Bisnis Online Modal 10ribu Hasil Melimpah Klik DISINI

Bagamana Cara Ternak Cacing Merah?

By On Saturday, February 27th, 2016 Categories : Ternak Hewan

Bagamana Cara Ternak Cacing Merah? – Cacing Sutra atau Cacing Rambut merupakan salah satu jenis dari cacing merah yang sekarang ini dibudidayakan.

Bahkan sekarang ini sudah banyak membudidayakannya karena menjadi peluang usaha yang cukup menjanjikan.

Mayoritas konsumen untuk Cacing Sutra ini adalah para peternak ikan, khususnya ikan hias, ikan lele dan beberapa jenis ikan lainnya.

Untitled

Permintaan akan Cacing Sutra akan semakin meningkat ketika musim penghujan tiba dan banyak peternak binatang satu ini yang akan mengeruk keuntungan berlipat-lipat.

Baca Juga : Cara Mudah Ternak dan Budidaya Cucak Jenggot

Untuk membudidayakan Cacing Sutra, Anda harus mempersiapkan media sebagai bahan penampung cacing berupa subtrat lumpur yang memiliki kedalaman sekitar 4 centimeter.

pH di dalamnya harus sekitar 5.5 – 8.0 dan suhunya sekitar 25-28 derajat Celcius. Sedangkan DO atau oksigen terlatutnya sekitar 2,5 – 2,0 ppm.

Selain itu, persiapkan juga kubangan air yang tidak terlalu banyak dengan aliran lemah atau yang memiliki saluran air untuk masuk dan pembuangan.

Untuk mendapatkan bibitnya, Anda dapat membelinya di toko penjual ikan hias atau ikan lainnya. Jika tidak ingin keluar uang, Anda dapat mencarinya di alam.

Cacing Sutra yang dari alam biasanya terdapat di balik bebatuan di sekitar sungai atau tempat yang memiliki debit air sedang.

Akan tetapi, jika Anda mengambil bibit cacingnya dari alam, proses karantina selama 2-3 hari juga wajib dilakukan agar dapat meminimalisir penularan penyakit yang disebabkan bakteri patogen atau lainnya.

Setelah proses untuk mendapatkan bibit cacing selesai dilakukan, maka letakkan bibit tersebut ke dalam media yang telah dipersiapkan. Untuk makanannya, Cacing Sutra menyukai bahan organik yang telah terurai dan mengendap di dasar air.

Cacing Sutra adalah jenis hewan yang berkembang biak dengan cara bertelur. Ketika betinanya bertelur dalam bentuk kokon bulat, maka cacing jantan akan membuahi telur tersebut setelahnya.

Hanya membutuhkan waktu sekitar 7-11 hari saja, embrio cacing akan keluar dari kokon dan siap menjadi cacing dewasa.

Hanya dengan bibit sedikit saja, Cacing Sutra dapat berkembang biak dengan sangat banyak dan tentunya akan menjadikan keuntungan berlipat-lipat.

Baca Juga : Tips Budidaya dan Ternak Bebek atau Entok

Loading...
Loading...
Bagamana Cara Ternak Cacing Merah? | ilmuhewan | 4.5