu anyaman merupakan bambu yang digunakan untuk dinding agar lebih rapat dan rembesan atau kebocoran tidak muncul atau terjadi.
  3. selanjutnya anda sudah menyiapkan terpal. Terpal berukuran harus lebih besar dari ukuran kolam. Sehingga terpal akan cukup dari ujung ke ujung.
  4. alat sisanya adalah sekop, cangkul, tali dan alat perkakas lainnya yang penting. Dengan begitu anda akan lebih mudah membuat kolam terpal.

Pembuatan Kolam Terpal

pembuatan terpal dimulai dari pengukuran alat dan bahan seperti bambu kerangka, selain itu kolam terpal diukurkan sejajar dengan kolam dan tancapkan di sisi kolam.

Lalu ukur bambu anyaman. Jika sudah selesai tancapkan di sisi kolam dan tambahkan bambu kerangka agar tidak bergerak-gerak.

Lalu jika sudah pasti, pasang terpal dan ikatkan kedalam bambu sisi dan rangka. Lalu siapkan selang kecil yang dipasang pipa atau selang dan sambungkan ke aliran air.

Setelah itu maka pasangkan paralon atau pipa atau selang dengan saringan kecil. Setelah itu kolam terpal siap digunakan.

Baca Juga : Ciri – ciri benih ikan yang unggul dan berkualitas

Loading...
Beberapa bahan dan alat untuk membuat kolam terpal | ilmuhewan | 4.5